11 Cara Membuat Desain Rumah Sejuk Tanpa AC | IndiHome
10 AUG 2021        BLOG

11 Cara Membuat Desain Rumah Sejuk Tanpa AC

Tinggal di negara beriklim tropis tentu memiliki tantangan tersendiri, terutama saat menjelang musim panas yang kering. Untuk menghilangkan panas dan gerah, Anda membutuhkan pendingin ruangan, seperti AC. Namun, tahukah Anda bagaimana cara membuat desain rumah sejuk tanpa AC?

Penggunaan AC memang jauh lebih efektif jika dibandingkan kipas angin. Namun, hal tersebut sesuai anggaran yang harus dikeluarkan, sebab AC bisa membuat tagihan listrik bengkak. Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa cara ampuh membuat rumah tetap sejuk dengan budget terbatas.

Intip Desain Rumah Sejuk Tanpa AC untuk Hunian Ini

  1. Memasang Gorden Vitrase
    Sinar matahari memiliki ragam manfaat untuk kesehatan fisik dan psikis. Namun, pada musim panas dengan kelembapan tinggi, membuka jendela lebar-lebar tentu akan membuat ruangan terasa lebih panas. Sebagai solusinya, pasanglah tirai vitrase yang tembus pandang.

    Pemilihan warna gorden bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila membutuhkan pencahayaan terang, maka bisa mengaplikasikan warna putih. Selain itu, tirai gorden vitrase juga tidak menghalangi angin sepoi-sepoi masuk kamar. Jadi, ruangan tetap terasa sejuk.


  2. Modifikasi Tirai Pendingin
    Kadang, membuka daun jendela saja tidak cukup mengusir gerah. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memodifikasi tirai dengan menyemprot gorden pakai air dingin. Angin dari luar akan masuk melewati kain lembap sehingga suhu panas di dalam rumah menurun.


  3. Aplikasikan Solar Window Film
    Jika Anda menikmati seberkas sinar matahari masuk ke ruangan, maka bisa aplikasikan solar window film, lalu tempelkan di jendela yang diinginkan. Solar window film dirancang khusus untuk memantulkan sinar dan menyerap hawa panas tanpa menghalangi pemandangan.

    Ada ragam manfaat menggunakan solar window film. Selain hemat anggaran dan energi, solar window film juga akan menjaga privasi. Selain itu, kaca film juga terbukti bisa mengurangi panas inframerah hingga 98%, sehingga ketidakseimbanagan suhu teratasi.


  4. Dinginkan Bantal
    Di musim kering, udara memang terasa sangat gerah, bahkan pada malam hari. Kalau merasa sulit tidur, maka bisa mencoba trik ampuh mendinginkan bantal sebelum dipakai tidur. Isi bantal dengan butiran ice cubes yang sudah dimasukkan dalam plastik agar aman.


  5. Letakkan Tanaman Hias dalam Rumah
    Selain bisa memperindah interior ruangan, meletakkan tanaman hias daun di dalam rumah juga akan membuat ruang terasa lebih sejuk. Hal tersebut dikarenakan tanaman dapat menyerap panas secara alami. Jadi, sangat berguna sebagai penstabil suhu dalam rumah.

    Agar proses penyerapan panas lebih efektif, sebaiknya pilih tanaman kayu berdaun besar, dan tanaman lain yang membutuhkan asupan sinar matahari tinggi. Letakkan juga tanaman seperti lidah buaya atau monstera dekat jendela agar bisa memberikan keteduhan ekstra.


  6. Hindari Penggunaan Lampu Pijar
    Tanpa disadari, penggunaan bola lampu pijar dapat menghabiskan 90% energi panas sehingga membuat ruangan terasa semakin gerah. Sebagai gantinya, Anda dapat beralih ke lampu fluoresen. Selain bisa mendinginkan rumah, lampu jenis ini juga lebih hemat listrik.


  7. Modifikasi Kipas Angin
    Penggunaan fan atau kipas angin memang lebih umum di Indonesia. Namun, jangkauan dingin kipas angin memang sangat terbatas sehingga tidak bisa mendinginkan seluruh ruangan. Anda bisa memodifikasi kipas angin untuk menciptakan tiruan hembusan angin laut.

    Caranya sangat mudah, cukup dengan mengisi mangkuk dengan es batu, kemudian letakkan tepat di depan kipas angin. Ketika Anda menyalakan kipas, maka udara yang dihasilkan akan lebih dingin, dan tidak jarang menciptakan kabut. Jadi, ruangan terasa lebih menyejukkan.


  8. Pasang Kanopi
    Meskipun tampak sepele, namun memasang kanopi di atas jendela bisa menjadi cara melindungi rumah dari cahaya matahari. Pengaplikasian kanopi berukuran cukup besar bisa mengurangi intensitas panas yang akan diserap hunian, sehingga udara tidak begitu gerah.


  9. Membeli Dehumidifier
    Tingkat kelembapan udara terlalu tinggi akan menghangatkan tubuh, di mana hal tersebut dapat menghambat keringat menguap dari tubuh. Saat keringat tidak bisa menguap dengan efektif, otomatis suhu tubuh tidak akan turun sehingga menimbulkan rasa gerah menyiksa.

    Apabila Anda melihat ada jamur tumbuh di area dinding atau furniture kayu di dalam rumah, sudah saatnya membeli dehumidifier untuk menurunkan tingkat kelembapan. Akan tetapi, pertimbangkan dengan baik produk yang ampuh mengekstraksi air maupun kelembapan.


  10. Ventilasi Silang
    Salah satu cara paling mudah mendinginkan suhu di dalam rumah adalah mengaplikasikan sistem ventilasi silang. Dengan kata lain, bukalah pintu dan jendela yang letaknya berseberangan. Udara segar yang keluar masuk bisa membuat hunian terasa lebih sejuk.


  11. Bijaksana dalam Menggunakan Peralatan

    Tidak semua peralatan bisa digunakan kapan saja sesuka Anda. Ada beberapa jenis alat yang hanya ideal dipakai saat suhu lebih dingin, seperti sore, malam, atau pagi hari. Contohnya adalah mesin cuci, oven, mesin pencuci piring, dan lain sebagainya.

    Jika dinyalakan di siang yang panas, maka berpotensi meningkatkan suhu ruangan secara signifikan. Karena itu, mulai sekarang Anda harus memperhatikan penggunaan peralatan.

 

Mau Tahu Cara Membuat Rumah Terasa Adem meskipun Tanpa AC? Cari Tahu Tips Lengkapnya dengan Promo Melalui Channel Digital dari IndiHome

Tidak semua orang bisa mengeluarkan biaya penggunaan AC atau air conditioner yang terbilang cukup mahal. Padahal, pada musim panas iklim di Indonesia bisa terasa sangat kering dan gerah karena tingkat kelembapan sangat tinggi. Bahkan, tidak jarang angin yang berhembus pun terasa panas.

Di masa pandemi, ketika masyarakat dihimbau untuk tinggal di rumah, tentu musim panas akan terasa lebih menyiksa. Oleh sebab itu, Anda harus pintar mencari cara untuk membuat hunian terasa adem. Jadi, Anda bisa merasa lebih betah saat harus melakukan berbagai macam hal di rumah.

Ragam tips mengenai cara membuat rumah sejuk bisa Anda dapatkan di berbagai situs internet. Untuk menunjang kegiatan online, Anda bisa menggunakan Paket 2P (Internet + TV) atau Paket 2P (Internet + Phone) yang ditawarkan di Promo Melalui Channel Digital dari IndiHome.

Kenapa Harus Berlangganan Paket Promo Melalui Channel Digital dari IndiHome?

Dengan berlangganan Paket Promo Melalui Channel Digital, Anda bisa mendapatkan bonus plus-plus. Bukan hanya koneksi internet cepat di jaringan stabil mulai 20 Mbps – 100 Mbps saja, tapi juga bebas nelpon 100 menit, bebas akses ke 100+ channel TV interaktif, plus ekstra 57 channel selama 3 bulan. Selain itu, Anda bisa dapat bonus cashback saldo LinkAja Rp50.000 biaya pasang baru, lho.

Selain harga berlangganan yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp200.000-an, Anda juga bisa memilih paket sesuai benefit yang dibutuhkan. Mau tahu apa saja keunggulan Paket 2P (Internet + Phone) dan Paket 2P (Internet + TV) dari Paket Promo Melalui Channel Digital IndiHome ini? Yuk, simak untuk mencari tahu apa saja perbedaannya!

  •         Paket 2P (Internet + Phone)

Nikmati internet dengan pilihan kecepatan hingga 100 Mbps dan bebas nelpon lokal/interlokal selama 100 menit.

  •         Paket 2P (Internet + TV)

Bisa bebas browsing dengan internet speed hingga 100 Mbps, bebas akses ke lebih dari 100 channel televisi pilihan, ekstra 57 channel selama 3 bulan, bebas akses aplikasi UseeTV GO, cashback saldo LinkAja Rp50.000 biaya pasang baru, serta pilihan bonus seperti Movies, Music, dan Study.

Paket-paket tersebut bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan berlangganan melalui website indihome.co.id, aplikasi myIndiHome, e-commerce, dan Kios myIndiHome

Browsing mencari tips desain rumah sejuk tanpa AC akan menjadi lebih cepat dan praktis dengan Paket 2P (Internet + TV) atau Paket 2P (Internet + Phone) yang ditawarkan di Promo Melalui Channel Digital dari IndiHome. Selain itu, paket pilihan ini juga bisa menjadi solusi praktis kebutuhan digital untuk Anda gunakan bersama keluarga di rumah.