5 Contoh dari Kerajinan Bahan Lunak Buatan dan Alami | IndiHome
6 OCT 2022        BLOG

5 Contoh dari Kerajinan Bahan Lunak Buatan dan Alami

Kerajinan bahan lunak merupakan produk kerajinan yang proses pembuatannya menggunakan bahan-bahan berbahan lunak. Bahan lunak untuk kerajinan ini terbagi dalam dua kategori, yaitu bahan lunak buatan dan bahan lunak alami.  

Sama seperti teknik kerajinan lainnya, membuat contoh dari kerajinan bahan lunak buatan dan alami pun memerlukan langkah penting. Di antaranya menyiapkan bahan lunak dan alat yang akan digunakan hingga membuat rancangan dan penyelesaiannya. 

Lantas apa saja contoh kerajinan bahan lunak buatan dan alami? Apa saja bahan dasar yang digunakan? Berikut penjelasannya!


5 Contoh dari Kerajinan Bahan Lunak Buatan

Sesuai namanya, kerajinan bahan lunak buatan menggunakan bahan lunak yang sebelumnya melalui proses pengolahan oleh manusia. Artinya, untuk diubah menjadi produk kerajinan, bahan tersebut akan diolah menggunakan bahan campuran lain. Contohnya seperti produk kerajinan berikut ini:  

  • Plastisin
    Plastisin dibuat dengan bahan-bahan kimia dan memiliki tekstur lembut. Plastisin juga sering digunakan sebagai lilin mainan dengan beragam warna yang bisa dibentuk. Kamu pasti familiar dengan playdough kan? Nah, itu merupakan nama lain dari plastisin. 

    Karena bentuknya yang lunak dan mudah dibentuk, tidak heran bila contoh dari kerajinan bahan lunak buatan ini digemari oleh anak-anak. 

  • Polymer Clay
    Sekilas, bahan buatan ini mirip dengan plastisin. Hanya saja polymer clay yang mengandung minyak dapat mengeras jika kering. Meskipun begitu, tekstur lunak dari polymer clay juga memungkinkan Kamu untuk mengubahnya ke berbagai bentuk. Ini juga bisa dijadikan sebagai mainan anak-anak yang menyenangkan. 

  • Gips
    Sebelum diolah menjadi kerajinan, gips merupakan serbuk yang akan mengental jika dicampur air. Jika didiamkan, nantinya adonan itu akan mengeras. Untuk menciptakan suatu karya, adonan gips akan dibentuk sedemikian rupa lalu dibiarkan hingga mengeras. Meskipun teksturnya keras, kerajinan berbahan gips cenderung mudah pecah bila tidak hati-hati dalam menanganinya.  

  • Lilin dan Parafin
    Kedua contoh dari kerajinan bahan lunak buatan ini memiliki tekstur yang padat. Tetapi, jika dipanaskan, lilin dan parafin akan mencair. Nah, ketika cair, lilin dan parafin dapat dicetak dalam beragam bentuk. Menariknya lagi, Kamu bisa mencampurkan wewangian untuk dijadikan sebagai lilin aromaterapi. 

  • Sabun
    Tidak sedikit perajin yang memanfaatkan sabun sebagai benda untuk kerajinan. Teksturnya yang padat dan mudah diukir mampu menciptakan suatu kerajinan bernilai seni yang unik. Tidak hanya itu, sifat sabun juga mudah mencair jika terkena panas. Jadi, sama seperti lilin dan parafin, Kamu pun bisa mencetaknya ke berbagai bentuk dan dibiarkan hingga mengeras.  

Contoh Kerajinan Bahan Lunak Alami

Kebalikan dari bahan lunak buatan, kerajinan bahan lunak alami berasal dari alam atau bersifat alami. Itu sebabnya dalam proses pengolahannya tidak memerlukan bahan tambahan buatan. Contoh dari kerajinan bahan lunak alami adalah: 

  • Tanah Liat
    Jenis tanah ini memiliki tekstur yang lengket bila dicampur air. Jika kering, tekstur tanah liat akan menjadi halus dan dapat dipecah-pecah. Setelah dibentuk, tanah liat akan dipanaskan dalam suhu tinggi agar cepat mengeras dan tahan lama.

    Produk kerajinan tanah liat sendiri bisa berupa alat rumah tangga seperti piring, tempat minum, dan peralatan memasak atau dekorasi seperti guci atau patung. 

  • Flour clay 
    Merupakan contoh dari kerajinan bahan lunak alami yang terbuat dari campuran tepung dan air. Adonan dilumat hingga kalis agar mudah dikreasikan dalam bentuk kerajinan. Agar lebih menarik, adonan flour clay bisa diberi pewarna sintetis atau alami.  

  • Bubur Tisu atau Kertas
    Dalam pelajaran seni, Kamu pernah diminta membuat bubur tisu atau kertas setelah itu dijadikan karya seni? Nah, itu merupakan salah satu contoh dari kerajinan bahan lunak alami. Bubur kertas atau tisu bisa dibentuk menjadi kerajinan dalam berbagai pola dan bentuk, mulai dari bingkai hingga hiasan dinding.

    Cara membuat bahan lunak alami ini mudah kok. Kamu hanya tinggal memotong-motong tisu atau kertas yang tak dipakai lagi. Lalu masukkan ke dalam baskom berisi air dan remas-remas agar potongan kertas segera larut dalam air. 
     
  • Kulit Hewan
    Kulit hewan dapat dijadikan kerajinan berkualitas tinggi, lho! Biasanya kulit hewan yang digunakan berasal dari kambing, sapi, hingga ular. Kulit itu nantinya diolah sedemikian rupa menjadi kerajinan atau benda-benda yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari seperti ikat pinggang, dompet, sepatu, atau tas. 

  • Getah Nyatu
    Bahan lunak alami ini berasal dari pohon nyatu yang tumbuh di wilayah Kalimantan. Itu sebabnya kerajinan dari getah nyatu begitu populer di sana, khususnya Kalimantan Tengah. Kerajinan yang dihasilkan dari getah pohon nyatu sangatlah beragam, mulai dari dekorasi ruangan hingga patung. Bahkan Suku Dayak menggunakan replika perahu naga dan perahu burung tingang dari getah nyatu dalam tradisi tiwah.  

    Hanya saja proses pengerjaan kerajinan getah nyatu cukup rumit. Awalnya, batang pohon perlu dipisahkan dari kulit sebelum direbus hingga tiga kali. Tujuannya untuk memperoleh getah pohon yang berkualitas. 


Temukan Contoh dari Kerajinan Bahan Lunak Buatan dan Alami Lainnya Melalui Paket Promo Spesial IndiHome!

Menarik, kan, mempelajari berbagai kerajinan khas tanah air? Dari limbah kertas saja, Kamu bisa menghasilkan suatu karya yang bernilai seni, lho! Lalu, apa saja karya seni atau kerajinan lain yang mampu dihasilkan masyarakat Indonesia? Temukan jawabannya dengan berlangganan paket Promo Spesial IndiHome!

Dengan paket ini, Kamu mampu menambah wawasan seputar kerajinan dan karya seni khas tanah air melalui jaringan internet berkecepatan up to 30 Mbps. Dapatkan juga bonus telepon lokal/interlokal hingga 50 menit serta biaya pasang baru cuma Rp150.000 saja! 

Semua ini bisa Kamu nikmati dengan biaya berlangganan Rp200.000-an saja per bulan. Kapan lagi, kan, dapat layanan internet cepat tapi hemat di kantong? Yuk, segera berlangganan Promo Spesial IndiHome biar Kamu cepat move on dari layanan internet yang lelet!