7 Tips untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja | IndiHome by Telkomsel
9 JUL 2024        BLOG

7 Tips untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Produktivitas kerja menjadi salah satu faktor kunci untuk mencapai tujuan, baik di lingkungan profesional maupun pribadi. Meningkatkan produktivitas memungkinkan kamu menyelesaikan lebih banyak tugas dalam waktu yang lebih singkat namun dengan hasil yang lebih baik.

Tetapi peningkatan produktivitas ini pun perlu didukung oleh pihak-pihak eksternal. Misalnya perusahan yang siap sedia memberikan bantuan, dukungan, dan dorongan agar karyawannya dapat menunjukan performa optimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, buat kamu yang merasa produktivitas kerja sedang menurun, coba deh terapkan beberapa tips meningkatkan produktivitas berikut ini!

Cara Ampuh Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Ada beberapa cara untuk meningkatkan produktivitas kerja, di antaranya:

  • Membuat Daftar Pekerjaan

    Membuat daftar pekerjaan termasuk salah satu cara paling sederhana namun efektif untuk meningkatkan produktivitas. Daftar ini membantu mengorganisir tugas, menetapkan prioritas, dan memberikan panduan yang jelas tentang apa yang harus diselesaikan setiap hari.

    Cara untuk membuat daftar pekerjaan pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menulis semua tugas yang diperlukan, pengelompokan tugas yang serupa, memprioritaskan tugas berdasarkan kepentingan, dan jangan lupa untuk menyesuaikan daftar setiap harinya.

    Selain itu, membuat daftar pekerjaan pun memiliki segudang manfaat, seperti:

    • Membantu menentukan tugas yang paling penting dan mendesak sehingga kamu dapat fokus pada yang benar-benar prioritas
    • Mengurangi kecemasan, kebingungan, dan stres
    • Memantau kemajuan, baik apa yang sudah diselesaikan maupun yang masih perlu dikerjakan
  • Merapikan Area Kerja

    Area kerja yang rapi dan terorganisir dapat secara signifikan meningkatkan produktivitas. Kamu bisa membersihkan meja dari barang-barang yang tidak diperlukan, mengorganisir dokumen, dan alat tulis di tempat yang mudah dijangkau.

    Manfaat yang akan kamu dapatkan ketika merapikan area kerja antara lain:

    • Lingkungan yang rapi mengurangi gangguan visual dan membantu menjaga fokus
    • Semua peralatan dan dokumen yang dibutuhkan mudah dijangkau dan menghemat waktu ketika mencari barang.
  • Menghindari Hal-hal yang Mengganggu Fokus

    Gangguan menjadi salah satu musuh terbesar produktivitas. Mengidentifikasi dan menghindari gangguan seperti pesan, media sosial dan telepon yang tidak penting bisa membuat kamu fokus pada tugas-tugas yang diberikan oleh atasan.

    Cara menghindari gangguan yang tidak penting yaitu:

    • Matikan notifikasi dari aplikasi yang tidak penting
    • Gunakan mode Do Not Disturb
    • Tetapkan waktu khusus untuk mengecek email dan media sosial.
  • Memanfaatkan Waktu Istirahat

    Mengambil istirahat yang cukup adalah bagian penting dari meningkatkan produktivitas. Istirahat yang baik membantu menyegarkan pikiran dan tubuh sehingga kamu bisa kembali bekerja dengan energi yang baru.

    Manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengambil istirahat yang cukup yaitu:

    • Mengurangi kelelahan fisik dan mental sehingga bisa menjaga stamina sepanjang hari
    • Meningkatkan kreatifitas untuk merefleksi pemikiran yang cemerlang
    • Menjaga fokus dan mencegah

    Cara memanfaatkan waktu istirahat di antaranya:

    • Menggunakan teknik pomodoro, yaitu bekerja selama 25 menit dan istirahat 5 menit
    • Melakukan aktivitas fisik ringan seperti peregangan atau berjalan singkat di area kantor
    • Hindari layar ponsel atau komputer untuk mengistirahatkan mata.
  • Mendengarkan Musik Favorit

    Mendengarkan musik saat bekerja bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan produktivitas. Misalnya, menyetel musik instrumental menggunakan headphone dapat membantu meningkatkan suasana hati, energi, dan fokus.

    Adapun manfaat mendengarkan musik ketika bekerja antara lain:

    • Mendengarkan musik instrumental bisa membantu meningkatkan konsentrasi
    • Mengurangi stres akibat pekerjaan yang menumpuk
    • Meningkatkan semangat dan motivasi dalam bekerja.
  • Hindari Multitasking

    Multitasking sering dianggap sebagai cara untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang singkat. Padahal Professor Earl K. Miller mengatakan bahwa multitasking tidak mungkin dilakukan secara manusiawi dan berpotensi mengurangi kualitas kerja.

    Kamu bisa melakukan cara di bawah ini untuk menghindari multitasking;

    • Fokus pada satu tugas sebelum beralih ke tugas berikutnya
    • Gunakan tekning time blocking untuk setiap tugas agar kamu bisa fokus sepenuhnya
    • Tetapkan prioritas pada setiap tugas yang ada.
  • Upgrade Fasilitas Pendukung

    Investasi dalam fasilitas yang baik dapat memberikan dampak positif terhadap produktivitas. Kamu dapat meningkatkan produktivitas kerja dengan koneksi internet cepat, mengganti kursi yang mendukung postur tubuh, dan tambahkan monitor baru.

    Manfaat mengupgrade fasilitas di antaranya:

    • Mengurangi kelelahan akibat area kerja yang tidak memadai
    • Meningkatkan motivasi dalam bekerja
    • Peralatan kerja yang canggih dan baru bisa mempercepat proses kerja kamu.

Dukung Produktivitas Kerja dengan Internet Anti-lelet dari IndiHome by Telkomsel

Memiliki fasilitas memadai sangat penting untuk mendukung produktivitas kerja. Makanya, IndiHome by Telkomsel, sebagai penyedia layanan internet rumah terbaik di Indonesia menghadirkan kecepatan jaringan anti-lelet untuk mendukung produktivitas pelanggan.

Dengan koneksi stabil dan biaya berlangganan paket internet rumah terjangkau, kamu bisa bekerja tanpa hambatan, mengikuti rapat online, mengunduh file pekerjaan dengan mudah, sampai mencari informasi yang berkaitan dengan pekerjaanmu.

Jadi jangan biarkan koneksi lambat menghambat produktivitas kerja kamu di rumah. Yuk berlangganan sekarang juga kalau kamu mau internetan yang cepat, hemat, dan berkelas!