Tips Memilih Desain Ruang Kerja Minimalis dan Ergonomis | IndiHome
27 DEC 2021        BLOG

Tips Memilih Desain Ruang Kerja Minimalis dan Ergonomis

Aktivitas WFH (Work From Home) memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja. Tidak sedikit pula yang merasa kesulitan beradaptasi dengan kebiasaan baru ini. Namun, Anda bisa mengaplikasikan desain ruang kerja minimalis dan ergonomis agar WFH tidak terasa monoton.

Selama masa bekerja dari rumah, hunian bukan hanya berfungsi sebagai tempat istirahat dan melepas lelah, namun juga tempat bekerja. Agar semangat kerja tidak kendor, maka Anda dituntut dapat menciptakan suasana kerja nyaman, bahkan meskipun sekarang bekerja di ruangan minimalis.


7 Tips Membuat Ruang Kerja Nyaman di Rumah Minimalis

Anda tinggal di sebuah hunian minimalis dan bingung bagaimana menciptakan serta mengatur ruang kerja yang nyaman? Tidak perlu bimbang, di bawah ini adalah beberapa tips memilih dan menerapkan desain ruang kerja minimalis namun menyenangkan di rumah mungil:

  1. Memilih Area yang Tepat
    Menambah area ruang kerja pada hunian minimalis memang selalu membawa dilema. Tidak jarang, untuk mengatasinya Anda harus mengakali penggunaan ruang secara multifungsi. Salah satunya adalah mengubah tampilan ruang tamu agar bisa dibagi dengan area kerja.

    Selain mengganti furnitur dengan ukuran lebih kecil, Anda juga bisa memanfaatkan sudut rumah dengan cara menambahkan meja lipat atau gantung yang lebih fleksibel.

    Namun, jika Anda tinggal dengan keluarga besar, dianjurkan tidak menempatkan ruang kerja di sekitar ruang keluarga, ruang makan, dan dapur. Sebab berpotensi mengganggu konsentrasi bekerja. Sebaiknya, pilihlah area yang lebih kondusif dan minim gangguan.

  2. Menggunakan Furnitur Tepat Guna
    Karena Anda akan menghabiskan waktu cukup lama di ruang kerja, maka pilihlah perabot yang bisa menimbulkan rasa nyaman. Misalnya, gunakan kursi yang dapat menopang punggung dengan baik, meja dengan tinggi sesuai, dan berikan cukup ruang untuk kaki.

  3. Memperhatikan Pencahayaan
    Anda mungkin sudah tahu mengenai hal ini, bahwa tingkat pencahayaan yang tepat akan memberikan dampak positif bagi kesehatan mata. Oleh karenanya, usahakan tidak memasang lampu terlalu terang sebab dapat membuat mata merasa cepat lelah.

    Akan tetapi, hindari pencahayaan terlalu redup sebab berpotensi membuat Anda mengantuk. Apabila bekerja menggunakan perangkat PC, dianjurkan menggunakan lampu bercahaya putih agar lebih balance. Di samping itu, perhatikan juga akses pencahayaan alami.

  4. Menentukan Tema Desain Ruang
    Tips penting lain dalam membuat desain ruang kerja minimalis dan ergonomis adalah menentukan tema ruang. Tampilan ruang kerja minimalis yang apik dan artistik terbukti mampu membangkitkan suasana hati dan kreativitas selama kegiatan bekerja.

    Anda dapat mengaplikasikan cat dinding berwarna pastel atau earth tone, dan dikombinasikan dengan dekorasi ruang atau pernak-pernik berkonsep senada. Akan tetapi, sebenarnya Anda bebas berkreasi dengan tema apa saja, yang penting tidak mengganggu proses bekerja.

  5. Tempat Penyimpanan Fungsional
    Ruangan yang tertata rapi pasti akan membantu Anda tetap fokus. Ada berbagai trik kreatif yang dapat dilakukan untuk membuat tempat penyimpanan fungsional, seperti daur ulang toples atau kardus, kemudian dijadikan wadah menyimpan buku dan pena.
     
  6. Manfaatkan Lemari Besar untuk Menyimpan Barang
    Lemari arsip dari material besi bukanlah furnitur menarik yang cocok diletakkan pada ruang kerja minimalis. Sebaliknya, Anda bisa memanfaatkan lemari kayu atau kaca berukuran cukup besar yang kira-kira bisa memuat koleksi buku, arsip, dan perlengkapan kerja lain.
     
  7. Hadirkan Ruang Kerja Ramah Lingkungan
    Selain bisa menjadi solusi kreatif menghemat uang, mendaur ulang barang-barang tidak dipakai sehingga dapat difungsikan sebagai dekorasi di ruang kerja juga merupakan sebuah langkah cerdas dalam menanggulangi bencana alam yang diakibatkan penumpukan sampah.

    Anda juga bisa mengganti beberapa peralatan kerja yang digunakan dengan bahan lebih ramah lingkungan, dan memaksimalkan penggunaan barang yang telah ada di rumah.


Referensi Desain Ruang Kerja Minimalis dan Ergonomis
untuk Rumah Mungil

Memiliki hunian mungil sebenarnya bukanlah penghalang untuk menciptakan workspace yang nyaman dan menyenangkan. Faktanya, ada berbagai desain ruang kerja yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi, beberapa di antaranya adalah seperti di bawah ini:

  • Ruang Kerja di Kamar Tidur
    Solusi paling mudah menciptakan ruang kerja di rumah adalah menempatkannya di salah satu sisi kamar tidur Anda. Supaya lebih nyaman, maka bisa mengubah dekorasi bedroom dan mengubah tata letak perabot untuk menyisihkan ruang kosong sebagai tempat meja kerja.
  • Ruang Kerja Sudut
    Bagian sudut ruang bisa dikosongkan untuk dimanfaatkan sebagai workspace minimalis. Cara membuatnya juga sangat mudah, sebab tinggal menambahkan meja lipat atau tempel di sudut ruangan, kemudian padukan dengan sebuah kursi ramping yang nyaman diduduki.
  • Ruang Kerja di Dalam Lemari
    Meskipun konsep desain ini terdengar sedikit nyeleneh, namun sebenarnya cukup layak untuk dicoba. Jika Anda mempunyai lemari berukuran besar, maka bisa dimodifikasi menjadi tempat kerja dengan rak bertingkat yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan.

Tambahan kursi kerja dan lampu gantung bisa jadi sebuah pilihan sempurna untuk membuat workplace minimalis Anda bukan hanya mendapat penerangan cukup, tapi juga artistik.

Temukan Tips Membuat Ruang Kerja Minimalis di Rumah dengan Dukungan Internet Stabil dengan Promo Melalui Platform Digital IndiHome

Mencari beragam tips mengenai cara membuat ruang kerja minimalis dan ergonomis untuk diaplikasikan pada hunian mungil di era digital sekarang memang bukan hal sulit. Pasalnya, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai opsi desain yang dapat dipilih sesuai keinginan.

Akan tetapi, tentunya Anda membutuhkan koneksi internet cepat dan stabil agar bisa mendapatkan desain seperti yang diimpikan. Lalu, bagaimana jika provider internet yang Anda gunakan tidak sesuai ekspektasi, seperti sinyal timbul tenggelam atau koneksi internet sangat lambat?

Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya sangat mudah. Anda bisa beralih dengan memilih salah satu paket internet unlimited andalan IndiHome, dengan Promo Melalui Platform Digital IndiHome.

Kenapa Harus Berlangganan Paket Internet di Promo Melalui Platform Digital IndiHome?

Selain menawarkan benefit berupa kenyamanan internetan di jaringan super cepat IndiHome, Promo Melalui Platform Digital IndiHome juga merupakan solusi terbaik untuk menikmati berbagai layanan digital, seperti telepon, channel TV interaktif, dan dapat banyak bonus langsung mulai dari cashback sampai merchandise eksklusif hanya dengan sekali bayar saja. Menarik sekali, bukan?

Di bawah ini adalah pilihan paket terbaik yang tersedia di Promo Melalui Platform Digital IndiHome.

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Internet di jaringan super cepat mulai 20 Mbps – 100 Mbps, terdapat pilihan bebas akses Disney+ Hotstar, telepon rumah 100 menit, dan cashback Rp100.000.
  • Paket 2P (Internet + TV)
    Internet di jaringan super cepat mulai 30 Mbps – 100 Mbps, bebas menyaksikan ragam tayangan di 90+ channel televisi lokal dan mancanegara, dan akses ke berbagai layanan streaming populer, seperti Disney+ Hotstar, UseeTV GO, dan lainnya, serta cashback Rp100.000.
  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Anda dapat menikmati kenyamanan berselancar di internet dengan kecepatan hingga 300 Mbps, menonton tayangan TV dan video interaktif pada 90+ channel favorit, gratis nelpon hingga 100 menit, dan juga menonton drama atau film favorit di berbagai aplikasi streaming populer, seperti Disney+ Hotstar, UseeTV GO, dan lainnya, serta cashback Rp100.000.

Promo Melalui Platform Digital IndiHome bukan hanya menawarkan solusi internet cepat dan stabil, sehingga Anda dapat menemukan cara membuat desain ruang kerja minimalis dan ergonomis. Namun juga berbagai layanan menarik lain yang bisa jadi solusi memenuhi kebutuhan digital Anda.