Tujuan Utama dalam Permainan Bola Basket serta Manfaatnya Bagi Tubuh | IndiHome
20 JUN 2022        BLOG

Tujuan Utama dalam Permainan Bola Basket serta Manfaatnya Bagi Tubuh

Olahraga bola basket termasuk jenis olahraga yang populer. Mengingat tingkat kesulitannya yang tinggi, sebagian orang beranggapan olahraga ini hanya digeluti oleh atlet berpostur tubuh tinggi. Di Indonesia sendiri olahraga ini tidak sepopuler Amerika Serikat dan Kanada yang memiliki turnamen bola basket populer yang disebut National Basketball Association (NBA). Tujuan permainan bola basket sendiri adalah memasukan bola ke dalam gawang atau ring lawan dan mendapatkan poin.

Selain itu, terdapat juga tujuan permainan bola basket lain yang tak kalah pentingnya. Tetapi sebelum itu, simak dulu informasi singkat seputar pengertian dan sejarah olahraga ini, yuk!


Apa itu Olahraga Bola Basket?

Dalam KBBI, permainan bola basket adalah permainan menggunakan bola yang dilakukan dua regu. Masing-masing regu tersebut beranggotakan paling sedikit 5 orang. Kedua regu pun harus berupaya mengumpulkan angka dengan cara memasukan bola ke ring lawan. Tujuan permainan bola basket tidak hanya meraih kemenangan, tapi juga untuk melatih kecekatan pemain.


Bagaimana Sejarah Olahraga Bola Basket dan Siapa Penemunya?

Adanya olahraga bola basket berawal dari seorang guru bernama Dr. James A. Naismith yang mengajar senam di Springfield College, Massachusetts, Amerika Serikat. Dia melihat anak-anak didiknya merasa bosan jika hanya baris-berbaris saja dan melakukan senam. Naismith pun mencari cara bagaimana supaya mereka tidak merasa bosan lagi. Sempat berpikir untuk memainkan sepak bola, tapi rasanya tidak tepat bila dilakukan dalam ruangan.  

Awalnya Naismith memutuskan untuk menggabungkan permainan sepak bola dengan rugby dan lacrosse. Sayangnya, dia masih merasa bahwa permainan itu tidak cocok dilakukan dalam ruangan.  Sampai akhirnya dia teringat dengan permainan yang dimainkannya saat remaja di Ontario, Canada bernama Duck On A Rock. Permainan tersebut harus menjatuhkan batu di atas karang menggunakan batu lain. Jika berhasil, maka orang itulah pemenangnya.  Pada dasarnya, tujuan permainan bola basket dengan Duck On A Rock memiliki kesamaan yaitu mengarahkan benda ke target.

Setelah mengingat permainan masa remaja tersebut, Naismith menemukan ide untuk membuat inovasi baru. Dia minta muridnya membentuk regu yang berisikan 9 orang kemudian mereka harus melemparkan bola ke sasaran berupa keranjang yang diletakan di pinggir balkon setinggi 3 meter. Peraturan permainannya yaitu tidak boleh berlari ketika sedang memegang bola dan setiap orang yang mencetak angka terbanyak, itulah pemenangnya.  Jadi bisa dibilang bahwa yang menjadi tujuan permainan bola basket awal mulanya adalah untuk menghilangkan bosan.


Apa Saja Tujuan Permainan Bola Basket?

Seperti yang sudah diketahui bahwa olahraga bola basket merupakan permainan yang membutuhkan kerjasama tim. Dengan begitu mereka mampu memasukan bola ke dalam ring dan mencetak banyak angka demi kemenangan. Jadi, bisa dikatakan jika salah satu tujuan permainan bola basket adalah membangun kekompakan tim guna mencapai kemenangan. Tidak hanya itu, ada tujuan permainan bola basket lainnya yang mesti Kamu ketahui, seperti:   

  • Meningkatkan Kepercayaan Diri
    Setiap orang pastinya menginginkan kemenangan. Namun, untuk meraih kemenangan itu diperlukan kepercayaan diri. Olahraga bola basket juga memerlukan kepercayaan diri karena sangat mengandalkan strategi juga kekuatan individual. Untuk itu, tujuan permainan bola basket juga dapat meningkatkan kepercayaan diri masing-masing yang bisa diperoleh dari mana saja, entah itu dari setiap poin yang dicetak, dukungan, kemenangan, bahkan kekalahan. 
  • Menjaga Kestabilan Emosi
    Sama seperti jenis olahraga lainnya, salah satu tujuan permainan bola basket adalah mampu menjaga kestabilan emosi. Ini diperlukan supaya permainan berjalan lancar dan tidak berantakan.
  • Melatih Kekuatan Otot Tubuh
    Olahraga bola basket memerlukan stamina tinggi karena Kamu diharuskan untuk berlari, melakukan dribble dan passing, hingga melompat tinggi untuk memasukkan bola ke ring. Itulah mengapa permainan bola basket juga dapat meningkatkan stamina sekaligus melatih kekuatan otot tubuh.
  • Melatih Sikap Sportif
    Tidak kalah pentingnya dari tujuan permainan bola basket lainnya, yaitu melatih sikap sportif. Caranya dengan bermain secara fair, menerima kekalahan dengan lapang dada, menghargai kemenangan tim lain, dan tidak tersulut emosi atau provokasi.   


Apa Manfaat dari Permainan Bola Basket?

Tujuan permainan bola basket juga sama seperti olahraga lainnya, yaitu bisa menyehatkan tubuh. Dari segi kesehatan, terdapat segudang manfaat dari melakukan olahraga ini. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Tinggi Badan Jadi Bertambah
    Ring bola basket ini biasanya diletakkan di atas tiang setinggi 3 meter dari tanah. Posisi ini membuat para pemain harus meloncat supaya bisa memasukan bola ke dalam ring tersebut. Ini juga berkaitan dengan tujuan permainan bola basket untuk melatih kekuatan otot tubuh. Pasalnya, setiap pemain melakukan lompatan akan membuat tulang belakang, tulang kaki, dan otot kaki meregang sehingga tulang-tulang dalam tubuh akan memanjang dan tinggi badan pun jadi bertambah.
  • Menjaga Kesehatan Kardiovaskular
    Dalam olahraga ini, para pemain harus berlari dengan cepat, melakukan passing, dribbling, dan memasukan bola ke dalam ring. Hal tersebut pastinya membutuhkan stamina juga energi yang cukup sehingga permainan ini bisa dijadikan wadah untuk melatih kardiovaskular. Melatih kardiovaskular dengan berolahraga mampu menjaga kesehatan jantung serta kesehatan tubuh secara menyeluruh.


Cari Tahu Informasi Seputar Bola Basket dengan Berlangganan Paket Bebas Tanpa Batas dari IndiHome

Bila Kamu penggemar bola basket, wajib banget mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang olahraga ini. Biar aktivitas ini tidak terhambat jaringan internet lelet dan tidak stabil, beralih saja ke jaringan internet super cepat dari IndiHome. Caranya cukup dengan berlangganan Paket Bebas Tanpa Batas, Kamu bisa internetan sepuasnya dengan kecepatan hingga 50 Mbps.

Bukan itu saja, Kamu juga bisa akses berbagai tayangan unggulan dari channel TV berkualitas. Belum lagi Kamu bisa mengatur perangkat sendiri karena modem serta STB (Set Top Box) dapat dibeli dengan berlangganan paket ini. Semuanya bisa Kamu nikmati dengan biaya berlangganan yang super ekonomis dengan diskon hingga 39%, lho!

Paket Bebas Tanpa Batas tersedia dalam dua pilihan, yaitu:

  • Paket Bebas Tanpa Batas 1P (Internet Only)
    Dengan biaya berlangganan mulai Rp255.000/bulan, Kamu bisa internetan di jaringan super cepat IndiHome mulai dari 30 Mbps hingga 50 Mbps. 
  • Paket Bebas Tanpa Batas 2P (Internet + TV)
    Paket ekonomis yang menyediakan kecepatan internet 50 Mbps dengan biaya berlangganan Rp360.000/bulan. Dapatkan juga benefit lain berupa bebas akses hingga 100+ channel TV untuk menyaksikan berbagai tayangan unggulan setiap harinya.

Dengan adanya Paket Bebas Tanpa Batas dari IndiHome, Kamu tidak perlu khawatir lagi biaya langganan yang kemahalan untuk memenuhi kebutuhan online Kamu. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, berlangganan sekarang juga!