Produktivitas kerja menjadi salah satu faktor kunci untuk mencapai tujuan, baik di lingkungan profesional maupun pribadi. Meningkatkan produktivitas memungkinkan kamu menyelesaikan lebih banyak tugas dalam waktu yang lebih singkat namun dengan hasil yang lebih baik.
Tetapi peningkatan produktivitas ini pun perlu didukung oleh pihak-pihak eksternal. Misalnya perusahan yang siap sedia memberikan bantuan, dukungan, dan dorongan agar karyawannya dapat menunjukan performa optimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Nah, buat kamu yang merasa produktivitas kerja sedang menurun, coba deh terapkan beberapa tips meningkatkan produktivitas berikut ini!
Ada beberapa cara untuk meningkatkan produktivitas kerja, di antaranya:
Membuat daftar pekerjaan termasuk salah satu cara paling sederhana namun efektif untuk meningkatkan produktivitas. Daftar ini membantu mengorganisir tugas, menetapkan prioritas, dan memberikan panduan yang jelas tentang apa yang harus diselesaikan setiap hari.
Cara untuk membuat daftar pekerjaan pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menulis semua tugas yang diperlukan, pengelompokan tugas yang serupa, memprioritaskan tugas berdasarkan kepentingan, dan jangan lupa untuk menyesuaikan daftar setiap harinya.
Selain itu, membuat daftar pekerjaan pun memiliki segudang manfaat, seperti:
Area kerja yang rapi dan terorganisir dapat secara signifikan meningkatkan produktivitas. Kamu bisa membersihkan meja dari barang-barang yang tidak diperlukan, mengorganisir dokumen, dan alat tulis di tempat yang mudah dijangkau.
Manfaat yang akan kamu dapatkan ketika merapikan area kerja antara lain:
Gangguan menjadi salah satu musuh terbesar produktivitas. Mengidentifikasi dan menghindari gangguan seperti pesan, media sosial dan telepon yang tidak penting bisa membuat kamu fokus pada tugas-tugas yang diberikan oleh atasan.
Cara menghindari gangguan yang tidak penting yaitu:
Mengambil istirahat yang cukup adalah bagian penting dari meningkatkan produktivitas. Istirahat yang baik membantu menyegarkan pikiran dan tubuh sehingga kamu bisa kembali bekerja dengan energi yang baru.
Manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengambil istirahat yang cukup yaitu:
Cara memanfaatkan waktu istirahat di antaranya:
Mendengarkan musik saat bekerja bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan produktivitas. Misalnya, menyetel musik instrumental menggunakan headphone dapat membantu meningkatkan suasana hati, energi, dan fokus.
Adapun manfaat mendengarkan musik ketika bekerja antara lain:
Multitasking sering dianggap sebagai cara untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang singkat. Padahal Professor Earl K. Miller mengatakan bahwa multitasking tidak mungkin dilakukan secara manusiawi dan berpotensi mengurangi kualitas kerja.
Kamu bisa melakukan cara di bawah ini untuk menghindari multitasking;
Investasi dalam fasilitas yang baik dapat memberikan dampak positif terhadap produktivitas. Kamu dapat meningkatkan produktivitas kerja dengan koneksi internet cepat, mengganti kursi yang mendukung postur tubuh, dan tambahkan monitor baru.
Manfaat mengupgrade fasilitas di antaranya:
Memiliki fasilitas memadai sangat penting untuk mendukung produktivitas kerja. Makanya, IndiHome by Telkomsel, sebagai penyedia layanan internet rumah terbaik di Indonesia menghadirkan kecepatan jaringan anti-lelet untuk mendukung produktivitas pelanggan.
Dengan koneksi stabil dan biaya berlangganan paket internet rumah terjangkau, kamu bisa bekerja tanpa hambatan, mengikuti rapat online, mengunduh file pekerjaan dengan mudah, sampai mencari informasi yang berkaitan dengan pekerjaanmu.
Jadi jangan biarkan koneksi lambat menghambat produktivitas kerja kamu di rumah. Yuk berlangganan sekarang juga kalau kamu mau internetan yang cepat, hemat, dan berkelas!
Blog Lainnya
Blog Lainnya
Serunya Nonton TV Secara Online di Aplikasi IndiHome TV...
Serunya Nonton TV Secara Online di Aplikasi IndiHome TV