5 Contoh Keragaman Sosial Budaya di Indonesia | IndiHome
24 NOV 2022        BLOG

5 Contoh Keragaman Sosial Budaya di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keberagaman sosial budayanya. Beragamnya kelompok suku bangsa dan kebudayaan yang dimiliki Indonesia, menjadi daya tarik tersendiri di mata dunia.

Jumlah suku dan etnis di Indonesia yang beragam tentunya dipicu oleh beberapa hal. Mulai dari wilayah, cara berinteraksi, hingga sejarahnya. Nah, agar kamu memahami apa saja keberagaman sosial budaya, khususnya di Indonesia, yuk simak informasi di bawah ini!


Faktor Pemicu Keberagaman Sosial Budaya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, contoh keragaman sosial budaya di Indonesia tidak lepas dari faktor-faktor berikut ini:

  • Agama atau kepercayaan yang mempengaruhi kehidupan masyarakat
  • Kondisi geografis wilayah yang dapat mempengaruhi tradisi, budaya, mata pencaharian, dan cara berinteraksi
  • Kehidupan sosial
  • Sejarah, misalnya suatu daerah yang pernah dijajah oleh bangsa tertentu akan menyerap beberapa kebiasaan atau budaya bangsa penjajah tersebut


5 Contoh Keberagaman Sosial Budaya

Melalui buku Indonesiaku Unik, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memaparkan bahwa keberagaman sosial budaya tertuang dalam beberapa aspek kehidupan. Di antaranya adalah:

  • Rumah Adat Tradisional

    Rumah adat merupakan rumah tradisional yang dibangun menurut nilai atau kepercayaan masyarakat di suatu wilayah, misalnya Rumah Gadang. Rumah adat asal Sumatera Barat ini menampilkan arsitektur atap runcing yang disebut gonjong. Atap gonjong ini merefleksikan harapan masyarakat yang melangit dan mencapai Sang Maha Pencipta.
     

  • Alat Musik Tradisional

    Merupakan salah satu contoh keberagaman sosial budaya yang dibuat dan diwariskan secara turun temurun pada kelompok masyarakat di wilayah tertentu. Contohnya adalah Tifa, alat musik tradisional milik Suku Asmat, Papua.

    Ciri khas Tifa adalah ukiran yang melambangkan Patung Bis. Patung ini dianggap sebagai patung sakral Suku Asmat. Bentuknya menyerupai wajah anggota keluarga yang telah meninggal.
     

  • Makanan Tradisional

    Makanan atau kuliner tradisional khas Indonesia sudah banyak yang mendunia. Cita rasa yang menggugah selera hingga keunikan di baliknya selalu berhasil mencuri perhatian. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan tradisional dengan ciri khas tersendiri. Belum lagi kehadiran rempah-rempah yang semakin menambah kelezatan hidangan tradisional tersebut.

    Contoh keberagaman sosial budaya dari segi kuliner adalah rendang yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Rendang kerap disajikan sebagai hidangan istimewa untuk upacara adat atau peristiwa penting lainnya.
     

  • Bahasa Daerah

    Tiap suku memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda. Tidak hanya menjadi alat komunikasi, bahasa juga menjadi identitas keberagaman sosial budaya di Indonesia. Contohnya adalah Bahasa Sunda, Bahasa Jawa, Bahasa Betawi, Bahasa Melayu, Bahasa Bali, Bahasa Bugis, Bahasa Ambai, dan sebagainya.
     

  • Tarian Tradisional

    Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tarian tersendiri yang dapat mewakili nilai atau kepercayaan masing-masing. Sebagai contoh adalah Tari Musyoh dari Papua. Tarian tradisional ini mencerminkan kepercayaan masyarakat Papua untuk mendoakan keluarga atau warga yang gugur dalam kecelakaan dan berharap arwahnya dapat beristirahat dengan tenang,
     

Mempelajari Keberagaman Sosial Budaya dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix)

Keberagaman sosial budaya, khususnya di Indonesia, memang selalu menarik untuk dibahas sebagai wujud cinta Tanah Air. Untungnya di zaman serba digital seperti sekarang ini, mencari informasi atau mempelajari sejarah yang kita inginkan tidaklah sulit. Bahkan melalui konten digital berupa berita, artikel, maupun video hingga streaming film, kamu dapat mempelajari keberagaman sosial budaya di dalam maupun luar negeri.

Agar aktivitas digital dalam menggali beragam informasi menarik seputar sosial budaya berjalan lancar, pastinya kamu membutuhkan layanan internet yang stabil sekaligus menawarkan benefit melimpah. Tenang, kamu bisa berlangganan paket internet super lengkap dari IndiHome seperti Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix).

Nikmati internetan dengan kecepatan hingga 100 Mbps serta benefit lain berupa streaming semua tayangan berkualitas di Netflix, bebas akses 100+ channel TV favorit, dan bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan ekstra bonus streaming sebesar 50 GB.

Keseruan ini bisa kamu nikmati dengan biaya berlangganan mulai dari Rp400ribu-an saja per bulannya, lho! Kamu juga tak perlu repot membayar tagihan Netflix secara terpisah karena semuanya ada di dalam satu tagihan IndiHome. Yuk, langganan sekarang juga!