Tips Menjaga Kesehatan dan Pola Hidup Sehat Saat Bulan Puasa | IndiHome
21 APR 2021        BLOG

Tips Menjaga Kesehatan dan Pola Hidup Sehat Saat Bulan Puasa

Saat menjalankan puasa di bulan suci Ramadan, umat muslim dituntut untuk tetap dapat tampil bugar dan bertenaga agar aktivitas lancar. Selain itu, Anda juga dapat beribadah secara maksimal apabila tubuh bugar. Ada beberapa tips puasa sehat yang bisa dilakukan di bulan suci Ramadan agar tubuh bugar. 

Sebenarnya, berpuasa dengan tidak minum dan makan telah terbukti memberikan dampak yang sangat baik untuk kesehatan. Berpuasa terbukti akan membantu penderita diabetes dalam mengontrol gula darah. Puasa juga dapat memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik dan meningkatkan kesehatan otak. 

8 Tips Puasa Sehat agar Tubuh Tetap Bugar dan Bertenaga

  1. Jangan Lewatkan Sahur
    Sahur merupakan salah satu bagian terpenting dari puasa. Saat sahur, tubuh memperoleh nutrisi yang dibutuhkan selama menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu, Nabi Muhammad saw. sangat menganjurkan umatnya untuk sahur dan disunahkan untuk sahur mendekati waktu azan subuh.

    Hal ini bertujuan agar nutrisi dan cairan yang dibutuhkan tubuh masih ada di dalam tubuh dan belum selesai dicerna ketika Anda mulai berpuasa.

  2. Tidak Mengonsumsi Makanan Tinggi Kandungan Minyak
    Selain mengonsumsi sahur tepat waktu, tips puasa lainnya yang harus Anda perhatikan adalah tidak mengonsumsi makanan tinggi kandungan minyak terutama ketika sahur. Makanan tinggi kandungan minyak dapat menyebabkan penggumpalan sel darah merah.

    Penggumpalan sel darah merah akan menghambat aliran oksigen di dalam tubuh. Bahkan penurunan aliran oksigen dapat mencapai 20 persen. Hal ini akan menyebabkan Anda mudah mengantuk di siang hari.

  3. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin dan Mineral
    Vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh ketika menjalani ibadah puasa. Vitamin berfungsi untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh sehingga tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalani puasa.

    Konsumsi sumber vitamin dan mineral alami baik dari makanan dan minuman. Disarankan untuk banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan selama puasa terutama sayur dan buah-buahan tinggi kandungan air.

  4. Perbanyak Konsumsi Protein
    Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki kerusakan pada jaringan serta membantu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dibandingkan hanya mengonsumsi karbohidrat saja. Protein juga merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh terutama jika Anda harus menahan lapar lebih lama.

    Protein yang tersedia di alam meliputi protein hewani dan protein nabati. Sumber protein hewani seperti ayam, telur, daging sapi, ikan, udang, dan hati. Sementara sumber protein nabati berasal dari kacang-kacangan, tempe, dan tahu.

  5. Makan Secukupnya Saat Berbuka
    Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang saat berpuasa adalah berlebihan ketika berbuka puasa. Melihat makanan yang tersaji di depan mata saat berbuka memang terlihat sangat menggiurkan. Rasanya ingin menghabiskan semua makanan dan minuman segar yang terhidang.

    Padahal, Anda tidak disarankan untuk berbuka puasa dengan berlebihan. Konsumsilah makanan secukupnya saja agar tidak membuat perut terasa penuh dan sesak. Makan berlebihan saat berbuka justru membuat pencernaan kaget setelah sebelumnya kosong selama seharian.

    Alhasil, enzim pencernaan pun berkurang akibat lambung mengecil. Sebaiknya konsumsi makan dan minuman dilakukan secara bertahap dimulai dari minum air putih seteguk, makan ringan yang manis, baru kemudian makan besar setelah setengah atau satu jam kemudian.

  6. Makan Manis Bukan dari Gula
    Mayoritas masyarakat Indonesia masih berpikir bahwa saat berbuka kita disunahkan makan makanan manis. Alhasil, banyak masyarakat yang mengonsumsi makanan atau minuman manis yang berasal dari gula. Padahal, yang benar adalah saat berbuka kita disunahkan mengonsumsi buah kurma.

    Buah kurma sendiri memang secara alami terasa sangat manis berkat kandungan karbohidrat sederhana di dalamnya berupa glukosa. Bahkan, kandungan glukosa di setiap 100 gram kurma mencapai 25 gram, yakni sekitar 25%. Kurma juga sangat kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

  7. Perhatikan Pola Tidur
    Meski sedang berpuasa, Anda tetap harus memperhatikan pola tidur. Pastikan Anda tetap memperoleh waktu tidur yang mencukupi selama seharian. Sebaiknya beristirahat sebentar di siang hari sekitar 15 menit sampai 30 menit.

  8. Tetap Berolahraga
    Salah satu kunci tips puasa sehat yang sering sekali terlupakan oleh banyak orang adalah tetap aktif dan berolahraga. Banyak orang yang justru memanfaatkan momen puasa untuk bermalas-malasan seharian. Padahal, bermalas-malasan justru membuat tubuh semakin lemah dan tidak bertenaga. 

    Tetap aktif menjalankan aktivitas selama berpuasa terbukti dapat menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, berolahraga singkat selama puasa juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal paling penting yang perlu diperhatikan jika ingin berolahraga ketika berpuasa adalah jangan berlebihan.

    Pilihlah jenis olahraga yang aman untuk dilakukan selama berpuasa seperti jalan santai, joging, bersepeda atau naik turun tangga. Lakukan olahraga setidaknya 15 sampai 30 menit dalam sehari.

Tetap Terhubung dengan Internet di mana pun dengan Add-On Wifi.id Seamless

Kini, Anda bisa berkonsultasi secara online dengan dokter ataupun ahli gizi di mana pun dan kapan pun menggunakan add-on Wifi.id Seamless. Tanpa perlu membeli kuota data internet secara terpisah, Anda tetap bisa terhubung dengan internet meski berada di luar rumah atau kantor.

Anda cukup berlangganan add-on Wifi.id Seamless dari IndiHome untuk dapat terhubung dengan jaringan Wifi.id di ribuan titik di tanah air. Cukup dengan biaya sebesar Rp10.000 saja dan Anda dapat mengakses internet berkecepatan mencapai 100 Mbps.

Keunggulan berlangganan add-on Wifi.id Seamless adalah Anda dapat langsung terhubung dengan jaringan luas Wifi.id tanpa perlu menginputkan password dan username berkali-kali. Anda dapat berlangganan add-on Wifi.id Seamless melalui website IndiHome ataupun aplikasi myIndiHome dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Berlangganan add-on Wifi.id Seamless dari Aplikasi myIndiHome
    • Masuk ke aplikasi myIndiHome.
    • Klik ikon Beli yang ada di menu navigasi. Selanjutnya, klik Add-On.
    • Klik Wifi.id Seamless.
    • Di halaman Wifi.id Seamless pilih nomor IndiHome Anda dan klik Berlangganan.
    • Ceklis Syarat & Ketentuan, klik Berlangganan.
    • Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone melalui SMS.
    • Masukkan nama perangkat yang ingin ditambahkan di Wifi.id Seamless dan klik Simpan
    • Pengaktifan berhasil dilakukan.
  2. Berlangganan add-on Wifi.id Seamless dari Website IndiHome
    • Kunjungi website IndiHome.
    • Klik tombol Berlangganan yang ada pada halaman Wifi.id Seamless.
    • Login dengan memasukkan nomor handphone atau email yang Anda daftarkan.
    • Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone melalui SMS. 
    • Masukkan nama perangkat yang ingin ditambahkan di Wifi.id Seamless, klik Simpan.
    • Pengaktifan berhasil dilakukan.

Dengan berlangganan add-on Wifi.id Seamless, Anda dapat terhubung dengan koneksi internet cepat di mana pun Anda berada. Anda pun dapat melakukan konsultasi online dengan dokter terkait tips kesehatan serta nutrisi selama berpuasa agar Anda tetap sehat dan dapat terus beraktivitas.