Simak Cara Mudah untuk Menyambungkan WiFi ke TV | IndiHome by Telkomsel
9 JUL 2024        BLOG

Simak Cara Mudah untuk Menyambungkan WiFi ke TV

Penggunaan jaringan wifi dahulu hanya bisa dikoneksikan dengan smartphone, komputer, atau tablet PC. Namun, perkembangan teknologi yang makin pesat kini membuat sebagian besar produk TV modern juga dapat dihubungkan dengan wifi. Cara menyambungkan wifi ke TV juga terbilang praktis sehingga kamu bisa mencobanya secara mandiri di rumah.

Kalau kamu baru saja berencana menghubungkan TV ke wifi untuk mengakses hiburan yang lebih bervariasi, maka sebaiknya kamu menyimak ulasan lengkap ini sebelum mencobanya.

Apakah Semua Jenis TV Bisa disambungkan ke Wifi?

Konektivitas TV dan wifi sebenarnya sangat dibutuhkan karena memberikan beberapa manfaat berikut ini: 

  • Memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam aplikasi online secara langsung pada TV.
  • Menjadi sarana untuk menonton layanan video streaming dan bermain game online.
  • Membuat akses hiburan jadi semakin bervariasi dibandingkan hanya akses TV digital secara manual, bahkan bisa menjangkau saluran internasional.
  • Mendukung akses internet melalui browser untuk masuk ke layanan cloud.
  • Memungkinkan kamu mengaktifkan aneka fitur TV yang butuh dukungan internet, misalnya asisten suara (voice assistant).

Sayangnya, tidak semua TV bisa disambungkan ke wifi. Hanya produk TV pintar modern dengan fitur wifi bawaan maupun melalui adaptor tambahan yang dapat terhubung ke jaringan wifi. Jika TV yang kamu gunakan sudah memenuhi syarat dan jaringan wifi telah tersedia, maka cara menyambungkan wifi ke TV bisa segera dilakukan dalam waktu singkat.

Bagaimana Cara Menyambungkan Wifi ke TV?

Cara menghubungkan TV ke wifi bisa dilakukan dengan mudah melalui beberapa langkah berikut ini:

  • Pertama, pastikan kalau TV dan jaringan wifi sudah aktif.
  • Gunakan remot TV untuk masuk ke opsi Home kemudian pilih sub opsi Pengaturan.
  • Pilih sub opsi Network, lalu pilih sub opsi Open Network Settings.
  • Kamu akan menghadapi 2 pilihan, yaitu jaringan kabel (wired) dan jaringan nirkabel (wireless). Jadi, kamu wajib memilih opsi wireless.
  • Mulailah mengakses bagian Wireless Connection supaya bisa memilih jaringan wifi yang akan kamu gunakan. Jangan lupa memasukkan kata sandi yang sesuai dengan jaringan tersebut.
  • Terakhir, klik OK atau selesai lalu tunggu sesaat hingga muncul keterangan bahwa TV sudah terkoneksi dengan wifi.

Apa Penyebab TV Gagal Disambungkan ke Wifi?

Meskipun cara menyambungkan wifi ke TV sangat mudah, bukan berarti tak akan ada kendala sama sekali ketika kamu melakukannya. Koneksi yang gagal antara TV dan wifi dapat terjadi karena beberapa penyebab sebagai berikut:

  • Konfigurasi kurang tepat: bila pengaturan wifi pada TV atau ruter kurang tepat, maka proses penyambungan koneksi antara dua perangkat tersebut akan gagal.
  • Jarak perangkat terlalu jauh: kegagalan penyambungan juga bisa diakibatkan letak TV dan ruter wifi yang terlalu jauh. Hal ini membuat TV gagal menjangkau jaringan wifi secara maksimal.
  • Gangguan jaringan akibat perangkat elektronik lain: keberadaan perangkat elektronik lain di sekitar ruter wifi atau TV nyatanya juga bisa mengakibatkan gangguan jaringan. Penyebab yang satu ini kerap membuat TV gagal tersambung dengan wifi tetapi jarang disadari.
  • Masalah teknis pada ruter: kendala juga bisa terjadi secara teknis pada ruter sehingga tidak mampu menghasilkan jaringan. Bahkan, penyebab ini juga membuat jaringan wifi tidak terdeteksi pada TV.
  • Perangkat lunak tidak dapat diperbarui: perangkat lunak (software) versi lama pada TV dan ruter wifi juga dapat mengakibatkan kegagalan sambungan karena keduanya tidak kompatibel satu sama lain.
  • Kendala eksternal lainnya: ada bermacam-macam kendala eksternal lain yang turut memengaruhi sambungan wifi ke TV, misalnya perubahan cuaca dan lokasi tempat tinggal yang berdekatan dengan penghasil radiasi elektromagnetik berskala besar (misalnya Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi atau SUTET).

Bagaimana Cara Menghubungkan TV ke Wifi Indihome?

Selain memahami cara menyambungkan wifi ke TV, kamu juga wajib memilih layanan internet terbaik agar bisa menikmati pengalaman hiburan secara maksimal. IndiHome hadir sebagai solusi bagi kamu yang membutuhkan layanan internet stabil berkecepatan tinggi dengan beragam bonus menarik. 

Ada berbagai paket IndiHome dengan harga bervariasi yang bebas kamu pilih sesuai bujet dan kebutuhan. Menonton tayangan TV dengan dukungan jaringan wifi pasti semakin menyenangkan dengan dukungan IndiHome. Lebih hebatnya lagi, paket internet IndiHome bisa digunakan bersama seluruh anggota keluarga karena dapat terhubung ke beberapa perangkat.

Setiap merek TV pasti memiliki istilah pengaturan yang berbeda-beda. Kendati demikian, sebenarnya cara menghubungkan wifi ke TV semua merek membutuhkan proses yang sama. Bila kamu baru saja berlangganan paket internet IndiHome dan ingin menghubungkannya ke TV, ikuti saja beberapa langkah berikut ini:

  • Pastikan kalau jaringan wifi IndiHome sudah aktif dan siap digunakan.
  • Nyalakan TV dengan remot lalu klik opsi Menu.
  • Selanjutnya, pilih opsi jaringan wifi atau internet.
  • Cari nama wifi IndiHome yang hendak kamu gunakan kemudian masukkan kata sandi.
  • Terakhir, kamu tinggal klik tombol Hubungkan supaya TV langsung tersambung dengan jaringan wifi.

 

Jika kamu sudah terlatih mempraktikkan cara menyambungkan wifi ke tv, niscaya kamu bisa melakukannya secara lancar ketika menggunakan TV merek apa pun. Jangan sampai fitur-fitur canggih pada TV kesayanganmu jadi sia-sia karena keterbatasan jaringan wifi. 

Kamu bisa prioritaskan paket internet IndiHome agar pengalaman mengakses hiburan pada TV pintar jadi makin berkesan.