12 Pekerjaan Ini Bisa Anda Lakukan di Mana Saja Hanya dengan Koneksi Internet | IndiHome
21 OCT 2021        BLOG

12 Pekerjaan Ini Bisa Anda Lakukan di Mana Saja Hanya dengan Koneksi Internet

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia menyebabkan banyak sektor bisnis mengalami penurunan omzet dan terpaksa melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal. Di sisi lain, pandemi juga membuat mayoritas orang berinisiatif menekuni pekerjaan secara online sehingga bisa tetap menghasilkan uang dari mana saja dan kapan saja.

Jangan putus semangat bila Anda termasuk salah satu orang yang kini tengah berjuang mencari pekerjaan baru. Beberapa pekerjaan online berikut ini bisa Anda manfaatkan untuk memulai karir di bidang yang baru:

Penerjemah Bahasa

Pilihan pekerjaan online di mana saja yang pertama untuk Anda adalah menjadi penerjemah bahasa. Opsi karir ini cocok bagi Anda yang menguasai bahasa asing tertentu, misalnya bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, Perancis, dan lainnya. Saat ini, banyak individu maupun perusahaan dalam dan luar negeri yang membutuhkan jasa penerjemah lepas. Pastikan Anda rajin mencari informasi sebanyak mungkin seputar perusahaan yang sering membutuhkan jasa ini.

Penulis Lepas

Era Internet of Things (IoT) membuat kita dapat mengakses informasi secara mudah melalui internet. Itulah sebabnya penulis lepas menjadi salah satu pekerjaan online yang sangat populer. Kesempatan kerja yang satu ini terbuka lebar bagi Anda yang gemar membaca dan menulis. Bahkan, Anda bisa memperoleh pendapatan dalam jumlah banyak jika menguasai bahasa asing dan teknik Search Engine Optimization (SEO) yang penting untuk mendukung popularitas konten di internet.

Desainer Grafis

Pekerjaan online berikutnya yang potensial menghasilkan pendapatan besar adalah desainer grafis. Sekarang, Anda tak harus bekerja di kantor jika memiliki keahlian dan passion di bidang desain. Pekerjaan bidang desain dapat dilakukan secara remote, bahkan Anda juga bisa mendapatkan banyak klien besar dari luar negeri. Seiring dengan meningkatnya jam terbang sebagai desainer grafis, kemungkinan besar Anda juga bisa menetapkan harga lebih tinggi sesuai kualitas pekerjaan yang Anda berikan.

Programmer

Keahlian di bidang bahasa pemrograman dapat dimanfaatkan untuk menekuni pekerjaan sebagai programmer secara remote. Sama seperti pekerjaan di bidang penulisan dan desain, Anda juga bisa melakukan pekerjaan ini dari jarak jauh tanpa harus bertatap muka dengan klien. Untuk menekuni profesi ini, Anda harus terus mempelajari berbagai hal baru seputar bahasa pemrograman agar bisa menciptakan program-program futuristik sesuai perkembangan zaman.

Konten Kreator

Pekerjaan modern berikutnya yang dapat dilakukan secara online adalah konten kreator. Bila Anda bekerja sebagai konten kreator, Anda harus giat membuat konten yang menarik agar followers Anda tetap loyal dan bahkan membuat followers baru berdatangan. Semakin menarik konten yang Anda buat, maka semakin besar kesempatan untuk mendapatkan ajakan kerja sama dari berbagai brand besar.

Editor Foto

Profesi editor foto online memang agak mirip dengan desainer grafis. Bedanya, editor foto online tidak menciptakan konten foto baru, melainkan hanya mengedit foto yang sudah ada. Ternyata, saat ini pekerjaan editor foto juga diincar banyak orang karena penting untuk mendukung kualitas konten visual di media sosial dan website. Jika Anda menguasai berbagai software editing, Anda bisa mencoba menjalani pekerjaan online  yang satu ini.

Admin Media Sosial

Apakah Anda termasuk orang yang gemar menggunakan media sosial? Sebaiknya Anda memanfaatkan kegemaran tersebut menjadi peluang yang mendatangkan keuntungan. Saat ini, profesi sebagai admin media sosial juga sangat dibutuhkan untuk mengelola berbagai akun, seperti akun resmi brand besar, akun online shop, maupun akun startup. Bila Anda menjadi admin media sosial, Anda harus up to date terhadap perkembangan konten yang sedang populer dan memahami personal branding akun yang Anda tangani sehingga bisa membangun interaksi semaksimal mungkin dengan para pengguna media sosial lainnya.

Pengisi Data (Data Entry)

Menekuni pekerjaan online sebenarnya tidak selalu membutuhkan keahlian spesifik. Jika Anda merasa awam di dunia internet, Anda masih bisa menjalani pekerjaan sebagai pengisi data. Banyak brand besar maupun startup membutuhkan pengisi data untuk menginput bermacam-macam data penting terkait produk maupun jasa. Saat menekuni pekerjaan ini, Anda diharuskan menginput data dalam jumlah banyak secara teliti sekaligus cekatan. Jika Anda dapat melakukannya secara baik, maka peluang untuk bisa menghasilkan banyak uang dari pekerjaan ini juga terbuka lebar.

Kontributor Foto dan Vektor

Hobi fotografi juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pendapatan. Anda bisa mengumpulkan koleksi foto dan vektor pribadi untuk dijual melalui website microstock. Mengawali karir sebagai kontributor foto dan vektor memang tidak mudah. Namun, bukan hal yang mustahil jika karya-karya Anda akan diminati banyak orang bila Anda senantiasa menciptakan karya baru secara konsisten. Sekarang, banyak sekali website microstock yang dapat Anda manfaatkan untuk memikat perhatian para pengguna foto dan vektor dari berbagai penjuru dunia.

Dropshipper

Keterbatasan modal bukanlah halangan untuk menjalani pekerjaan sebagai dropshipper. Bila Anda menjadi dropshipper, Anda tidak perlu menyiapkan modal untuk membeli sejumlah barang. Sebab Anda hanya perlu memasarkan produk tersebut secara gencar melalui media sosial. Nantinya, seluruh proses pengiriman barang akan dilakukan oleh pihak supplier sehingga Anda bisa memperoleh margin keuntungan secara mudah. Semakin banyak produk yang Anda jual, maka semakin besar pula keuntungan yang Anda dapatkan.

Guru Les Online

Pandemi Covid-19 turut mendorong munculnya berbagai profesi baru yang sebelumnya kurang populer, salah satunya adalah guru les online. Anda dapat melamar pekerjaan sebagai guru online di berbagai platform yang menyediakan layanan belajar online. Jika ingin menekuni pekerjaan ini, sebaiknya Anda juga menguasai teknologi dasar secara fasih supaya tidak kesulitan saat menjalani kegiatan belajar mengajar.

Pengisi Suara (Voice Over)

Satu pekerjaan lagi yang bisa dikerjakan secara online adalah pengisi suara atau voice over. Bila Anda memiliki suara yang berkarakter dan punya ciri khas, Anda bisa memanfaatkannya untuk menekuni profesi sebagai pengisi suara. Jangan salah, banyak brand besar yang membutuhkan jasa pengisi suara untuk membuat konten di media sosial, lho!

 

Pekerjaan Online Makin Mudah Dilakukan di Mana Saja dengan Wifi.id Seamless

Jangan lupa kalau 12 pekerjaan di atas bisa lancar dan mudah dilakukan di mana saja jika Anda terhubung dengan internet berkecepatan tinggi. Jangan khawatir urusan pekerjaan online Anda akan terhambat, karena ada add-on Wifi.id Seamless dari IndiHome yang bisa Anda andalkan untuk mendukung pekerjaan daring Anda.

Add-on Wifi.id Seamless adalah koneksi otomatis jaringan luas Wifi.id dengan kecepatan internet hingga 100 Mbps. Anda hanya perlu membayar Rp10.000 per bulan untuk tiap perangkat supaya bisa tersambung dengan ribuan titik Wifi.id di seluruh Indonesia tanpa harus memasukkan username dan password berulang kali. Add-on persembahan IndiHome ini tentu cocok bagi Anda yang menekuni pekerjaan secara remote, sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan di mana saja dan kapan saja.

Anda bisa berlangganan add-on Wifi.id Seamless secara praktis melalui website indihome.co.id maupun aplikasi myIndiHome. Yuk, langganan Wifi.id Seamless dan nikmati koneksi internet berkecepatan tinggi di ribuan titik Wifi.id dengan harga terjangkau!