4 Manfaat Melakukan Terapi Musik Saat Bekerja | IndiHome
4 MAR 2022        BLOG

4 Manfaat Melakukan Terapi Musik Saat Bekerja

Tidak bisa dipungkiri bahwa hidup ini penuh dengan hal-hal yang membuat pikiran menjadi stres. Apalagi jika dihadapkan dengan lingkungan kerja yang penuh dengan tekanan dan beban kerja yang semakin bertambah.  Semakin dewasa, seseorang akan mudah cemas karena tuntutan hidup yang lebih besar. Untungnya tidak sedikit metode yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi stres, khususnya akibat pekerjaan. Salah satu caranya yaitu dengan mengandalkan terapi musik.

Lalu bagaimana cara kerja, manfaat, juga jenis musik apa saja yang dapat dijadikan sebagai  terapi musik? Berikut penjelasannya!

Cara Kerja Terapi Musik

Terapi musik sering digunakan oleh orang-orang yang menderita penyakit tertentu. Akan tetapi, manfaat dari terapi ini dapat dirasakan oleh semua orang. Cara kerjanya yaitu seseorang akan diminta untuk duduk ataupun berbaring sambil mendengarkan musik. Nantinya musik ini akan diproses oleh seluruh area otak. Selanjutnya, musik yang diperdengarkan mampu mengakses dan menstimulasi area otak yang tidak dapat diakses oleh modalitas lainya. Hasilnya Anda akan merasa lebih rileks dan perasaan tertekan pun akan berkurang.

Para pekerja sangat direkomendasikan untuk melakukan terapi musik agar rasa cemas yang dirasakan dapat berkurang. Sebuah penelitian mengungkap bahwa terapi dengan musik dapat memberikan efek yang bagus untuk kinerja seseorang saat bekerja, seperti menyelesaikan tugas lebih cepat, lebih baik, bahkan dapat menghasilkan ide yang baik daripada pekerja yang tidak mendengarkan musik.

Jenis Musik yang Digunakan untuk Terapi

Jenis-jenis musik yang digunakan untuk terapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan pendengarnya. Namun, umumnya jenis musik berikut ini yang sering digunakan untuk terapi musik:  

  • Musik klasik
    Musik jenis ini tidak hanya cocok didengarkan saat bersantai. Sebuah penelitian dari ahli radiologi mengemukakan bahwa 7 dari 8 orang responden mengaku suasana hati dan tingkat konsentrasi  kerja semakin membaik ketika mendengarkan musik klasik.  
  • Musik Epik
    Melakukan terapi musik saat bekerja dengan menggunakan jenis musik epik mampu memotivasi diri Anda. Jenis musik ini diartikan sebagai musik yang mampu membangunkan emosi dan perasaan dramatis. Biasanya musik epik akan disisipkan dalam film tertentu guna membuat penontonnya dapat mengerti emosi yang ditonjolkan dalam film tersebut.
  • Musik Video Game
    Rupanya musik yang disajikan dalam video game berdampak baik pada para pekerja untuk meningkatkan produktivitas. Itulah mengapa banyak para gamer memiliki tingkat fokus yang sangat tinggi saat bermain game karena musiknya yang dapat menambah semangat juga meningkatkan kinerja otak.

Setiap orang memiliki selera musik yang berbeda. Bisa saja jenis musik lain dapat membuat Anda merasa lebih rileks di tengah tekanan pekerjaan. Jadi, jenis musik seperti apa yang Anda sukai untuk melakukan terapi musik?

Manfaat Terapi Musik

Terapi menggunakan musik juga ternyata memiliki banyak manfaat, khususnya bagi orang yang tengah mengalami stres atau kecemasan tinggi akibat pekerjaan.  Apa saja manfaatnya?  

  • Tingkatkan Produktivitas
    Kebanyakan orang dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja dengan melakukan terapi musik dalam satu waktu bersamaan. Rata-rata para pekerja mengaku bahwa pekerjaan mereka dapat selesai lebih cepat dibandingkan dengan bekerja tanpa mendengarkan musik. Jika anda merasa sulit untuk produktif saat di lingkungan kantor, cobalah untuk mendengarkan lagu favorit Anda untuk menambah semangat juga konsentrasi agar pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat. 
  • Kurangi Stres
    PsychCentral mengatakan terapi musik mampu memberikan efek relaksasi pada tubuh dan pikiran. Contohnya adalah musik klasik dengan nada yang lebih aman dan tenang. Jenis musik ini dipercaya akan memberi efek yang positif pada fisiologis Anda. Selain itu, mendengarkan musik klasik dapat menurunkan tekanan darah sekaligus mengurangi kadar hormon pemicu stres. 
  • Tingkatkan Fokus
    Melakukan terapi musik menjadi cara sempurna untuk meredam suara berisik juga membangkitkan tingkat fokus secara maksimal. Bahkan, mendengarkan jenis musik favorit Anda dapat meningkatkan konsentrasi kerja.  
  • Perbaiki Mood
    Sebagian besar manusia pasti pernah merasakan mood yang turun naik ketika berada di lingkungan kerja. Untuk itu, cobalah lakukan terapi musik menggunakan lagu favorit. Kebiasaan ini dapat meningkatkan produksi hormon yang disebut dopamine.  Hormon dalam tubuh ini akan dilepaskan oleh otak yang nantinya bisa membuat suasana hati lebih baik. Pada akhirnya pekerjaan pun lebih cepat diselesaikan daripada biasanya.  

Lakukan Terapi Musik dengan Mendengarkan Lagu Favorit Anda di Add-on Langit Musik dari IndiHome

Lagu favorit Anda dapat dijadikan sebagai terapi musik ketika merasa tertekan akibat beban pekerjaan yang padat. Dengan menerapkan terapi ini di aktivitas kerja Anda, banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Nah, mendengarkan musik favorit Anda di lingkungan kerja akan semakin nyaman dengan berlangganan add-on Langit Musik dari IndiHome. Anda bebas memutar lagu sesuka hati tanpa jeda iklan dengan biaya berlangganan yang sangat terjangkau, yaitu Rp10.000 per bulan.

Add-on Langit Musik merupakan layanan tambahan dari IndiHome yang dapat memfasilitasi aktivitas terapi musik Anda. Layanan ini juga menyediakan ragam genre musik untuk meningkatkan suasana hati, terlebih ketika menghadapi tantangan di dunia kerja.  

Berlangganan add-on Langit Musik artinya Anda akan mendapatkan fitur berikut ini;

  • Playlist offline; koleksi lagu yang dapat diunduh dengan pencarian yang lebih mudah
  • Koleksi lagu; terdapat jutaan judul yang bisa Anda dengarkan
  • Lirik lagu; sensasi mendengarkan musik sambil ikut bernyanyi
  • Music director; rekomendasi musik untuk berbagai suasana
  • Dolby audio; menghasilkan suara musik yang jernih dan berkualitas melalui smartphone atau IndiHome TV

Share; playlist yang dibuat dapat dibagikan ke media sosial