Yuk, Manfaatkan Tunjangan Hari Raya 2021 dengan Tepat! | IndiHome
25 MAY 2021        BLOG

Yuk, Manfaatkan Tunjangan Hari Raya 2021 dengan Tepat!

Tunjangan Hari Raya (THR) 2021 memang sangat ditunggu-tunggu oleh para pekerja. Namun, setelah dikeluarkannya larangan mudik dari pemerintah, tentu tidak sedikit pihak yang merasa bingung bagaimana harus menggunakan THR supaya tidak habis sia-sia, khususnya bagi para perantau.

Pandemi Covid-19 memang memberikan dampak signifikan pada seluruh aspek kehidupan, salah satunya dibatasinya kegiatan saling bersilaturahmi secara langsung saat lebaran. Namun, larangan mudik tidak seharusnya menghalangi niat bersilaturahmi dengan keluarga. Apalagi, di era digital saat ini yang memudahkan kita untuk tetap bisa saling bertatap muka dengan keluarga secara virtual.

Bagaimana Cara Mengatur THR yang Optimal di Tengah Larangan Mudik

Tidak dapat dipungkiri bahwa diberlakukannya larangan mudik lebaran tahun 2021 pasti akan membuat Anda yang tinggal jauh dari keluarga merasa kecewa. Terlebih lagi jika Anda ingin menyisihkan THR untuk diberikan secara langsung kepada keluarga di kampung halaman, namun terhalang karena adanya larangan mudik lebaran di tahun ini.

Supaya THR Anda tidak habis secara sia-sia, sebaiknya perhatikan beberapa tips dalam mengatur THR di bawah ini agar lebih bermanfaat:

  • Atur berdasarkan urgensi

    THR memang diberikan khusus setiap tahunnya kepada pekerja guna mendukung kebutuhan yang berkaitan dengan hari raya. Namun, jika saat ini Anda sedang menghadapi keperluan lain yang lebih mendesak, sebaiknya Anda menggunakan THR untuk hal-hal yang lebih prioritas.

    Dengan kata lain, Anda harus bijaksana dalam mengelola keuangan dan menahan diri dari hal-hal konsumtif dan impulsif. Karena hal ini dilakukan demi kebaikan Anda sendiri. 

  • Porsi Penggunaan
    Besar jumlah THR umumnya mencapai hingga satu bulan upah. Supaya porsinya seimbang, Anda bisa membagi THR dalam beberapa kategori sesuai tingkat prioritas atau urgensi. Hal ini akan membantu Anda memanfaatkan THR untuk hal yang lebih berguna.
  • Bagi yang Tidak Mudik
    Karena Anda akan merayakan lebaran sendiri, maka Anda tidak terlalu membutuhkan pakaian baru. Sebaiknya, THR bisa dialokasikan untuk hal lebih bermanfaat, seperti investasi. Akan tetapi, jangan lupa untuk selalu berbagi dengan sesama.

 

6 Tips Menggunakan Tunjangan Hari Raya 2021 agar Lebih Berkah di Masa Pandemi

  1. Membeli Pasokan Makanan Sehat dan Suplemen

    Di masa pandemi seperti sekarang, menjaga imunitas tubuh agar tetap fit merupakan suatu kewajiban. Selain menerapkan pola hidup sehat, salah satu cara menjaga imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi serta suplemen yang sesuai kebutuhan tubuh.
     

  2. Sisihkan untuk Dana Darurat
    Tidak ada yang tahu pasti kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Maka dari itu, tidak ada salahnya mengalokasikan 10% dari total THR untuk disimpan dalam bentuk dana darurat. Simpanan ini tidak harus dalam bentuk uang tunai, namun juga asuransi kesehatan seperti BPJS Kesehatan.

  3. Investasi
    Dana yang dipersiapkan untuk keperluan mudik dapat digunakan untuk berinvestasi. Anda bisa memilih instrumen lebih aman dan stabil, seperti logam mulia, deposito, atau Surat Berharga Negara (SBN).

    Namun, apabila Anda sudah memiliki rekam jejak yang baik di bidang investasi jangka panjang, maka Anda bisa menginvestasikan setidaknya 25% di pasar saham. Jadi, jika Anda mendapatkan THR Rp10.000.000, maka Anda bisa mengalokasikan Rp2.500.000 untuk investasi.
     
  4. Berbagi THR
    Meskipun aktivitas mudik dilarang, namun siapa bilang Anda yang berada di perantauan tidak bisa berbagi kebahagiaan dengan memberi THR? Anda tetap bisa memberi THR kepada keluarga di kampung halaman dengan berbagai cara praktis, yaitu dengan cara transfer via internet banking atau melalui dompet digital seperti LinkAja.

    Selain itu, Anda juga bisa berbagi parsel lebaran kepada yang membutuhkan dengan membelinya melalui e-commerce atau online shop. Jadi, lebaran tetap bermakna meskipun Anda jauh dari rumah. Salah satunya dengan berbagi kebahagiaan bersama orang-orang tercinta.

  5. Sedekah
    Tips lainnya adalah dengan menyisihkan beberapa persen THR untuk bersedekah, seperti donasi ke panti asuhan, atau menyalurkannya melalui saluran tertentu kepada orang yang membutuhkan.

    Seperti diketahui, bahwa selama pandemi ada ribuan orang yang terkena PHK sehingga pendapatannya berkurang drastis. Dengan memberikan donasi, kita bisa membantu meringankan beban ekonomi orang lain meskipun jumlah yang kita berikan sedikit.
     
  6. Membayar Hutang
    Apabila Anda memiliki hutang secara personal kepada orang lain, maka sebaiknya segera dilunasi. Karena, orang yang memberikan pinjaman kepada Anda mungkin lebih membutuhkan uang tersebut untuk mencukupi kebutuhan di hari raya.

 

Yuk, Cari Tahu Informasi Alokasi THR Secara Tepat dengan Paket 3P dari IndiHome!

Sudah mendapat THR dan ingin membagikannya kepada keluarga secara langsung, namun terhalang oleh adanya larangan mudik? Meskipun ini terasa berat bagi yang sedang merantau, namun di sisi lain banyak hal baik yang bisa kita dapatkan. Salah satunya adalah karena THR bisa dialokasikan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara menggunakan THR agar tidak habis dengan sia-sia, maka Anda tidak perlu khawatir. Karena, Anda bisa mencari informasi mengenai alokasi THR yang tepat di berbagai situs internet.

Namun, untuk mencari informasi tersebut, tentunya Anda membutuhkan koneksi internet yang stabil. Dengan begitu, maka berbagai rencana mengalokasikan THR seperti membangun bisnis atau mencari pasar investasi menjadi lebih mudah. Ingat, semakin cepat Anda memulai, maka semakin cepat pula Anda mendapat hasilnya.

IndiHome adalah solusi tepat untuk memenuhi kebutuhan digital Anda. Salah satu paket andalan IndiHome adalah Paket 3P (Internet + TV + Phone). Dengan berlangganan paket ini, Anda bisa menikmati nyamannya internetan di jaringan stabil, nonton acara TV dari ratusan channel serta bebas nelpon lokal dan interlokal selama 300 menit.

Selama pandemi, pastinya aktivitas digital Anda melonjak drastis. Selain itu, kebutuhan dalam mencari hiburan dengan nonton tayangan televisi dan bersilaturahmi melalui telepon juga sangat penting. Maka dari itu, berlangganan Paket 3P dari IndiHome merupakan solusi tepat bagi Anda yang membutuhkan semua layanan tersebut dengan praktis.

Selain itu, berlangganan Paket 3P dari IndiHome sangat pas untuk Anda yang tinggal serumah dengan keluarga. Karena, Paket 3P dari IndiHome memiliki berbagai kecepatan internet yang bisa disesuaikan dengan banyaknya perangkat yang terhubung dengan internet di rumah.

Serunya lagi, Anda juga bisa mendapatkan berbagai benefit dengan berlangganan Paket 3P dari IndiHome, yaitu:

  •   Bebas internetan dengan kecepatan hingga 300 Mbps
  •   Bebas akses ke 109 channel TV dan aplikasi UseeTV Go
  •   Bebas nelpon lokal/interlokal selama 300 menit
  •   Pilih bonus sesuai keinginan Anda

Mencari informasi mengenai cara mengalokasikan Tunjangan Hari Raya 2021 menjadi lebih mudah dengan dukungan internet cepat dari IndiHome. Selain mempermudah proses mencari informasi, Anda juga bisa lebih mudah mentransfer THR melalui dompet digital maupun internet banking.