6 Cara Agar Perangkat Aman dari Kebocoran Data | IndiHome
26 OCT 2022        BLOG

6 Cara Agar Perangkat Aman dari Kebocoran Data

Belakangan ini Indonesia sempat dihebohkan oleh kemunculan hacker Bjorka yang mengancam keamanan data masyarakat. Kasus kebocoran data ini kerap menjadi isu yang mengkhawatirkan, karena berkaitan dengan keamanan data pribadi.

Kebocoran data tentu akan merugikan korban karena rentan disalahgunakan. Kasus ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti phishing, penggunaan WiFi publik yang tak aman, malware, hingga human error yang mampu menyusupi perangkat dan meretas data pribadi kamu.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kebocoran data? Tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara aman untuk melindungi data pribadi kamu.

Enam Tips Agar Terhindar dari Masalah Kebocoran Data

Berikut ini enam tips yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi kebocoran data, yaitu: 

  • Konfigurasi Perangkat dengan Benar

    Luangkan waktu khusus untuk melakukan konfigurasi perangkat dengan benar, mulai dari memeriksa pengaturan permisif untuk berbagai aplikasi yang terpasang di perangkat kamu. Jangan sampai aplikasi tersebut mempublikasikan secara otomatis apa saja yang kamu lakukan secara online. Konfigurasi ini juga bermanfaat guna membatasi informasi yang masuk dan berisiko terjamah oleh penyusup.

  • Aktifkan Two Way Authentication

    Disebut juga autentikasi dua faktor, fitur ini memberikan keamanan ekstra pada akun kamu. Fungsi dari fitur ini juga untuk memastikan bahwa kamulah satu-satunya pemilik dan pengakses akun tersebut. Kombinasinya bisa berupa password dan token terbatas yang dikirim ke email terdaftar atau nomor handphone pribadi.

  • Jangan Terjerumus Phising

    Phising merupakan usaha untuk mendapatkan data atau informasi seseorang melalui teknik pengelabuan. Biasanya pelaku menggunakan email yang memancing korban untuk mengunjungi suatu tautan tertentu. Tak sedikit pelaku phishing mengatasnamakan pihak ternama supaya terkesan meyakinkan.

    Agar terhindar dari phising, jangan mengunjungi website yang terdeteksi berbahaya. Kamu juga bisa mengandalkan aplikasi anti virus atau add-on web threat shield di perangkat sebagai upaya pencegahan.

  • Install Aplikasi dari Sumber Terpercaya

    Salah satu cara mengatasi kebocoran data adalah dengan mengunduh atau memasang aplikasi di platform resmi. Sebaliknya, aplikasi bajakan atau tak terjamin keamanannya berpotensi disusupi virus atau malware yang akan menempeli perangkatmu. Akibatnya data pribadi akan dengan mudah terlacak oleh penyusup.
     
  • Ganti Password Secara Berkala

    Kejahatan siber bisa menimpa siapa saja yang tidak teliti dalam mengelola akunnya. Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan pemilik data adalah menggunakan password yang sama untuk berbagai akun. Ditambah lagi kombinasi password yang mudah ditebak dan jarang diganti.

    Sebaiknya kamu mulai rutin mengganti password secara berkala. Selain itu, gunakan kombinasi karakter yang sulit dideteksi atau ditebak, seperti penggabungan huruf kapital, nomor, dan tanda baca. Pastikan juga setiap akun memiliki password yang berbeda ya!
     
  • Hindari Penggunaan WiFi Publik

    Cermat menggunakan internet merupakan cara lain dalam mengatasi kebocoran data. Salah satunya dalam penggunaan WiFi. Mungkin kamu tergoda menggunakan WiFi publik karena bisa diakses di luar rumah tanpa mengurangi kuota paket data. Padahal kamu belum tahu pasti bagaimana keamanan jaringan WiFi publik tersebut.

    Tenang, kamu bisa menggunakan WiFi publik kok, namun jangan mengakses aplikasi seperti mobile banking, webmail, dan akun belanja online. Kamu juga bisa menghindari kebocoran data saat menggunakan WiFi publik dengan cara:

    • Menggunakan VPN
    • Hapus titik akses WiFi dari pengaturan jaringan perangkat setelah selesai digunakan
    • Tidak memberi izin perangkat untuk merekam detail login

Internetan Makin Nyaman dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Internet sangatlah penting guna mendukung aktivitas sehari-hari. Itu sebabnya, kamu memerlukan akses internet di mana pun berada. Tetapi, kamu harus cermat dalam menggunakannya ya!

Mau nyaman internetan sekaligus mendapatkan benefit yang menunjang kebutuhan digital harian kamu? Kamu bisa berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar). Didukung oleh kecepatan internet  hingga 300 Mbps, kamu bisa sepuasnya berselancar di dunia maya dengan nyaman.   

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan benefit lain berupa bebas nonton tayangan favorit di Disney+ Hotstar dan ratusan channel TV unggulan serta bonus nelpon di jaringan lokal/interlokal hingga 100 menit. 

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) tersedia dalam tiga pilihan, yaitu Paket 2P (Internet + Phone), Paket 2P (Internet + TV), dan Paket 3P (Internet + TV + Phone). Ketiga pilihan paket tersebut hadir dengan beragam kecepatan internet yang bisa dipilih sesuai kebutuhanmu. Oh ya, kamu juga akan mendapatkan diskon Biaya Pasang Baru (PSB) sebesar 50%, lho!  

Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.000-an per bulannya, kamu bisa menikmati paket internet lengkap dengan bonus yang melimpah untuk mendukung aktivitas digitalmu setiap harinya!