Susah Fokus? 5 Aplikasi Mobile Ini Bisa Jaga Konsentrasi Agar Tidak Mudah Buyar | IndiHome
10 MAR 2022        BLOG

Susah Fokus? 5 Aplikasi Mobile Ini Bisa Jaga Konsentrasi Agar Tidak Mudah Buyar

Menjauh dari hiruk pikuk kebisingan bukanlah hal yang cukup untuk membuat seseorang fokus dalam belajar maupun bekerja. Terkadang kita akan selalu terdistraksi jika muncul notifikasi pada handphone. Untuk itu, seiring dengan perkembangan teknologi, para pengembang aplikasi tertarik untuk membuat aplikasi mobile penjaga konsentrasi.

Apa saja aplikasi mobile penjaga konsentrasi tersebut? Tetapi, sebelum mengetahui rekomendasi aplikasi yang dapat menjaga konsentrasi, sebaiknya Anda mengetahui dulu penyebab hilangnya konsentrasi serta cara agar fokus ketika bekerja.


Penyebab Hilangnya Konsentrasi Saat Melakukan Sebuah Pekerjaan  

Di bawah ini terdapat dua penyebab utama hilangnya konsentrasi dan peranan penting aplikasi mobile untuk mengembalikan fokus Anda.

  • Media Sosial
    Seperti yang kita ketahui, media sosial merupakan penyebab utama seseorang kehilangan konsentrasi saat sedang melakukan suatu pekerjaan. Biasanya Anda akan ketagihan untuk melihat layar smartphone terus menerus karena banyaknya notifikasi yang masuk. Mulai dari notifikasi chat, aplikasi shopping, atau jaringan internet. Itulah mengapa aplikasi mobile penjaga konsentrasi sangat penting guna meminimalisir notifikasi masuk ke smartphone Anda.
  • Mengerjakan Beberapa Pekerjaan dalam Satu Waktu
    Bagi para perfeksionis biasanya mereka akan melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Tujuannya agar pekerjaan lebih cepat selesai. Padahal deadline satu pekerjaan ke pekerjaan lain berjauhan. Meski ingin cepat menyelesaikan pekerjaan karena ingin bersenang-senang kemudian, justru hal ini akan memicu stres. Akibatnya Anda pun akan mudah kehilangan konsentrasi karena tubuh diforsir terlalu keras. Aplikasi mobile penjaga konsentrasi dapat membantu Anda untuk meminimalisir stres sekaligus mengatur pekerjaan dengan baik.

    Itulah beberapa penyebab seseorang bisa kehilangan konsentrasi saat bekerja. Lalu, apa saja aplikasi mobile untuk menjaga konsentrasi?


5 Rekomendasi Aplikasi
Mobile untuk Menjaga Konsentrasi saat Bekerja

Aplikasi mobile dapat membantu Anda menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satunya dalam menjaga konsentrasi. Berikut ini rekomendasi aplikasi mobile yang bisa Anda gunakan agar tetap fokus saat bekerja.

  • Focus To-Do
    Aplikasi mobile penjaga konsentrasi yang satu ini dapat digunakan sebagai Pomodoro timer yang akan membuat Anda fokus selama durasi waktu tertentu. Selain itu, Focus To-Do  memiliki banyak fitur menarik seperti fitur yang dapat memblokir sementara beberapa aplikasi yang dapat mengganggu konsentrasi saat bekerja.
  • FLIP
    Selain meningkatkan konsentrasi, aplikasi mobile untuk meningkatkan fokus yang satu ini memiliki fitur menarik yang dapat memasukkan jadwal aktivitas penggunanya. Bahkan setiap harinya, FLIP akan memberikan laporan perkembangan fokus penggunanya yang telah dirangkum secara otomatis.
  • Study Bunny
    Aplikasi mobile yang satu ini berbeda dengan aplikasi lainnya yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi. Study Bunny akan mengajak Anda untuk fokus belajar dengan cara menyenangkan, seperti mendapatkan koin ketika Anda telah berhasil fokus pada waktu tertentu. Koin tersebut dapat digunakan untuk membeli barang-barang yang tersedia di aplikasi secara langsung. 
  • Forest
    Sesuai dengan namanya, pada aplikasi ini terdapat pohon yang telah Anda tanam. Proses konsentrasi penggunanya akan berpengaruh pada tumbuh kembang pohon tersebut. Jadi, ketika Anda berkonsentrasi saat bekerja, maka pohon ini akan tetap hidup dan tumbuh. Namun, jika tergoda untuk menggunakan ponsel ataupun membuka aplikasi lainnya, pohon ini akan langsung mati.
  • Focus Plant
    Aplikasi mobile yang satu ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan konsentrasi dalam melakukan suatu pekerjaan dan meningkatkan produktivitas. Tidak hanya itu, aplikasi ini dapat meminimalisir penggunaan smartphone. Jika penggunanya berhasil melepaskan smartphone saat sedang melakukan suatu hal, maka waktu yang telah dihitung oleh timer dapat menghasilkan air hujan untuk menumbuhkan berbagai tanaman.


Mengakses Aplikasi
Mobile Semakin Lancar dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Agar bisa menggunakan berbagai aplikasi mobile untuk kebutuhan sehari-hari dengan lancar, tentunya Anda perlu didukung oleh jaringan internet yang cepat dan stabil . Untuk mendapatkan akses internet yang lancar, IndiHome menghadirkan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar).

Selain akses internet super cepat hingga 100 Mbps, Anda juga akan mendapatkan berbagai keuntungan lain seperti bonus nelpon hingga 100 menit, bebas akses ke ratusan channel TV unggulan serta bonus tambahan 57 channel TV minipack Upgrade Essential selama 3 bulan dan cashback LinkAja sebesar Rp100.000, lho! Berikut ini pilihan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar):

  • Paket 2P (Internet+Phone) dengan kecepatan hingga 100 Mbps dan biaya berlangganan mulai dari Rp300ribu-an saja per bulan. Anda akan mendapatkan bonus nelpon lokal/interlokal selama 100 menit, bonus cashback LinkAja Rp100.000, dan bebas akses berbagai tayangan berkualitas dari Disney+ Hotstar.
  • Paket 2P (Internet+TV) dengan kecepatan internet mulai dari 30 Mbps hingga 100 Mbps dan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Anda juga akan mendapatkan bonus cashback LinkAja Rp100.000, bebas akses tayangan berkualitas di 100 channel TV dan ekstra 57 channel TV selama 3 bulan serta bebas nonton berbagai tayangan berkualitas dari Disney+ Hotstar. Untuk kecepatan internet 50 Mbps dan 100 Mbps, Anda juga mendapatkan bebas akses MOLA, WeTV iflix, CATCHPLAY+, Vidio dan minipack IndiMovie 2.
  • Paket 3P (Internet+TV+Phone) mulai dari 30 Mbps hingga 100 Mbps dan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Melalui paket lengkap ini, Anda akan mendapatkan bonus nelpon hingga 100 menit di jaringan lokal/interlokal, cashback LinkAja Rp100.000, bebas akses tayangan berkualitas di 100 channel TV dan ekstra 57 channel TV selama 3 bulan serta bebas nonton berbagai tayangan berkualitas dari Disney+ Hotstar. Untuk kecepatan internet 50 Mbps dan 100 Mbps, Anda juga mendapatkan bebas akses MOLA, WeTV iflix, CATCHPLAY+, Vidio dan minipack IndiMovie 2.

Mengakses aplikasi mobile untuk meningkatkan fokus jadi semakin lancar dengan internet cepat dan stabil dari IndiHome. Yuk, langganan sekarang!