Pengertian NFT dan Bagaimana Cara Kerjanya | IndiHome
25 FEB 2022        BLOG

Pengertian NFT dan Bagaimana Cara Kerjanya

NFT atau Non Fungible Token ramai diperbincangkan di Indonesia setelah Ghozali Everyday berhasil mengantongi uang miliaran rupiah dari menjual foto selfie dirinya dalam bentuk NFT. Sejak saat itu, banyak masyarakat Tanah Air yang penasaran dengan teknologi ini. Selain Ghozali, masyarakat dunia pun sudah menggunakan NFT untuk menjual karya seni virtual hingga makanan dan cuitan yang unik. Di kalangan investor muda, NFT sedang banyak digandrungi. Bahkan di tahun 2017 saja, keuntungan yang diraih dari NFT bisa mencapai 174 juta dolar AS.

Lantas apa sebenarnya pengertian NFT itu? Bagaimana cara membuat dan menggunakan NFT, terlebih untuk menghasilkan cuan seperti Ghozali Everyday?

Pengertian NFT

Dilansir dari Forbes, pengertian NFT atau Non Fungible Token adalah aset digital yang dapat mewakili objek dunia nyata seperti lukisan, seni musik, video pendek, hingga item dalam game. Objek tersebut bisa dibeli dan dijual secara online dengan menggunakan cryptocurrency sebagai alat tukarnya. Sementara itu, dalam buku NFT & Metaverse: Blockchain, Dunia Virtual, & Regulasi, pengertian NFT adalah aset digital di jaringan blockchain yang memiliki kode identifikasi dan metadata unik atau berbeda satu sama lain (one of the kind).

Sebenarnya NFT sudah ada sejak tahun 2012 lalu, namun semakin populer seiring berkembangnya dunia digital. Apalagi, dilihat dari pengertian NFT sendiri, teknologi ini menawarkan metode praktis untuk membeli dan menjual karya seni digital. NFT juga dianggap sebagai transaksi yang bersifat terbatas karena memiliki kode pengenal unik, berbeda dengan kebanyakan karya digital lain yang memiliki pasokan hampir tak terbatas. Kepemilikan aset digital NFT memang terbatas untuk satu orang saja, tapi siapa pun masih tetap bisa melihat secara keseluruhan aset digital yang dijual.

Karakteristik NFT

Selain memahami pengertian NFT, Anda pun perlu mengetahui apa saja karakternya. Menurut buku NFT & Metaverse: Blockchain, Dunia Virtual, & Regulasi, karakteristik NFT meliputi:

 

  • Unik
    Melalui NFT, Anda bisa menciptakan aset digital unik dan tidak memiliki kesamaan dengan yang lainnya. Karakteristik unik dari NFT lainnya yaitu jejaknya yang terekam dalam jaringan blockchain.

 

  • Mudah Dilacak
    Pergerakan, sumber, dan kepemilikan NFT bisa dilihat dalam jaringan blockchain sehingga sangat mudah untuk dilacak. Hal ini menegaskan bahwa NFT bersifat transparan dan pelacakannya pun bisa dilakukan secara real time.

 

  • Autentikasi
    Karakteristik yang satu ini mencegah aset digital NFT untuk diduplikasi atau dipalsukan. Setiap token memiliki ledger (buku besar digital) yang tidak dapat diubah dengan jaringan terdesentralisasi. Inilah yang memungkinkan setiap token dapat diautentikasi.

 

  • Bisa Beradaptasi
    Aset digital NFT mudah berbaur dengan ekosistem lain yang terdapat dalam metaverse. Metaverse sendiri mendukung penerapan dan penggunaan NFT. Nantinya Anda bisa memperjualbelikan aset digital di berbagai platform marketplace pendukung NFT.

Cara Kerja NFT

Karena bagian dari blockchain, aset NFT memerlukan proses verifikasi sebagai bukti bahwa Anda memang pemilik tunggal dari aset digital yang dibeli. Setelah melakukan pembayaran, tidak akan ada pihak yang bisa membatalkan kepemilikan aset digital berbentuk NFT tersebut. Karena sifatnya yang eksklusif dan unik, aset digital NFT tidak bisa diproduksi berulang. Namun, agar aset digital Anda bisa diperjualbelikan, NFT harus melalui proses minting terlebih dahulu. Apa sih pengertian minting NFT tersebut?

Pengertian minting NFT adalah proses perubahan file digital menjadi aset dalam blockchain atau koleksi kripto. Untuk melakukan proses ini, Anda memerlukan marketplace yang berperan sebagai agen minting atau pihak ketiga. Beberapa contoh marketplace dalam dunia NFT di antaranya OpenSea, Mintable, Theta Drop, atau MakersPlace.

Contoh Penerapan NFT

Setelah mengetahui pengertian NFT dan cara kerjanya, saatnya Anda mengetahui bagaimana konsep NFT diterapkan di zaman sekarang. Faktanya, saat ini NFT sudah diterapkan di berbagai industri lain, di antaranya:

 

  • Sektor Kesenian
    NFT mendapatkan tempat khusus di dunia kesenian. Melalui teknologi ini, seniman bisa menjual hasil karyanya dengan mudah. Selain itu, keunikan dan karakteristik NFT telah berhasil mengembangkan industri seni digital. NFT menawarkan jaminan untuk karya seni digital yang dibuat sehingga dapat menghindari hal-hal yang dapat merugikan para seniman, seperti pencurian kreatif dan plagiarisme. Dalam NFT juga terdapat sistem smart contact, dimana para seniman dapat mencatat jumlah royalti dari setiap karya yang dijual.

 

  • Sektor Bisnis
    Dalam dunia bisnis, NFT kerap kali digunakan sebagai penghubung aset fisik seperti bukti kepemilikan properti. Bukti tersebut dianggap akan terjamin keamanannya bila disimpan dalam blockchain melalui proses verifikasi singkat. Dengan begitu, surat-surat berharga tidak akan hilang atau dicuri orang karena kepemilikan surat tersebut sudah tertera dalam blockchain.

 

  • Sektor Hiburan
    NFT menghadirkan pasar barang-barang koleksi industri hiburan yang memiliki potensi seperti avatar unik dari CryptoPunks, cuplikan pertandingan dari NBA Top Shot, kucing virtual dari CryptoKitties, dan sebagainya. Kabarnya, barang koleksi atau collectible items tersebut diprediksi memiliki nilai yang paling menjanjikan di dunia kripto. Sementara itu, di industri game yang menggunakan NFT, skema yang diterapkan adalah pay to earn. Artinya, pemain dapat memperoleh token dengan aktif memainkan game tersebut. 

Cari Tahu Lebih Banyak Seputar NFT dengan Jaringan Internet Stabil dari IndiHome

Meskipun baru populer belakangan ini, NFT merupakan aset digital yang menjanjikan. Di tahun 2022, NFT juga menjadi fenomena besar dan digadang-gadang sebagai lahan investasi menguntungkan di masa depan. Biar tidak ketinggalan, Anda pun bisa menggunakan NFT untuk menjual atau membeli aset digital yang menarik. Perhatikan dan cari tahu lebih banyak aset digital yang ingin Anda jual atau beli ya, pastikan aset tersebut legal.

Anda bisa mencari tahu lebih banyak seputar NFT dengan berlangganan paket dalam Promo Melalui Platform Digital dari IndiHome yang hadir dalam beragam pilihan paket dengan kecepatan internet hingga 300 Mbps. Dengan biaya berlangganan yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp200 ribuan per bulan, Anda bisa membuat dan bertransaksi aset digital berbasis NFT tanpa terhambat jaringan. Selain jaringan internet stabil, Anda juga bisa menikmati berbagai keuntungan lain yang ditawarkan oleh paket ini. Mulai dari tontonan menarik di 90+ channel TV, akses ke berbagai layanan streaming populer, gratis nelpon hingga 100 menit, hingga cashback sebesar Rp100.000. Yuk, langganan IndiHome sekarang juga!