5 Kelebihan Chromebook untuk Pelajar | IndiHome
16 AUG 2022        BLOG

5 Kelebihan Chromebook untuk Pelajar

Di zaman serba digital ini, hampir semua kegiatan sudah terkomputerisasi, tak terkecuali di dunia pendidikan. Karena itulah, laptop menjadi barang yang sangat dibutuhkan oleh para siswa mulai dari tingkat SD sampai mahasiswa. Semakin tinggi jenjang pendidikan seorang siswa, semakin besar pula kebutuhan akan komputer untuk menunjang kegiatan belajar sehari-hari.

Untuk itu, chromebook hadir dan dipasarkan demi mempermudah belajar. Dibandingkan laptop biasa, chromebook mempunyai banyak kelebihan yang bisa jadi pertimbangan Kamu dalam memilih produknya. Lalu apa saja kelebihan chromebook ketimbang laptop konvensional, khususnya bagi pelajar?


Mengenal 5 Kelebihan
Chromebook untuk Menunjang Aktivitas Belajar

Sebelum membelinya untuk mendukung kegiatan belajar Kamu, ketahui dulu apa saja kelebihan chromebook berikut.

  • Mudah Digunakan dan Dipelajari
    OS dan interface dari gawai yang dirilis oleh Google ini mirip dengan Android.  Mengingat anak-anak dan kebanyakan siswa di masa ini sudah dekat dengan gawai, jadi mereka tidak akan kesulitan dalam menggunakannya. Ditambah lagi transisi untuk mempelajari dan menggunakan gawai ini pun dibuat sederhana guna memudahkan pengguna.

    Selain itu, chromebook mengajak Kamu untuk terbiasa dengan penggunaan fitur Cloud yang saat ini banyak digunakan. Keberadaan Cloud akan mempermudah Kamu dalam mengakses semua file tugas yang berupa video, foto, ataupun presentasi pelajaran. Kamu cukup mengakses drive Cloud di chromebook, lalu belajarlah dengan tenang.

  • Mudah Menginstal Aplikasi
    Kelebihan lain dari chromebook dibandingkan laptop biasa adalah kemudahan pemasangan berbagai aplikasi yang dibutuhkan untuk proses pembelajaran. Proses pemasangannya pun mudah dan praktis. Tidak ada bedanya dari memasang sebuah aplikasi pada gawai lainnya.

    Kemudahan dalam hal pemasangan aplikasi membuat penggunanya tidak akan mengalami masalah yang besar. Anak-anak sekalipun dapat memasang program aplikasi tertentu ke dalam chromebook. Tetapi, orang tua perlu mendampingi demi menjaga keamanan.

    Aplikasi-aplikasi pendidikan yang dibutuhkan untuk menunjang pelajaran bisa didapatkan melalui Chrome Web Store ataupun Google Play Store. Asalkan tahu cara mengaksesnya, Kamu tidak akan kesulitan menemukan aplikasi yang diinginkan
     
  • Bebas Malware
    Malware atau virus biasanya mudah menyerang laptop yang menggunakan OS Windows. Untuk menghindari kerusakan akibat malware atau virus, biasanya Windows memerlukan antivirus untuk memproteksi perangkat. Namun, kadang kala program yang jahat dapat menyerang Windows dan luput dari deteksi antivirusnya. Nah, dalam chromebook, hal tersebut tidak akan terjadi. Proteksi chromebook terhadap malware terbilang tinggi. Dengan begitu, Kamu tidak akan terganggu oleh serangan virus atau malware yang membuat eror program dan perangkat.
     
  • Maksimalkan Aktivitas Belajar
    Chromebook paham bahwa Kamu memerlukan laptop tahan lama yang bisa digunakan untuk belajar atau menghadiri kelas virtual berjam-jam. Karena itulah, chromebook dilengkapi daya yang bisa bertahan mulai dari 8 jam sampai 12 jam.  Sehingga Kamu tidak perlu sering-sering charge laptop yang dapat mengganggu kegiatan belajar. Tidak kalah pentingnya, chromebook bisa meminimalisir terjadinya overheat yang biasa terjadi saat sebuah laptop digunakan selama berjam-jam.

  • Harga Lebih Murah
    Jika adu harga antara chromebook dan laptop konvensional, Kamu akan melihat bahwa chromebook lebih unggul di sisi ini. Meski murah, Kamu tidak perlu meragukan kualitasnya. Chromebook dibuat dengan desain bodi yang tipis, ringan, dan minimalis sehingga tidak akan sulit dibawa-bawa. Selain itu, ia juga punya daya tahan tinggi  dan tidak mudah rusak karena banyak digunakan.

Keamanan data di dalamnya juga terjaga. Di dalam chromebook terdapat fitur khusus yang memungkinkan orang tua memantau proses belajar anak dan membatasi penggunaannya. Menariknya lagi, semua itu bisa Kamu dapatkan dengan harga yang murah lho! Cukup merogoh kocek Rp2–4jutaan, Kamu dapat menikmati semua kelebihan chromebook ini. 

Lantas, mengapa harga chromebook bisa lebih murah dibandingkan laptop biasa? Jawabannya adalah karena OS Windows lebih demanding ketimbang Google OS. Semua spesifikasi di dalam chromebook memang tidak terlalu tinggi, namun tetap dapat mendukung kegiatan belajar. Itulah mengapa harga jualnya bisa jadi lebih murah.

Para pengguna yang terbiasa menggunakan OS Windows mungkin dapat merasakan perbedaan yang agak besar. Namun, apabila Kamu hanya membutuhkan laptop untuk belajar, hal tersebut tidak akan menjadi persoalan.   


Dukung Aktivitas Belajar di Chromebook dengan Berlangganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome

Tidak dipungkiri keberadaan teknologi dapat mempermudah aktivitas belajar. Mengakses konten-konten edukatif pun dapat dilakukan seluas-luasnya asalkan Kamu terhubung jaringan internet yang mumpuni. Untuk itulah, selain memilih perangkat teknologi berkualitas seperti chromebook, Kamu pun perlu didukung oleh akses internet super ngebut dan anti lelet dari IndiHome.

Guna memenuhi kebutuhan Kamu sebagai pelajar, IndiHome menawarkan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis. Melalui paket ini, kebutuhan digital untuk bekerja dan belajar bisa terpenuhi dengan kecepatan internet hingga 30 Mbps serta bonus lain berupa gratis telepon, bebas akses ke aplikasi Pijar Belajar, plus nonton sepuasnya tayangan edukatif dan inspiratif di beragam channel TV interaktif pilihan.

Maksimalkan aktivitas belajar Kamu dengan memilih salah satu paket berikut:

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Nikmati internetan di jaringan super ngebut IndiHome berkecepatan 20-30 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp255.000 per bulan. Terdapat juga benefit lainnya berupa gratis nelpon lokal/interlokal hingga 50 menit serta bebas akses konten edukatif sepuasnya di aplikasi Pijar Belajar.
     
  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Saatnya internetan di jaringan anti lelet IndiHome berkecepatan 20-30 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp300.000 per bulan. Selain itu, Kamu juga akan mendapatkan akses sepuasnya ke aplikasi Pijar Belajar yang berisi beragam konten edukatif dan inspiratif. Jangan lewatkan juga benefit lain yang bisa Kamu nikmati seperti gratis nelpon lokal/interlokal hingga 50 menit dan tontonan menarik di puluhan channel TV unggulan untuk memperkaya wawasan Kamu.

Dengan berlangganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome, aktivitas belajar Kamu menggunakan chromebook akan semakin mudah dan lancar!