5 Kelebihan Cloud Gaming Dibandingkan Game Konvensional | IndiHome
11 MAY 2022        BLOG

5 Kelebihan Cloud Gaming Dibandingkan Game Konvensional

Inovasi cloud computing kini semakin berkembang untuk memenuhi berbagai kebutuhan, dari mulai bisnis hingga hiburan seperti gaming dan nonton tayangan hiburan favorit. Khusus untuk para gamer, teknologi cloud computing seperti cloud gaming hadir untuk memberikan pengalaman bermain game dengan sensasi baru. Malah, kelebihan cloud gaming dianggap mampu menandingi perangkat game konvensional seperti PC dan konsol. Lantas, apa sih teknologi cloud gaming itu dan bagaimana cara kerjanya?


Sekilas Tentang
Cloud Gaming

Cloud gaming merupakan cara main game secara streaming melalui server jarak jauh di pusat data. Kamu tidak perlu menginstal atau mengunduh game di konsol atau di PC lagi. Cukup menggunakan koneksi internet yang andal, Kamu bisa memainkan game melalui aplikasi atau browser yang telah terpasang di perangkat penerima. Komputasi grafis game akan diolah oleh server lalu ditampilkan ke para pemain secara streaming. Kemudahan ini menjadi salah satu alasan mengapa kelebihan cloud gaming dapat menandingi platform game konvensional.

Seiring berjalannya waktu, teknologi cloud gaming semakin populer. Terbukti dengan hadirnya layanan cloud gaming terkemuka di dunia seperti Amazon Luna, GeForce Now yang dihadirkan oleh Nvidia, dan Stadia dari Google. Tidak ketinggalan, Indonesia pun menghadirkan teknologi serupa yang dirilis oleh Telkom Indonesia yaitu GameQoo. Hal ini membuktikan bahwa kelebihan cloud gaming membuat para gamer tertarik untuk main game dengan cara non-konvensional.


Apa Saja Kelebihan Teknologi
Cloud Gaming?

Layanan cloud gaming dipercaya memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh teknologi game konvensional lain seperti PC dan konsol. Berikut ini beberapa kelebihan cloud gaming yang perlu Kamu ketahui.

  • Tidak Memerlukan Perangkat Keras Khusus
    Dibandingkan game konvensional, cloud gaming tidak memerlukan perangkat keras tersendiri. Sebab, layanan ini dapat diakses oleh berbagai perangkat dengan modal koneksi internet dan server saja. Karena proses pengolahan game dilakukan melalui server, Kamu tidak membutuhkan perangkat berspesifikasi tinggi. Kelebihan cloud gaming ini memungkinkan Kamu untuk menikmati ragam jenis permain tanpa perlu khawatir dengan kapasitas perangkat yang dimiliki. 
  • Hemat Penyimpanan
    Karena tidak perlu instalasi untuk main game, ruang penyimpanan di perangkat Kamu tidak akan tersita. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cloud gaming mengandalkan server dan koneksi internet sehingga tidak akan memberatkan memori penyimpanan di perangkat yang digunakan. Tidak masalah berapa banyak game yang dimainkan, perangkat Kamu tidak akan terasa berat. Bagi Kamu yang memiliki kapasitas memori perangkat terbatas tapi mau seru-seruan main game, kelebihan cloud gaming  ini bisa jadi solusinya. 
  • Dapat Digunakan di Berbagai Perangkat
    Kelebihan cloud gaming ini memungkinkan Kamu untuk mengakses banyak game dari berbagai perangkat, mulai dari PC, smartphone, laptop, hingga smart TV. Meski beberapa layanan cloud gaming mengharuskan Kamu untuk install aplikasi tertentu, ukurannya tidak akan memakan memori, kok. Ada juga layanan cloud gaming yang bisa diakses cukup melalui browser saja, tapi tetap bisa digunakan di berbagai perangkat. 
  • Aman
    Karena pengolahan game berada di server yang terpisah dari perangkat pemain, Kamu akan terhindar dari berbagai error, kerusakan, dan masalah lain yang dapat memengaruhi perangkat game itu sendiri. Kelebihan cloud gaming ini juga tidak memerlukan lapisan keamanan ekstra seperti ketika Kamu bermain game online. Penyedia layanan cloud gaming sudah otomatis memberikan perlindungan ekstra pada setiap platform, jadi tidak perlu lagi khawatir soal keamanannya, ya!
  • Tidak Perlu Upgrade Hardware Terbaru
    Agar bisa memainkan game tertentu, biasanya pengguna perangkat game konvensional, seperti PC, diminta melakukan upgrade hardware terbaru. Permintaan upgrade ini memungkinkan mereka untuk mengakses fitur yang lebih canggih dan gameplay yang lebih menarik. Hal ini sering dialami oleh pemain game dengan spesifikasi berat. Kelebihan cloud gaming yaitu tidak mengharuskan Kamu upgrade berlebihan sesuai dengan spesifikasi game. Penggunaan streaming server pada cloud gaming tidak akan memberatkan sistem pada perangkat yang digunakan. Jadi, tidak masalah jika platform yang Kamu gunakan tidak upgrade hardware terbaru.


Bebas Akses
Cloud Gaming GameQoo dengan Berlangganan Paket Gamer dari IndiHome

Mengetahui kelebihan cloud gaming di atas tentunya semakin membuat Kamu penasaran untuk mencobanya, kan? Apalagi Indonesia juga sudah memiliki teknologi cloud gaming sendiri. Kamu bisa merasakan sensasi serunya main game melalui teknologi cloud gaming  GameQoo dengan berlangganan Paket Gamer dari IndiHome. Layanan cloud gaming ini bisa Kamu nikmati dengan memilih salah satu paket yang tersedia di Paket Gamer berikut ini.

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp300.000-an per bulan. Selain bisa bebas akses lebih dari 140+ game streaming canggih berlisensi melalui GameQoo Ultimate mulai di kecepatan 50 Mbps, Kamu juga mendapatkan benefit lain berupa bonus bebas nelpon 100 menit untuk lokal/interlokal.

    Ditambah lagi, bisa bebas akses berbagai tayangan berkualitas di channel Disney+ Hotstar dan aplikasi UseeTV GO, serta bonus gamepad untuk menambah keseruan bermain game di mana pun dan kapan pun untuk kecepatan 50-100 Mbps.

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Memberikan layanan internet berkecepatan hingga 100 Mbps dan biaya berlangganan mulai dari Rp600.000-an per bulan. Paket ini sudah termasuk layanan game streaming berlisensi melalui GameQoo Ultimate mulai di kecepatan 50 Mbps, bebas nelpon di jaringan lokal/interlokal hingga 100 menit, dan bonus gamepad untuk kecepatan 50-100 Mbps. Kamu juga dapat menikmati tayangan hiburan berkualitas melalui Disney+ Hotstar, UseeTV GO, dan 107 channel TV interaktif menarik.

Nikmati keseruan akses cloud gaming GameQoo melalui Paket Gamer dari IndiHome. Dengan modal jaringan internet anti lelet dari IndiHome dan gamepad yang nyaman untuk main game sepuasnya, Kamu bisa merasakan kelebihan cloud gaming dibandingkan perangkat game konvensional lainnya.