A Quiet Place: Dalam Senyap, Mereka Bertahan dari Ancaman Monster! | IndiHome by Telkomsel
21 JUL 2021        BLOG

A Quiet Place: Dalam Senyap, Mereka Bertahan dari Ancaman Monster!

Waktu senggang selama berada #DiRumahAja sebaiknya dimanfaatkan untuk bersenang-senang bersama keluarga. Salah satu cara paling menyenangkan untuk menghabiskan waktu selama di rumah adalah dengan menonton film. Genre film horor merupakan salah satu yang banyak diminati karena bisa memacu adrenalin dan rasa penasaran. Tidak mengherankan pula jika film horor terbaru selalu menarik untuk diikuti dan membuat banyak orang ingin menyaksikannya.

Salah satu rekomendasi film horor yang tidak boleh Anda lewatkan adalah A Quiet Place, film horor fiksi ilmiah yang disutradarai aktor asal Amerika, John Krasinski. Uniknya, John tidak hanya memegang peran sebagai sutradara, melainkan juga jadi pemeran utama dalam film ini. Bahkan, film ini juga menguji kemampuan beradu akting John dengan sang istri, Emily Blunt. Jalan cerita yang unik dan sulit ditebak membuat film yang ditulis Bryan Woods dan Scott Beck ini meraih antusias para pecinta film horor. Yuk, simak sinopsis dan fakta unik A Quiet Place sebelum Anda menyaksikan filmnya!

Sinopsis A Quiet Place

Film A Quiet Place mengisahkan tentang sebuah keluarga yang terdiri dari:

  • Ayah: Lee Abbott (John Krasinki)
  • Ibu: Evelyn Abbott (Emily Blunt)
  • Anak Pertama: Marcus Abbott (Noah Jupe)
  • Anak Kedua: Regan Abbott (Millicent Simmonds)

Keluarga Abbott hidup di kawasan terpencil yang dihantui monster aneh. Monster tersebut buta dan hanya mengandalkan pendengaran untuk memburu mangsanya. Latar belakang tersebut membuat keluarga Abbott hidup dalam keheningan demi menghindari monster pemangsa manusia, sehingga seluruh anggota keluarga lebih sering berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Meski minim dialog, film ini berhasil menampilkan kengerian dan ketegangan di setiap scene nya.

Konflik dalam film ini terasa semakin unik karena kehadiran Regan, seorang gadis tunarungu. Suatu hari, Lee mengajak Marcus pergi memancing, sedangkan Evelyn yang tengah mengandung anak ketiga ditemani Regan di rumah. Suasana jadi menegangkan ketika Evelyn tidak sengaja membuat suara yang memancing kedatangan monster ketika ia hendak melahirkan. Ketegangan akibat munculnya monster pun tak dapat dihindari.

Fakta Menarik seputar A Quiet Place

Di balik kesuksesan film A Quiet Place, ternyata ada berbagai fakta menarik yang tidak banyak diketahui oleh para penikmat filmnya. Fakta-fakta tersebut antara lain:

Terinspirasi dari Charlie Chaplin

Bryan Woods dan Scott Beck mengakui bahwa film A Quiet Place terinspirasi dari film bisu masa lalu dan aktor-aktor populer seperti Charlie Chaplin, Buster Keaton, FW Murnau, dan Jacques Tati. Kedua penulis skenario tersebut merasa takjub dengan seni bercerita secara visual tanpa membutuhkan dialog untuk berkomunikasi atau menyampaikan tujuan.

Emily Blunt Awalnya Menolak Terlibat 

Tak banyak yang tahu jika Emily Blunt sempat menolak peran sebagai Emily Abbott. Namun, Emily berubah pikiran setelah membaca naskahnya dan merasakan ketegangan. Akhirnya, Emily Blunt justru memohon pada sang suami, John Krasinski, agar dapat menjadi pemeran utama film tersebut.

Pemeran Regan Abbott Memang Tunarungu

Millicent Simmonds, pemeran anak kedua keluarga Abbott, ternyata memang seorang tunarungu. Latar belakang ini membuat aktingnya sebagai tunarungu di film A Quiet Place terasa sangat nyata. Uniknya, Millicent lekas beradaptasi dan membangun chemistry dengan aktor dan aktris lainnya tanpa terkendala dalam berkomunikasi.

Noah Jupe Aktor Asal Inggris

Pemeran anak pertama, Noah Jupe, bukanlah selebriti Hollywood, melainkan berasal dari Inggris. Latar belakang ini membuat Noah harus belajar banyak hal tentang aksen, gestur, dan budaya yang berkaitan dengan industri film Hollywood. Akting Noah yang natural membuktikan bahwa ia merupakan aktor hebat yang mahir beradaptasi.

Aktor dan Aktris Belajar Bahasa Isyarat dari Millicent

Kehilangan kemampuan mendengar sejak bayi membuat Millicent harus belajar bahasa isyarat standar Amerika. Di sisi lain, hal tersebut rupanya menjadi berkah tersendiri bagi Millicent yang berkarier sebagai aktris. Begitu pula dalam film A Quiet Place, semua aktor dan aktris yang terlibat belajar bahasa isyarat dari Millicent untuk memperlancar proses persiapan syuting.

Bujet Besar untuk Membuat Ladang Jagung

Film A Quiet Place menghabiskan biaya sebesar US$ 18 juta atau sekitar Rp247,5 miliar. Sebagian biaya tersebut dialokasikan untuk pembuatan ladang jagung dengan kapasitas 20 ton. Pembuatan ladang jagung tersebut dikerjakan para petani lokal di lokasi syuting yang terletak di kawasan Dutchess County, New York.

Satu Dialog dalam Skenario Asli

Skenario asli yang ditulis Bryan Woods dan Scott Beck rupanya hanya memuat 1 dialog, yaitu “sshhh….” Dialog tersebut merupakan bentuk konsistensi untuk menampilkan seni komunikasi visual di sepanjang film. 

Pesan Tersirat pada Scene Pertama Film

Scene pertama pada film menunjukkan bahwa seluruh makanan di supermarket kota terjual habis, kecuali keripik. Alasannya yaitu karena memakan keripik dapat menimbulkan suara berisik yang memicu kedatangan monster. Banyak yang kurang menangkap pesan tersirat pada scene ini karena para penonton kurang fokus dan detail saat menyaksikannya.

Properti Film yang Detail

Demi menampilkan adegan-adegan yang detail dalam film ini, John Krasinski menggunakan foto keluarganya sebagai properti. Bahkan, foto anak-anak semasa kecil juga turut ditampilkan untuk memberikan kesan natural.

Syuting Berlangsung dalam Waktu Singkat

Proses syuting A Quiet Place hanya membutuhkan waktu sekitar 36 hari saja. Uniknya, adegan pertama justru direkam pada momen terakhir karena John Krasinski harus mencukur habis jenggotnya untuk scene tersebut.

Persiapan Film yang Rinci untuk Setiap Adegan

Saat membaca sinopsis film A Quiet Place, Anda mungkin bingung dengan cara mengatasi tangis bayi yang baru lahir. Namun, semua kebingungan tersebut terjawab melalui persiapan film yang rinci. Dalam film ini, terdapat alat yang digunakan untuk meredam suara bayi yang baru lahir. Selain itu, Lee Abbott juga menyiapkan ruang kedap suara khusus agar dirinya dan anggota keluarganya bisa berkomunikasi dengan suara. 

Nama-Nama Karakter Tidak Pernah Disebutkan di Film

Anda tidak akan menemukan dialog yang menyebutkan nama-nama karakter di sepanjang film A Quiet Place. Satu-satunya nama yang disebutkan di beberapa scene adalah Beau, yaitu anak ketiga keluarga Abbott. Nama-nama karakter hanya ditampilkan pada credit title.

 

Hadirkan Momen Seru Bersama Keluarga dengan Internet dan Hiburan Favorit di Rumah. Langganan IndiHome sekarang!

Solusi lengkap internet cepat dan hiburan yang IndiHome hadirkan kepada pelanggan, dengan menyediakan berbagai Paket untuk berbagai aktivitas di rumah. Untuk mengetahui detail Paket dari IndiHome, pelanggan bisa mengunjungi website https://indihome.co.id/paket/daftar. Harga paket yang ditawarkan belum termasuk PPN.