13 Cara Menyimpan Makanan Segar di Kulkas Agar Tahan Lama | IndiHome
24 JUN 2021        BLOG

13 Cara Menyimpan Makanan Segar di Kulkas Agar Tahan Lama

Di zaman modern, memiliki lemari pendingin atau kulkas memang seolah sudah menjadi kebutuhan. Sebab, kulkas merupakan solusi alternatif paling praktis untuk menyimpan makanan segar dalam waktu lama, namun dengan kualitas rasa dan tekstur yang tetap terjaga saat hendak dikonsumsi.

Akan tetapi, faktanya tidak semua jenis makanan bisa bertahan lama saat berada dalam kulkas. Beberapa jenis makanan juga membutuhkan perlakuan khusus, agar tidak menularkan bakteri atau bau tidak sedap ke makanan lain. Jadi, tidak bisa sembarangan meletakkan makanan sesuka hati.

Tips Menyimpan Makanan Segar di Lemari Pendingin yang Baik dan Benar

  1. Simpan Daging di Tempat Tertutup
    Untuk mencegah penyebaran bakteri maupun penyakit bawaan makanan. Sebaiknya simpanlah daging dan makanan laut dalam wadah tertutup atau kantong plastik, kemudian letakkan pada rak paling bawah kulkas sehingga makanan lain tidak terkontaminasi.

  2.  Jangan  Mencuci Buah Saat Akan Disimpan dalam Kulkas
    Simpanlah buah dalam kondisi kering karena buah-buahan tidak membutuhkan kelembapan tinggi. Mencuci buah dapat merusak kelembapan sehingga membuatnya lebih mudah busuk. Selain itu, dianjurkan untuk meletakkan buah di bagian rak yang terbuka.

    Beberapa jenis buah, seperti alpukat, pisang, jeruk, dan melon justru tidak akan tahan lama kalau dimasukkan ke kulkas. Anda cukup meletakkannya di udara terbuka. Sedangkan untuk buah potong, berilah perasan lemon sebagai upaya menghambat terjadinya oksidasi.

  3.  Melapisi Rak Kulkas dengan Tisu atau Handuk
    Tisu atau handuk bisa membantu penyerapan kondensasi yang dihasilkan buah dan sayuran saat dingin. Dengan menambahkan alas, maka mampu mengurangi kelembapan sehingga tidak cepat layu. Jadi, sayur dan buah segar dalam kulkas tetap terjaga kualitasnya.
     
  4. Pisahkan Apel dari Buah Lain
    Jangan meletakkan apel berdekatan dengan buah matang. Apel mengeluarkan suatu gas yang dapat menyebabkan buah dan sayuran cepat membusuk. Namun, jika satu buah apel disimpan bersama kentang, maka bisa mencegah tumbuhnya akar pada umbi-umbian.

    Supaya kualitas rasa dan tekstur apel tetap terjaga, Anda bisa menyimpan apel dengan trik membungkusnya dalam plastik berlubang. Setelah itu, barulah simpan dalam kulkas.

  5. Hindari Menyimpan Tomat di Kulkas
    Buah satu ini memang terkenal rawan busuk, sehingga banyak orang yang kemudian memutuskan menyimpan tomat dalam kulkas agar awet. Namun, siapa sangka kalau hal tersebut bisa berimbas pada rasanya. Sebab rasa tomat akan hilang pada suhu dingin.

  6. Letakkan Ujung Kecil Telur Menghadap ke Bawah
    Sebelum dimasukkan ke kulkas, cuci telur terlebih dahulu lalu lap sampai kering. Kemudian, simpan dalam wadah khusus dengan cara meletakkan bagian ujung yang kecil menghadap bawah. Hal ini akan membuat kantung udara telur tidak tertekan dan telur bisa tetap awet.

  7. Simpan Susu dan Produk Turunannya Secara Baik dan Benar
    Agar susu dapat bertahan dalam waktu lama, dianjurkan untuk disimpan dalam botol plastik, bukan kardus karton. Hal tersebut dikarenakan bakteri akan lebih mudah berkembang pada kardus. Jika kardus susu dibuka, maka susu wajib dikonsumsi maksimal 10 hari.

    Sedangkan untuk produk turunannya, seperti yoghurt dan keju biarkan tetap dalam kemasan. Apabila sudah dikonsumsi, keju dapat dibungkus menggunakan aluminium foil. Umumnya keju keras, seperti cheddar bisa bertahan sampai 3 – 4 minggu setelah dibuka.

  8. Bungkus Kacang-kacangan di Plastik Sebelum Dimasukkan Kulkas
    Tingkat keawetan kacang sangat tergantung pada varietasnya. Akan tetapi, supaya kualitasnya tetap terjaga, Anda bisa menyimpan kacang dalam kulkas. Dengan catatan, kacang dibungkus rapat dalam wadah plastik terlebih dahulu sebelum disimpan.

  9. Jauhkan Bawang dari Bahan Makanan Lain
    Bawang memiliki kandungan gas serta bau menyengat yang dapat mencemari makanan lain. Sebelum disimpan, Anda bisa mengupas bawang, kemudian cuci bersih dan masukkan dalam plastik kedap udara untuk menetralisir baunya. Setelahnya, barulah letakkan di kulkas.

  10. Potong Tangkai Wortel
    Seperti diketahui, sebagian besar wortel segar memang dijual lengkap dengan tangkai yang terdapat daun. Namun, jika ingin disimpan supaya awet, Anda perlu memotong bagian atasnya. Hal tersebut dikarenakan tangkai berdaun berpotensi mencuri nutrisi wortel.

  11. Bungkus Jamur Segar dalam Kantong Kertas
    Kertas memiliki peran besar dalam menyerap kelembapan jamur sehingga tidak cepat basah. Jadi, jamur bisa lebih awet lama dan teksturnya tetap segar saat di kulkas. Kalau disimpan dalam kondisi basah, maka berpotensi mempercepat proses kebusukan pada jamur.
     
  12. Jauhkan Paprika dari Makanan Basah dan Sayuran Berdaun
    Paprika sangat rentan mengalami kebusukan apabila diletakkan berdekatan dengan makanan basah maupun sayuran yang memiliki daun. Oleh karenanya, sebaiknya buah ini disimpan terpisah. Misalnya pada rak samping kulkas, agar kualitasnya lebih terjaga.

  13. Masukkan Sisa Makanan di Wadah Kedap Udara
    Anda masak terlalu banyak dan tidak habis dalam sekali makan? Makanan sisa bisa disimpan dalam kulkas untuk dikonsumsi lagi nanti. Akan tetapi, disarankan untuk memasukkan masakan ke dalam wadah kedap udara dan juga tahan bocor.

    Selain itu, perlu diperhatikan bahwa masakan yang akan diletakkan pada kulkas sudah berada dalam keadaan dingin, bukan panas atau hangat. Jangan meletakkannya berdekatan dengan makanan mentah guna mencegah terjadinya paparan bakteri.

Mau Tahu Bagaimana Trik Menyimpan Makanan Segar agar Tidak Mudah Busuk? Yuk, Cari Informasi Lengkapnya dengan Paket 2P dari IndiHome!

Memiliki stok makanan merupakan hal wajib bagi para ibu. Dengan begitu, maka tidak perlu repot berbelanja setiap hari, apalagi di masa pandemi ini. Selain itu, dengan adanya simpanan makanan segar, Anda dapat memasak makanan berkualitas kapan saja, meskipun sedang malas keluar.

Namun, makanan segar memang terkenal rawan busuk, apalagi kalau diletakkan tidak pada tempatnya. Di samping itu, tidak semua makanan bisa dimasukkan ke kulkas, karena beberapa jenis akan lebih bagus apabila dibiarkan berada di udara terbuka.

Kalau Anda termasuk salah satu orang yang suka bingung kenapa makanan cepat busuk atau rasanya berubah meskipun sudah dimasukkan di kulkas. Mungkin ada cara penyimpanan yang belum benar. Tapi tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mencari informasi yang dibutuhkan di internet.

Untuk mendukung aktivitas mencari informasi seputar tata cara menyimpan fresh food dan yang berhubungan dengan dapur lainnya. Anda bisa berlangganan Paket 2P dari IndiHome yang menawarkan akses internet cepat, sehingga bisa puas internetan kapan saja dengan jaringan yang berkualitas.

Apa itu Paket 2P IndiHome?

Paket 2P terdiri atas dua kategori, yakni Paket 2P (Internet+Phone) dan Paket 2P (Internet+TV). Keduanya sama-sama menawarkan internet stabil dengan kecepatan hingga 100 Mbps. Hanya saja, benefitnya bervariasi, ada gratis nelpon hingga 300 menit, juga akses ke lebih dari seratus channel televisi pilihan.

Anda bisa memilih benefit yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan. Kalau ingin bebas nelpon sahabat dan kerabat di jaringan lokal dan interlokal, maka pilihlah Paket 2P (Internet+Phone).

Sedangkan bagi yang suka menonton tayangan TV berkualitas dan konten interaktif dengan keluarga di rumah, bisa memilih Paket 2P (Internet+TV). Pelanggan juga akan dapat bonus akses ke aplikasi UseeTV GO.

Dengan berlangganan Paket 2P dari IndiHome, Anda bukan hanya bisa mendapatkan informasi mengenai cara menyimpan makanan segar di lemari pendingin. Namun, pelanggan juga akan mendapatkan ragam opsi bonus menarik yang pastinya sayang untuk dilewatkan.