15 Tips Diet Sehat Secara Alami | IndiHome
3 FEB 2021        BLOG

15 Tips Diet Sehat Secara Alami

Memiliki tubuh ideal adalah dambaan setiap orang, khususnya kaum perempuan. Salah satu cara yang banyak dipilih untuk mewujudkan impian tersebut adalah melalui program diet. Hanya saja, tidak sedikit orang yang memahami tips diet sehat, sehingga wajar kalau usahanya kurang berhasil.

Ada berbagai macam jenis diet yang sebenarnya dapat diterapkan dalam rangka mengurangi berat badan. Namun, tidak semua diet akan mendatangkan hasil sesuai ekspektasi. Pasalnya, kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda, sehingga pola diet yang diaplikasikan harus sesuai keadaan tubuh.

15 Tips Diet Alami Paling Ampuh

  1. Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

    Makanan dan minuman yang manis tinggi akan kandungan gula dan kalori, sehingga dapat memicu kenaikan berat badan. Oleh karena itu, apabila Anda ingin cepat kurus, maka sebaiknya hindari konsumsi makanan serta minuman berkalori tinggi dan manis.

    Contohnya adalah cake, smoothies, soda, dsb. Selain itu, hindari juga mengkonsumsi minuman energi, serta minuman kemasan yang umumnya ditambah dengan pemanis buatan.



  2. Tidak Melewatkan Sarapan

    Sudah bukan rahasia umum, bahwa hingga saat ini masih banyak orang beranggapan kalau tidak sarapan bissa membuat berat badan cepat turun. Padahal, hal tersebut salah besar. Kegiatan makan pagi sangat penting sebagai suplai energi bagi tubuh.

    Dengan begitu, maka bisa lebih bertenaga saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Sarapan secara teratur juga akan mengurangi dorongan ngemil saat menjelang siang hari. Untuk menu sarapan sehat, sebaiknya pilih makanan mengandung karbohidrat, protein, dan serat.


  3. Hindari Makanan Olahan

    Untuk mempercepat proses menurunkan berat badan, sebaiknya hindari makanan olahan, seperti produk makanan cepat saji, frozen food, buah kering, dan sebagainya. Sebaliknya, konsumsilah sayuran, buah, sayuran, serta kacang-kacangan segar yang lebih bergizi.


  4. Minum Air Putih Sebelum Makan

    Biasakan minum air putih setidaknya tiga puluh menit sebelum makan. Meskipun tampak sepele, namun kebiasaan ini bisa mencegah Anda supaya tidak makan terlalu banyak. Memperbanyak konsumsi air putih akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.


  5. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Serat Larut

    Tidak banyak yang mengetahui, bahwa makanan yang mengandung serat larut tinggi akan membuat Anda lebih lama merasa kenyang. Serat larut bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi makanan, seperti alpukat, kacang-kacangan, brokoli, oat, dan sebagainya.


  6. Makan Secara Perlahan

    Apabila Anda termasuk salah satu orang yang suka makan secara terburu-buru, maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Apalagi, kalau sedang dalam program diet. Sebaliknya, kunyah makanan secara perlahan hingga halus, baru kemudian ditelan.

    Makan secara perlahan akan membantu tubuh menyesuaikan rasa kenyang dengan berapa banyak jumlah makanan yang dikonsumsi. Di samping itu, Anda akan cepat kenyang walaupun hanya makan sedikit. Kalau tidak percaya, maka bisa dicoba.


  7. Memperbanyak Konsumsi Sayuran Segar

    Jika Anda mendambakan tubuh indah dan ideal, maka perbanyak mengkonsumsi sayuran hijau segar yang kaya akan serat. Sayuran daun akan membantu Anda merasa lebih cepat kenyang, sehingga otomatis mengurangi porsi makanan berat.


  8. Mengkonsumsi Teh dan Kopi

    Minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi terbukti dapat membantu meningkatkan kadar hormon epifrin yang berperan sebagai pemecah lemak dalam tubuh, sehingga berat badan cepat turun. Untuk hasil maksimal, sebaiknya diikuti pola hidup sehat.


  9. Olahraga Teratur

    Tips diet sehat secara aman dan alami bukan hanya didapatkan dari menjaga asupan makanan, namun juga gaya hidup sehat, seperti olahraga teratur. Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan antara lain adalah, kardio, dan angkat beban.


  10. Istirahat Cukup

    Kurang tidur dapat memberikan dampak besar terhadap naiknya berat badan. Oleh sebab itu, dianjurkan agar tubuh mendapatkan istirahat cukup setiap harinya, idealnya adalah 7-8 jam pada malam hari. Dengan begitu, Anda bisa bangun dalam keadaan prima di pagi hari.


  11. Hindari Minuman Beralkohol

    Minuman beralkohol cenderung mengandung kalori tinggi, dan dapat membuat rencana diet Anda menjadi berantakan. Oleh karena itu, kalau ingin kurus secara instan, maka jauhi minuman yang mengandung alkohol. Jadi, berat akan berkurang, dan tubuh lebih sehat.


  12. Mengurangi Konsumsi Garam

    Garam mengandung yodium yang dapat membuat tubuh kesulitan dalam memproses metabolisme lemak. Karenanya, kurangi konsumsi garam apabila ingin mengurangi berat badan. Cobalah mengganti penggunaan garam beryodium, dengan garam himalaya.


  13. Memperhatikan Asupan Nutrisi

    Tubuh membutuhkan setidaknya 5 porsi sayur dan buah segar setiap harinya untuk memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh. Meskipun begitu, pilihlah bahan-bahan yang sehat dan cocok untuk mendukung program diet, kemudian bagi porsinya sesuai keinginan Anda.


  14. Mengkonsumsi Camilan Sehat

    Sebuah apel segar mengandung setidaknya 200 kalori, dan juga kandungan serat, serta protein tinggi. Karena itulah buah apel, khususnya apel hijau sangat direkomendasikan sebagai camilan sehat saat sedang diet, sebab bisa memberikan rasa kenyang.


  15. Hindari Stress

    Tanpa disadari, beban pikiran adalah salah satu penghambat terbesar dalam proses penurunan berat badan. Karenanya, kalau ingin mendapatkan tubuh ideal secara cepat, kurangi stress, dan sebagai gantinya biasakan diri untuk selalu berpikir positif.


Konsultasikan Diet Anda dengan Pakarnya untuk Mendapatkan Hasil Maksimal

Sudah mencoba berbagai macam program diet tapi belum mendatangkan hasil? Hal ini sangat sebenarnya sangat lumrah terjadi. Sederhana saja, tidak semua program menurunkan berat badan akan memberikan hasil yang sama pada setiap orang.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya konsultasikan diet Anda dengan pakar atau dokter yang berpengalaman dibidangnya agar memperoleh solusi real, sehingga tidak perlu lagi membuang waktu untuk mencoba-coba jenis diet yang mungkin tidak cocok.

Di era digital ini, untuk berkonsultasi dengan ahli Anda tidak perlu lagi datang ke tempat praktek offline. Karena dengan berbekal gadget dan koneksi internet saja, Anda sudah bisa mengeluhkan berbagai permasalahan diet dengan pakarnya secara online.


Memiliki Masalah dengan Internet Lambat dan Putus-Putus? Wifi.id Seamless Solusinya!

Jaringan internet di Indonesia memang belum bisa dikatakan stabil, apabila bagi yang tinggal di area pinggiran kota dan pedesaan. Namun, Anda tidak perlu merasa risau lagi karena ada Wifi.id seamless dari IndiHome yang bisa menjadi solusi sukses diet dengan pakar diet online.

Menariknya lagi, hanya dengan sekali berlangganan Anda akan mendapatkan akses koneksi otomatis dengan kecepatan internet up to 100 Mbps ke ribuan titik Wifi.id di berbagai penjuru Indonesia. Jadi, bagi Anda yang hidup nomaden, Wifi.id seamless ini sangat direkomendasikan.

Dengan kecepatan internet super kencang dari Wifi.id seamless, Anda bisa mendiskusikan program diet yang tepat dengan ahlinya kapan dan dimana saja tanpa perlu takut mengalami trouble, seperti koneksi internet tidak stabil.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, mengetahui tips diet sehat saja tidak cukup. Untuk hasil lebih optimal, disarankan supaya Anda juga bertanya langsung kepada ahlinya. Di era pandemi sekarang ini, lebih dianjurkan untuk konsultasi diet secara online, yang lebih praktis tapi ampuh.