Tips Hidup Sehat untuk Membentengi dari Berbagai Penyakit dan Wabah | IndiHome
10 MAR 2021        BLOG

Tips Hidup Sehat untuk Membentengi dari Berbagai Penyakit dan Wabah

Tubuh yang sehat adalah idaman setiap orang. Sayangnya, seiring perkembangan zaman banyak orang yang justru mengabaikan faktor kesehatan karena berbagai macam alasan, salah satunya kesibukan. Padahal, tips hidup sehat sebenarnya tidaklah sulit bahkan cenderung tidak membutuhkan banyak biaya.

Anda bisa memulai hidup sehat hanya dengan mengubah pola hidup serba instan ke pola hidup yang lebih alami. Ada banyak keuntungan melaksanakan pola hidup sehat seperti memiliki imunitas tubuh yang kuat, mencegah penyakit degeneratif, hingga dapat menjaga kesehatan mental. 


7 Tips Hidup Sehat Mudah untuk Menghindarkan Tubuh dari Penyakit

  1. Memperbanyak Konsumsi Sayuran

    Sayuran sangat kaya akan vitamin, mineral, dan juga serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Kandungan mineral, vitamin, dan senyawa aktif di dalam sayuran berperan penting di dalam pertumbuhan serta pemeliharaan sistem tubuh. 

    Sementara serat di dalam sayuran berperan penting di dalam menjaga kesehatan organ pencernaan. Selain itu, konsumsi tinggi serat sangat disarankan bagi mereka yang sedang diet menurunkan berat badan. Hal ini karena serat dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. 

    Selain itu, serat memiliki manfaat dalam mencegah penyakit degenerative seperti stroke, jantung, serta diabetes yang berhubungan dengan kesehatan sistem pencernaan. Serat akan membantu pengontrolan gula darah serta menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.


  2. Mengurangi Konsumsi Kalori

    Kalori tentu dibutuhkan oleh tubuh sebagai energi dalam beraktivitas. Hanya saja, konsumsi terlalu banyak kalori justru dapat menyebabkan penambahan terhadap berat badan serta tubuh menjadi kurang sehat. Jumlah kalori normal yang dibutuhkan wanita rata-rata sebanyak 2000 kalori setiap hari.

    Sementara pria dewasa membutuhkan asupan kalori rata-rata sebanyak 2500 kalori setiap harinya. Mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi dapat dilakukan dengan cara mengurangi porsi makanan tinggi kalori seperti nasi, kentang, ataupun makanan sumber karbohidrat lainnya.

    Untuk membantu program penurunan kalori, Anda dapat mengganti konsumsi tinggi karbohidrat dengan protein. Protein dapat mempercepat proses pembakaran kalori di dalam tubuh karena metabolisme protein membutuhkan lebih banyak energi. 

    Meski Anda disarankan untuk mengkonsumsi tinggi protein, bukan berarti Anda tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali.


  3. Konsumsi Cukup Air Putih

    Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi air putih setiap hari. Air putih tidak hanya bermanfaat untuk membantu program penurunan berat badan dengan mengurangi rasa lapar seseorang, namun juga meningkatkan pembakaran kalori di dalam tubuh. 

    Selain itu, air putih berperan penting dalam membantu pembersihan racun-racun yang mengendap di dalam tubuh. Racun-racun tersebut akan dikeluarkan baik melalui keringat ataupun air seni. Sehingga konsumsi banyak air putih akan membantu pembuangan racun berbahaya dalam tubuh. 

    Jumlah asupan air putih yang disarankan setiap harinya adalah sebanyak 8 gelas penuh atau sekitar 2 liter. Hanya saja, jumlah air putih yang harus dikonsumsi oleh seseorang mungkin saja lebih tinggi apabila orang tersebut sangat aktif beraktivitas fisik. 


  4. Tidur yang Cukup

    Tidur dan istirahat yang cukup adalah kebutuhan utama bagi tubuh. Setelah seharian beraktivitas, tubuh membutuhkan istirahat agar sel-sel dalam tubuh dapat kembali aktif bekerja keesokan harinya.

    Bahkan, penelitian kesehatan telah membuktikan bahwa kurangnya tidur akan meningkatkan risiko penyakit jantung hingga obesitas. Durasi waktu tidur yang disarankan oleh ahli kesehatan bagi orang dewasa adalah selama 7 sampai 8 jam setiap harinya.

    Agar memperoleh tidur yang berkualitas, Anda disarankan untuk tidur dalam kondisi ruangan gelap total tanpa adanya cahaya dari lampu yang mengganggu. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi sebelumnya, terutama di sore hari. 


  5. Olahraga Rutin

    Olahraga merupakan bagian penting dalam memperoleh tubuh yang sehat dan bugar setiap hari. Para ahli kesehatan menyarankan agar setiap hari seseorang meluangkan waktu selama 30 menit untuk berolahraga. 

    Ada banyak manfaat yang diperoleh dari berolahraga rutin setiap hari baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Olahraga terbukti dapat menurunkan tingkat depresi karena olahraga merangsang diproduksinya hormon endorfin. 

    Hormon endorfin adalah hormon yang berfungsi untuk menghilangkan stres serta menghasilkan energi positif pada tubuh. Olahraga juga sudah lama dikenal sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes, alzheimer hingga stroke. 

    Olahraga akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Alhasil, tubuh pun akan lebih sehat dan aliran darah kembali lancar. 


  6. Berjemur Pagi

    Jangan takut terkena sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan karena akan merangsang tubuh untuk menghasilkan vitamin D. Vitamin D sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh secara alami. 

    Selain itu, berjemur di pagi hari ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Lama waktu berjemur yang disarankan cukup 15 menit saja setiap harinya. Sementara waktu terbaik untuk berjemur adalah sebelum pukul 10.00 pagi. 


  7. Hindari Makanan dan Minuman Manis
    Anda sebaiknya menghindari minuman dan makanan manis yang berasal dari gula. Penelitian yang dilakukan beberapa ahli kesehatan menunjukkan bahwa konsumsi minuman manis dengan gula dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. 

 

Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome untuk Menunjang Hidup Sehat Anda

Tidak semua orang tahu bagaimana memulai hidup sehat. Bahkan, masih banyak yang tidak mengerti makanan apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Untuk itu, berkonsultasi dengan dokter ataupun mencari informasi lebih lanjut mengenai kesehatan sangatlah penting. 

Untuk menunjang aktivitas Anda mencari informasi lebih lanjut terkait kesehatan, IndiHome menghadirkan paket lengkap, yaitu Paket 3P. IndiHome Paket 3P terdiri dari Internet, TV, serta bebas bicara melalui telepon rumah selama 300 menit. 

Dengan paket-paket menarik dari IndiHome ini diharapkan dapat mempermudah Anda mencari informasi kesehatan di internet. 

Ada 7 pilihan kecepatan internet, yaitu sebagai berikut:

  1. Kecepatan up to 20 Mbps dengan biaya sebesar Rp375.000
  2. Kecepatan up to 30 Mbps dengan biaya sebesar Rp450.000
  3. Kecepatan up to 40 Mbps dengan biaya sebesar Rp525.000
  4. Kecepatan up to 50 Mbps dengan biaya sebesar Rp590.000
  5. Kecepatan up to 100 Mbps dengan biaya sebesar Rp945.000
  6. Kecepatan up to 200 Mbps dengan biaya sebesar Rp1.665.000
  7. Kecepatan up to 300 Mbps dengan biaya sebesar Rp2.655.000

Dengan berlangganan salah satu kecepatan di atas, Anda mendapatkan fasilitas berupa telepon lokal dan interlokal selama 300 menit, akses ke 111 saluran TV interaktif, serta bebas akses aplikasi UseeTV GO. 

Lakukan beberapa tips sehat di atas secara teratur untuk memperoleh kondisi fisik dan mental yang lebih baik. Apalagi di tengah masa pandemi saat ini, tentu kita dituntut untuk memiliki sistem imun yang kuat. Gunakan Paket 3P dari IndiHome untuk mencari tahu lebih banyak mengenai tips hidup sehat.