Tips Mendapatkan Pekerjaan dengan Cepat untuk Fresh Graduate | IndiHome
11 JAN 2022        BLOG

Tips Mendapatkan Pekerjaan dengan Cepat untuk Fresh Graduate

Bagi lulusan baru yang belum memiliki pengalaman bekerja sama sekali, mungkin akan merasa minder ketika melamar kerja untuk pertama kalinya. Akan tetapi, sebenarnya Anda tidak perlu merasa pesimis. Apalagi, setelah tahu tips mendapatkan pekerjaan dengan cepat untuk fresh graduate.

Mendapatkan pekerjaan bagus dengan gaji lumayan merupakan dambaan setiap orang. Akan tetapi, di era modern ini persaingan dalam dunia kerja semakin ketat. Bahkan, tidak jarang proses mencari kerja menimbulkan rasa tertekan, terlebih kalau sudah berusaha keras tapi belum ada hasilnya.


9 Tips Mendapatkan Pekerjaan dengan Cepat

Tingginya tingkat persaingan di dunia kerja memang kerap membuat para fresh graduated merasa insecure. Namun, Anda tidak perlu pesimis lagi setelah mengetahui cara efektif cepat dapat kerja ini:

  1. Memperluas Koneksi
    Tidak dapat dipungkiri, kalau memiliki koneksi luas akan mendatangkan ragam manfaat. Salah satunya adalah ketika Anda membutuhkan pekerjaan. Punya banyak kenalan tentu akan membantu mempercepat mendapatkan informasi lowongan kerja sesuai kompetensi. Bahkan, tidak jarang mereka akan menawarkan atau menginformasikan loker yang sedang buka. 

  2. Rajin Menghadiri Job-Fair Events
    Salah satu upaya mendapatkan pekerjaan impian adalah dengan menghadiri acara job-fair secara rutin. Umumnya, ada puluhan bahkan ratusan lowongan kerja ditawarkan di event ini.

    Tidak jarang, perusahaan yang membuka lowongan kerja juga akan menyelenggarakan walk in interview atau menyeleksi calon karyawan pada saat acara berlangsung.

    Job fair events biasanya diadakan di aula yang dapat menampung ratusan hingga ribuan orang dari berbagai kalangan. Karenanya, tidak ada salahnya saat hadir di acara ini Anda juga membawa CV dan syarat melamar pekerjaan untuk mempercepat proses cari kerja.

  3. Manfaatkan Internet
    Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan sebagai sarana mencari pekerjaan. Melalui internet, Anda bukan hanya bisa menemukan berbagai informasi lowongan kerja, tapi juga dapat mengirimkan lamaran pekerjaan. Jadi, proses melamar kerja lebih efektif dan efisien.

    Saat ini, ada banyak sekali website yang khusus menyediakan informasi mengenai lowongan kerja, seperti Karir.com, LinkedIn, Jobs.id, JobsDB, Jobstreet, dan situs media sosial, seperti Instagram, dan lainnya. Anda bisa mengakses situs dan aplikasi loker melalui smartphone.
     
  4. Meningkatkan Kemampuan (Skill)
    Memiliki kelebihan memang akan menjadi poin plus tersendiri bagi pelamar kerja. Sebab skill tersebut sudah pasti akan dipertimbangkan oleh tim HRD. Terlebih lagi, jika kemampuan yang dimiliki sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan penyedia loker.

    Lantas, bagaimana jika merasa belum begitu memahami skill yang dimiliki? Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan bersertifikat sesuai passion. Anda dapat mendaftar di lembaga yang bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan atau melalui berbagai platform online.

  5. Lengkapi Data pada CV
    Jangan abaikan data yang dicantumkan pada CV. Selain mencantumkan data umum, Anda juga bisa menuliskan data pribadi agar peluang untuk diterima di perusahaan semakin besar.
     
  6. Membuat CV (Curriculum Vitae) Menarik
    CV merupakan salah dokumen yang wajib ada saat melamar pekerjaan. Saat membuat CV, sebaiknya tidak fokus pada detail isinya saja. Namun, perhatikan juga desain CV tersebut.

    Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat CV:
    • Gunakan bahasa formal
    • Aplikasikan template atraktif
    • Ukuran huruf ideal untuk dibaca
    • Kombinasi warna bagus

    Jika Anda tidak mahir dalam membuat CV, maka tidak perlu khawatir. Ada banyak jasa pembuatan CV offline dan online yang dapat dijadikan alternatif solusi membuat CV. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi. Namun, secara general bisa dikatakan sangat terjangkau.

  7. Aplikasi Lamaran Kerja Online
    Di zaman modern ini, tidak sedikit perusahaan menerapkan lamaran pekerjaan online untuk memudahkan pelamar kerja. Jadi, Anda yang berasal dari luar kota tetap bisa mengirimkan lamaran pekerjaan secara praktis hanya dengan modal gadget dan kuota internet.

  8. Membuat Surat Lamaran Kerja Secara Baik dan Benar

    Tidak sedikit fresh graduated yang masih belum memahami mengenai cara membuat surat lamaran kerja ke perusahaan. Apalagi, surat lamaran kerja bersifat resmi dan harus ditulis menggunakan bahasa formal sesuai dengan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

    Di bawah ini adalah daftar atau urutan isi surat lamaran kerja: 

    • Pembuka
    • Perkenalan
    • Data diri singkat
    • Maksud dan tujuan surat lamaran
    • Lampiran berkas
    • Penutup
  9. Selalu Optimis
    Saat menjalani proses interview lamaran kerja, usahakan Anda terlihat percaya diri dan tetap optimis dalam menjawab berbagai pertanyaan dari tim HRD. Rasa percaya diri akan menjadi nilai plus, sebab dapat membuat aura Anda terlihat lebih positif di mata para perekrut.

  10. Berdoa
    Umat Islam tentu sudah tidak asing dengan istilah ikhtiar (usaha), doa, dan tawakal (pasrah), bukan? Hal ini memang sangat bagus untuk diterapkan dalam berbagai kondisi, termasuk saat Anda mengajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan atau instansi tertentu.

    Setelah melakukan usaha ekstra dan mengirimkan lamaran pekerjaan. Selanjutnya, tugas Anda adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebab sejatinya, manusia hanya bisa berencana dan berusaha, namun yang menentukan hasil akhirnya tetaplah Tuhan.

Melamar Pekerjaan Menjadi Lebih Mudah dengan Internet Cepat Paket Pelajar dari IndiHome

Internet bukan hanya bisa jadi sarana mencari berbagai informasi penting seputar tips mendapatkan pekerjaan dan lowongan kerja yang tersedia. Namun, di era modern sekarang, Anda juga bisa mengirimkan berkas lamaran pekerjaan hanya dengan bermodal PC, smartphone, dan koneksi internet.

Hanya saja, untuk apply job secara online tentunya membutuhkan dukungan internet stabil. Jika Anda mengalami masalah dengan koneksi internet lambat dan putus-putus, maka tidak perlu cemas, Paket Pelajar dari IndiHome bisa jadi alternatif solusi terbaik untuk mengatasi masalah internet Anda.

Paket Pelajar bukan hanya dapat membuat kegiatan belajar online semakin lancar dengan koneksi internet super cepat dan stabil dari IndiHome. Akan tetapi, juga dapat membuat kegiatan internetan, termasuk apply job secara online menjadi lebih mudah, cepat, dan praktis.

Di bawah ini adalah pilihan Paket Pelajar dari IndiHome yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

  1. Paket 2P (Internet+Phone)
    Pelanggan akan mendapatkan benefit nyamannya internetan dengan pilihan kecepatan up to 20 - 30 Mbps, bebas nelpon lokal & interlokal selama 50 menit, dan free akses ke IndiHome Study. 
  2. Paket 3P (Internet+TV+Phone)
    Untuk mendapatkan benefit komplet, Anda bisa memilih Paket 3P (Internet+TV+Phone) guna memenuhi kebutuhan digital. Dengan paket ini, pelanggan bisa bebas internetan dengan kecepatan up to 20 - 30 Mbps, 50 menit telepon, nonton di 30+ channel TV pilihan, dan IndiHome Study.

Paket Pelajar dari IndiHome bukan hanya akan membantu Anda menemukan berbagai tips mendapatkan pekerjaan dengan cepat, tapi juga memudahkan Anda dalam apply job secara online. Selain itu, pilihan paket yang ditawarkan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan digital penghuni rumah.