8 Tips Efektif Agar Mengajar Online Semakin Menyenangkan | IndiHome
30 MAR 2022        BLOG

8 Tips Efektif Agar Mengajar Online Semakin Menyenangkan

Sejak pandemi COVID-19, banyak aktivitas sehari-hari yang mengalami perubahan. Contohnya adalah kegiatan belajar dan mengajar. Para pelajar kini sudah tidak asing lagi dengan belajar online atau daring (dalam jaringan). Baik belajar di sekolah, universitas, atau tempat kursus, semuanya dilakukan secara jarak jauh dengan bantuan jaringan internet. Meski terkesan lebih mudah dan praktis, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, mengajar online ternyata memiliki berbagai kendala. Itu sebabnya mengetahui tips mengajar online sangat penting untuk mengatasi kendala tersebut.

Salah satu kendala mengajar online yang sering ditemui adalah murid merasa jenuh dan malah bermain-main karena merasa tidak diawasi secara langsung oleh guru. Hal ini sebenarnya dapat diatasi dengan menerapkan metode mengajar online yang menarik dan menyenangkan. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melakukannya? Yuk, simak delapan tips mengajar online berikut agar aktivitas belajar semakin menyenangkan! 

  • Gunakan Platform yang Menunjang
    Tips mengajar online satu ini menekankan betapa pentingnya memilih platform yang dapat menunjang kegiatan belajar jarak jauh. Platform yang Anda pilih berpengaruh pada kualitas belajar dan fitur platform itu sendiri. Jangan sampai Anda memilih platform yang menyulitkan interaksi dengan murid dan penyampaian materi pelajaran. Agar proses belajar jarak jauh lebih optimal, pilihlah platform yang dirancang untuk aktivitas belajar mengajar online. Platform ini umumnya menghadirkan fitur bermanfaat untuk memastikan bahwa aktivitas belajar berlangsung dengan efektif dan menyenangkan.
  • Media Pengajaran yang Variatif
    Kelas online yang diisi oleh penyampaian materi secara lisan saja akan terasa membosankan. Akibatnya murid pun tidak mampu menyerap materi yang disampaikan dengan optimal. Untuk menghindari kebosanan, tips mengajar online ini perlu Anda perhatikan. Supaya kegiatan belajar online lebih menarik, Anda bisa memvariasikan media pengajaran dalam berbagai bentuk, misalnya berupa demonstrasi menggunakan alat peraga, mengadakan kuis, atau presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint dan konten video yang dikemas menarik.
  • Buat Aturan Bersama
    Meski tidak diawasi secara langsung, Anda tetap bisa mengajak murid untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif, kok. Caranya dengan menerapkan aturan bersama seperti kapan dan bagaimana cara meninggalkan tempat, serta kapan menggunakan microphone dan mematikan video. Dengan menerapkan tips mengajar online ini, murid akan merasa lebih dihargai dan mampu bertanggung jawab untuk mematuhi aturan tersebut. Namun, jika murid Anda melanggar aturan tersebut, cukup tegur dengan lembut tapi tetap tegas.
  • Minta Feedback dari Murid dan Orangtua
    Tidak ada salahnya meminta masukan pada murid ketika mengajar online. Bukan hanya murid, tapi orang tua pun dapat memberikan feedback bermanfaat untuk kelangsungan belajar online yang berkualitas sekaligus menyenangkan. Tetapi, jangan sampai Anda menunggu orang tua atau murid untuk memberikan feedback tersebut. Bersikaplah proaktif dengan membangun komunikasi bersama mereka. Melalui tips mengajar online ini, Anda berkesempatan untuk mengembangkan metode belajar yang lebih menarik dan efektif.
  • Peka Terhadap Kondisi Murid
    Ketika mengajar online, tidak sedikit guru yang tidak tanggap akan kondisi muridnya. Padahal, bisa saja mereka mengalami kendala seperti tidak memahami materi yang disampaikan, memiliki jaringan internet yang lambat, tidak memperhatikan pemateri, dsb. Tips mengajar online ini mengharuskan Anda untuk peka terhadap kondisi murid supaya terhindar dari hal-hal tersebut. Jika ada suatu kendala, cobalah untuk mencari solusi sesegera mungkin agar tidak membuat murid merasa diabaikan.
  • Persiapan yang Matang
    Untuk menerapkan tips mengajar online ini, ada beberapa hal yang perlu Anda rencanakan dan atur sebelum memulai kelas. Di antaranya:
    • Sumber internet
    • Perangkat dan alat penunjang yang akan digunakan
    • Pengaturan tempat belajar seperti alat penunjang belajar, letak meja, dan dekorasi
    • Materi apa saja yang akan diajarkan
    • Pengaturan waktu selama kelas berlangsung

    Persiapkan diri dengan baik dan pastikan juga persiapan di atas telah terpenuhi sebelum melaksanakan kegiatan belajar.

  • Tingkatkan Interaksi
    Tips mengajar online ini bisa mencegah kebosanan saat kelas berlangsung. Untuk meningkatkan interaksi, cobalah untuk lebih banyak melibatkan murid dalam proses belajar. Buka sesi diskusi atau mengerjakan tugas bersama. Ajak murid untuk lebih banyak mengutarakan pendapat atau bertanya. Interaksi seperti ini juga dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menyerap materi pelajaran. Selain itu, mereka pun akan lebih fokus dan tidak memiliki waktu untuk merasa bosan.
  • Sediakan Rekaman
    Tidak semua murid memiliki fasilitas internet atau platform belajar online yang memadai untuk mengikuti kelas online. Namun, dengan melakukan tips mengajar online ini, mereka berkesempatan untuk mendapatkan pengajaran yang sama dengan murid lainnya. Jadi, sediakan rekaman kelas secara utuh dan berikan rekaman tersebut pada setiap murid. Selain memfasilitasi murid yang tidak memiliki fasilitas belajar online memadai, rekaman tersebut dapat digunakan untuk mengulang materi yang diajarkan.

Mengajar Online Bebas Hambatan dengan Berlangganan Paket Khusus Pengajar dari IndiHome

Tips mengajar online di atas dapat membantu Anda menciptakan suasana belajar jarak jauh yang lebih menyenangkan. Meski tidak diawasi secara langsung, suasana belajar akan berlangsung kondusif dan efektif bagi para murid. Namun, yang paling penting adalah memastikan bahwa aktivitas belajar mengajar didukung oleh jaringan internet super cepat dan stabil. Sebab, jika Anda mengajar online dengan jaringan internet yang putus-putus dan lelet, pastinya penyampaian materi dan aktivitas belajar lainnya tidak akan berlangsung secara optimal.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, segeralah beralih ke provider internet yang tidak hanya menawarkan jaringan super cepat dan stabil, tapi juga dapat mengoptimalkan kegiatan mengajar online Anda. Memahami kebutuhan tersebut, IndiHome menghadirkan Paket Khusus Pengajar yang menawarkan berbagai benefit.

Terdapat dua jenis Paket Khusus Pengajar dari IndiHome yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Paket 2P (Internet + Phone) dengan kecepatan internet hingga 30 Mbps dan beragam benefit seperti 50 menit telepon, akses berbagai materi pelajaran, latihan soal, dan konten edukatif melalui aplikasi IndiHome Study sepuasnya. Dapatkan paket ini dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.000-an per bulan.

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone) yang menawarkan kecepatan internet IndiHome hingga 30 Mbps dan benefit lainnya seperti bebas nelpon hingga 50 menit untuk jangkauan lokal atau interlokal. Anda pun bisa mengakses 36 channel TV interaktif dan aplikasi IndiHome Study sepuasnya. Cukup mengeluarkan kocek mulai dari Rp300.000-an per bulan, Anda akan mendapatkan berbagai konten edukatif dan inspiratif untuk mendukung aktivitas belajar online.

Dengan berlangganan Paket Khusus Pengajar dari IndiHome, Anda bisa menerapkan tips mengajar online di atas dengan mudah. Belajar online pun akan semakin menyenangkan dan efektif bagi para murid.