9 Manfaat Membaca Buku yang Harus Anda Ketahui | IndiHome
27 MAY 2022        BLOG

9 Manfaat Membaca Buku yang Harus Anda Ketahui

Pepatah “buku adalah jendela dunia” ternyata benar adanya. Karena, faktanya membaca buku memang dapat membuka dan memperluas wawasan kita. Untuk itu, cobalah memulai membaca buku dengan topik pembahasan ringan supaya bisa meningkatkan aspek­­-aspek kehidupan menjadi lebih baik, mulai dari percintaan, motivasi hidup, politik, karir sampai finansial.


Definisi Buku

Sebelum Anda menyimak segudang manfaat dari membaca buku, alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu buku. Definisi buku dapat dilihat berdasarkan dua tipenya yaitu fiksi dan non fiksi. Buku fiksi adalah hasil karangan yang tidak berdasarkan kisah nyata juga fakta sesungguhnya sehingga memiliki sifat faktual. Sedangkan buku non fiksi biasanya akan diambil dari kisah nyata dan memiliki fakta yang akurat. Berikut ini beberapa jenis buku berdasarkan dua tipenya:

  • Non fiksi: buku biografi, literatur, buku motivasi, dan pendamping seperti hasil penelitian
  • Fiksi: novel, kumpulan puisi, dan cerpen


Manfaat Membaca Buku untuk Keseimbangan Hidup

Banyak manfaat lainnya dari membaca buku yang bisa Anda dapatkan untuk membuat hidup lebih baik. Apa saja manfaat tersebut? Ini dia: 

  • Meningkatkan Fungsi Otak
    Sudah tidak diragukan lagi jika membaca buku dapat membuat seseorang berpikir dan berkonsentrasi karena otak akan menjadi lebih aktif. Bila dilakukan secara rutin, manfaat dari membaca buku juga dapat meningkatkan fungsi otak. Bahkan, menurut The National Academy of Sciences, membaca dapat menjaga stimulasi mental dan mencegah resiko terjadinya Alzheimer dan demensia.
  • Mengurangi Stres
    Manfaat baca buku juga dapat membuat Anda terdistraksi dari berbagai masalah kehidupan sehingga pikiran akan langsung fokus dengan momen yang sedang dialami saat itu. Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, tidak menutup kemungkinan seseorang merasa stres dengan keadaan karena takut terinfeksi virus dan dampak ekonomi yang cukup besar dapat mempengaruhi kesimbangan finansial.
  • Menambah Perbendaharaan kata
    Semakin sering membaca buku, Anda bisa lebih meningkatkan jumlah kata yang tertampung dalam otak. Selain itu, manfaat dari membaca buku pun akan berdampak pada dunia karir karena dapat berbicara secara teratur dengan artikulasi yang jelas, sehingga lawan bicara tidak mudah meremehkan kita.
  • Meningkatkan Daya Ingat
    Manfaat membaca buku juga bisa meningkatkan daya ingat otak dengan mengingat karakter sampai latar belakang cerita. Bahkan, otak akan langsung memindahkan sinyal dari satu sel saraf ke saraf yang lain untuk menyimpan, membentuk, dan memanggil kembali ingatan yang ada sehingga akan menciptakan sinopsis baru.
  • Berpikir Kritis
    Tanpa disadari, otak Anda akan melatih pola berpikir kritis karena terdapat rasa penasaran yang tinggi untuk menebak alur cerita. Apalagi dengan membaca buku misteri tentang detektif yang memecahkan berbagai kasus. Akhirnya manfaat baca buku ini akan membuat otak berpikir keras untuk menebak misteri cerita dalam buku tersebut. 
  • Mengatasi Masalah Sulit Tidur
    Banyak dokter di Amerika Serikat yang menyarankan pasiennya untuk membaca buku sebelum tidur untuk mengatasi insomnia. Tetapi, syaratnya mereka harus membaca buku cetak atau paperback. Sebab, jika membaca di gadget atau ebook malah akan membuat seseorang semakin sulit tidur karena terpapar cahaya dari layar gadget tersebut.
  • Menimbulkan Rasa Empati
    Menurut salah satu peneliti di New York University, membaca buku dapat mengubah perspektif hidup seseorang menjadi lebih baik dengan merasakan dan memahami karakter dalam sebuah cerita. Misalnya seperti kisah seorang korban bullying yang ditumpahkan dalam satu karya buku dapat membuat seseorang melihat kehidupan dari kacamata korban dan makna yang terkandung pun bisa dirasakan oleh pembacanya. Tidak heran bila manfaat baca buku bisa menimbulkan rasa empati pada pembacanya.
  • Meningkatkan Life Goals
    Tidak hanya guru saja yang bisa memotivasi seseorang, ternyata buku juga bisa menjadikan Anda terdorong untuk memiliki kehidupan yang terencana. Mulai dari cara berpikir hingga bagaimana cara menjalani hidup lebih baik lagi dapat dirasakan melalui manfaat baca buku ini.
  • Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi
    Daripada membuang-buang waktu luang Anda dengan bermain medsos atau game sepanjang hari, lebih baik memanfaatkannya dengan membaca buku. Sebab salah satu manfaat dari membaca buku yaitu dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Ketika seseorang membaca buku, pikirannya akan langsung terdistraksi ke dalam alur cerita yang disajikan sehingga mereka jadi lebih fokus dan konsentrasi.


Temukan Bacaan Menarik untuk Membuat Hidup Lebih Baik dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix)

Manfaat baca buku di atas tentunya akan memotivasi Anda untuk lebih sering membaca. Selain menambah wawasan, membaca juga dapat membuat hidup Anda jadi lebih baik. Masih bingung mau baca buku apa? Anda bisa mencari referensi buku bacaan menarik melalui internet.

Yuk, cari rekomendasi buku melalui internet dengan berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix). Selain bisa internetan di jaringan cepat dan stabil hingga 100 Mbps, Anda juga bisa merasakan serunya nonton film, series, hingga Netflix Original di layanan streaming populer Netflix. Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix) tersedia dalam dua pilihan kecepatan, yaitu:

  • Paket 3p (Internet + TV + Phone) up to 100 Mbps
    Serunya internetan dengan kecepatan hingga 100 Mbps. Dapatkan benefit lainnya berupa bonus nelpon di jaringan lokal/interlokal selama 100 menit, bebas akses tayangan berkualitas di 107 channel TV, dan streaming tayangan Netflix serta Disney+ Hotstar sepuasnya. Paket lengkap ini bisa Anda nikmati dengan biaya berlangganan Rp965.000 per bulan tanpa perlu membayar tagihan Netflix secara terpisah.
  • Paket 3p (Internet + TV + Phone) up to 50 Mbps
    Serunya internetan dengan kecepatan hingga 50 Mbps. Dapatkan benefit lainnya berupa bonus nelpon di jaringan lokal/interlokal selama 100 menit, bebas akses tayangan berkualitas di 107 channel TV, dan streaming tayangan Netflix serta Disney+ Hotstar sepuasnya. Paket lengkap ini bisa Anda nikmati dengan biaya berlangganan Rp615.000 per bulan tanpa perlu membayar tagihan Netflix secara terpisah.

Oh ya, Anda juga akan mendapatkan diskon biaya pemasangan sebesar 50%, lho! Promo ini berlaku sampai 30 Juni 2022. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langganan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix) sekarang juga!