Pentingnya Mengonsumsi Mineral dan Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi | IndiHome
5 AUG 2021        BLOG

Pentingnya Mengonsumsi Mineral dan Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

Mengonsumsi mineral dan vitamin untuk daya tahan tubuh memang jadi hal esensial di masa pandemi sekarang ini, karena tubuh membutuhkan zat tersebut untuk meningkatkan sistem imun. Selain dari suplemen, kebutuhan vitamin dan mineral juga bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan.

Menurut pakar diet, Maxine Smith, konsumsi makanan sehat merupakan cara terbaik menjaga sistem imun, sebab sistem kekebalan tubuh sangat bergantung pada makanan bergizi seimbang. Sebab, makanan sehat mengandung beragam zat, termasuk vitamin dan mineral sebagai support imun.

Ini Pentingnya Konsumsi Vitamin Selama Pandemi COVID-19

Vitamin merupakan zat organik yang terkandung dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Konsumsi mineral dan vitamin sangat dibutuhkan tubuh guna menunjang fungsi kerja organ tubuh sehingga tetap fit menjalankan aktivitas. Tanpa asupan cukup, maka tubuh akan mudah diserang penyakit.

Kebutuhan asupan vitamin dan mineral dapat terpenuhi dengan menerapkan pola makan yang baik. Akan tetapi, perlu diingat bahwa kebutuhan gizi setiap orang berbeda-beda. Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan, sebab energi yang keluar harus dikembalikan.

Agar terhindar dari virus Corona, selain mencukupi nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral, Anda juga harus terus melakukan kegiatan fisik. Hal tersebut bertujuan agar semua nutrisi dan vitamin yang masuk bisa efektif dalam menunjang kinerja tubuh.

Usaha dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sejatinya tidak bisa didapatkan hanya dengan sekadar memperbaiki satu faktor, seperti pola makan saja. Anda juga perlu mencari keseimbangan di antara semua aspek, mulai dari makanan, minuman, kualitas tidur, aktivitas fisik, hingga tingkat stres.

8 Mineral dan Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

  1. Vitamin A
    Vitamin A tersedia dalam makanan hewani, seperti daging, ikan, produk susu, atau karotenoid tumbuhan. Jenis ini vitamin ini merupakan penangkal infeksi yang juga terkenal bagus dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, di mana hal tersebut sangat dibutuhkan selama pandemi.

    Makanan hewani lain yang kaya dengan kandungan vitamin A, antara lain adalah tuna. Akan tetapi, Vitamin A juga bisa didapatkan dalam sayuran berdaun hijau, labu, blewah, dan umbi-umbian, seperti ubi jalar dan wortel. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kesukaan.

 

 

  1. Vitamin B Kompleks
    Mau daya tahan tubuh selalu terjaga? Vitamin B kompleks (termasuk vitamin B6 dan B16) wajib masuk dalam daftar yang harus dikonsumsi. Kekurangan vitamin B akan membuat sistem imun menjadi lemah sehingga tubuh mudah terserang berbagai virus dan penyakit.

    Selain mengonsumsi dalam bentuk suplemen, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin B dari beberapa jenis makanan, termasuk ayam dan sayuran hijau, contohnya adalah buncis.

 

 

  1. Vitamin C
    Konsumsi vitamin C secara rutin bukan hanya dapat meningkatkan imunitas tubuh supaya terhindar dari penyakit. Namun, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan. Vitamin C berperan penting dalam mencegah terjadinya infeksi serta mempercepat penyembuhan.

    Selain jeruk, vitamin C juga bisa diperoleh pada beberapa makanan, seperti:

    •   Stroberi
    •   Pepaya
    •   Paprika
    •   Bayam
    •   Kubis
       
  1. Vitamin D
    Tubuh membutuhkan asupan nutrisi cukup, termasuk di antaranya vitamin D. Jenis vitamin ini dapat larut dalam tubuh sehingga sangat bagus untuk mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Di samping itu, vitamin D juga dapat membantu mengurangi peradangan. 

    Mendapatkan cukup asupan vitamin D juga mengurangi resiko infeksi saluran pernafasan. Anda bisa memperoleh jenis vitamin ini dari sinar matahari, dan beberapa makanan seperti:

    •   Ikan tuna
    •   Ikan salmon
    •   Ikan sarden
    •   Ikan makerel
    •   Sereal
    •   Susu

  1. Vitamin E
    Untuk memperkuat sistem imun, tubuh juga membutuhkan asupan vitamin E. Vitamin satu ini memiliki peran sebagai antioksidan yang membantu tubuh dalam melawan infeksi. Perlu diketahui, vitamin E merupakan bagian dari hampir 200 reaksi biokimia di dalam tubuh. 

    Vitamin E dapat ditemukan pada berbagai jenis makanan di bawah ini.

    •   Kacang almond
    •   Kacang hazel
    •   Biji bunga matahari
    •   Minyak kedelai
    •   Minyak bunga matahari

  1. Zat Besi

    Fungsi utama zat besi adalah membantu tubuh menyalurkan oksigen ke semua sel, termasuk sel yang berperan dalam mendukung kinerja sistem kekebalan. Oleh sebab itu, pastikan tubuh Anda tidak mengalami defisit zat besi di masa pandemi virus Corona saat ini. 

    Asupan zat besi bisa didapatkan dari jenis makanan berikut ini: 

    •   Ayam
    •   Daging merah
    •   Sarden kaleng
    •   Kerang
    •   Remis
    •   Tiram

  1. Seng (Zink)

    Kekurangan seng dapat mempengaruhi kekebalan tubuh sehingga meningkatkan resiko terserang infeksi dan penyakit, salah satunya adalah pneumonia. Seng dibutuhkan tubuh dalam memproduksi sel sistem kekebalan baru yang dapat membentengi diri dari virus. 

    Di bawah ini adalah beberapa makanan yang mengandung zink. 

    •   Kepiting
    •   Kacang panggang
    •   Daging merah
    •   Tiram
    •   Unggas tanpa lemak
    •   Buncis
    •   Yoghurt
       
  1. Selenium

    Mengonsumsi suplemen yang mengandung zat selenium dapat membantu meningkatkan pertahanan anti virus dalam tubuh, mencegah terjadinya infeksi serta penyakit influenza. 

    Berikut adalah daftar makanan yang kaya selenium:

    •   Tuna
    •   Sarden
    •   Halibut
    •   Unggas
    •   Daging merah

    Namun, jika Anda adalah seorang vegetarian, maka asupan selenium bisa didapatkan dari:

    •   Brokoli
    •   Kacang polong
    •   Kubis

 

Cari Tahu Vitamin untuk Meningkatkan Sistem Imun agar Terhindar dari Virus Corona dengan Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome!

Update terhadap berbagai informasi memang dituntut selama pandemi, apalagi sejak diberlakukannya PPKM Darurat di berbagai daerah di Indonesia. Selain mencari tahu berita terbaru, Anda juga harus membekali diri dengan pengetahuan mengenai cara meningkatkan sistem imun.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari memiliki peran penting bagi tubuh. Selain sebagai sumber tenaga, Anda juga harus memastikan kalau makanan kaya akan mineral dan vitamin yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

Kalau sistem imun kuat, maka kecil kemungkinan tubuh akan terserang virus yang mengakibatkan sakit. Selain itu, beberapa jenis vitamin dan zat juga dapat mempercepat proses penyembuhan. Agar lebih mudah dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, Anda bisa browsing melalui internet.

Koneksi internet di rumah tidak stabil dan sering hilang? Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome bisa menjadi alternatif kebutuhan digital untuk Anda dan seluruh anggota keluarga di rumah.

Selain bisa bebas internetan di jaringan stabil dengan kecepatan hingga 300 Mbps, Anda juga dapat mencari informasi seputar tips kesehatan melalui tayangan televisi interaktif. Pelanggan Paket 3P (Internet + TV + Phone) bisa mengakses lebih dari 100 channel TV interaktif dan edukatif.

Bukan hanya itu, Anda masih mendapatkan bonus nelpon selama 300 menit. Jadi, meskipun pandemi, tetap bisa bersilaturahmi dengan kerabat dan sahabat tanpa hambatan. Pelanggan juga akan mendapatkan ragam opsi bonus yang bisa dipilih, mulai dari Movies, Kids, dsb.

Berlangganan Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome bukan hanya memudahkan Anda dalam mencari informasi mengenai makanan yang mengandung vitamin untuk daya tahan tubuh. Namun, juga menjadi solusi cerdas untuk memenuhi kebutuhan digital keluarga selama pandemi.