Mengenal Teknik Dasar Bermain Sepak Bola | IndiHome
28 JUN 2022        BLOG

Mengenal Teknik Dasar Bermain Sepak Bola

Tidak diragukan lagi bahwa sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang paling banyak diminati di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Setiap pertandingannya pasti selalu ramai penonton. Sepak bola juga menjadi sarana hiburan bagi masyarakat luas, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Olahraga ini kian diminati karena teknik dasar dalam bermain sepak bola sangat mudah untuk dipahami oleh banyak kalangan.

Berbicara tentang teknik dasar dalam bermain sepak bola, hal ini perlu diketahui guna menguasai cara yang benar sekaligus mencegah terkena cedera. Lalu, apa saja teknik dasar tersebut?  Yuk, simak penjelasan berikut!


Apa itu Olahraga Sepak Bola?

Sepak bola merupakan permainan yang menggunakan bola dengan dua tim berbeda. Setiap timnya beranggotakan 11 orang. Masing-masing tim harus berusaha memasukkan bola tersebut ke gawang lawan sambil digiring dengan kaki. Salah satu peraturan dan teknik dasar dalam bermain sepak bola adalah hanya keeper atau penjaga gawang saja yang boleh menyentuh bola dengan tangan, sedangkan pemain lain wajib menggiringnya menggunakan kaki. 

Olahraga sepak bola atau football dilakukan di atas lapangan sepanjang 90-120 meter dengan lebar 45-90 meter. Olahraga ini melibatkan pergerakan fisik, mental, motorik kasar dan motorik halus. Tentunya aspek-aspek tersebut membutuhkan teknik dasar yang baik dan benar dalam memainkannya agar terhindar dari cedera seperti keseleo atau patah tulang. 


Dari Mana Asal Olahraga Sepak Bola?

Permainan sepak bola diyakini sudah ada di Tiongkok sejak abad ke-3 dengan nama cuju. Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara menggiring bola berbentuk bundar menggunakan kaki di atas bidang tanah persegi. Banyak juga negara-negara yang mengatakan bahwa permainan ini diawali oleh Bangsa Yunani Kuno dan Roma. Itulah mengapa cukup sulit untuk menemukan negara atau grup mana yang pertama kali memperkenalkan cara dan teknik dasar bermain sepak bola.

Meskipun begitu, sepak bola modern lahir pada tahun 1863 ketika asosiasi sepak bola Inggris (The Football Association) didirikan. Lalu, 20 tahun kemudian turnamen internasional mulai digelar yang melibatkan Inggris, Irlandia, Skotlandia, dan Wales. Selanjutnya, pada tanggal 21 Mei 1904, Federation International Football Association (FIFA) mulai didirikan. Mereka juga memperkenalkan seperti apa teknik dasar bermain sepak bola yang seharusnya.


Apa Saja Manfaat Olahraga Sepak Bola?

Tidak hanya teknik dasar saja, Anda juga harus mengetahui manfaat dari bermain sepak bola, yaitu:

  • Meningkatkan Kebugaran dan Stamina
    Berbagai kombinasi teknik dasar dalam bermain sepak bola seperti berlari, jalan kaki, dan menendang bisa meningkatkan stamina tubuh, kesehatan jantung, penurunan berat badan, juga kekuatan tonus otot dan tulang. Itulah kenapa para atlet sepak bola terlihat lebih sehat dan bugar ketika melakukan berbagai aktivitas. 
  • Baik untuk Kesehatan Mental
    Berolahraga sepak bola dengan baik juga bisa memberikan manfaat terhadap kesehatan mental. Hal ini sudah terbukti dengan banyaknya para atlet yang memiliki kepercayaan diri lebih tinggi dibandingkan dengan teman-temannya yang berbeda profesi. Itulah kenapa berolahraga sangat dianjurkan bagi remaja yang sering mengalami perubahan suasana hati secara drastis untuk menghilangkan stres. Jika Anda menyukai sepak bola, tidak ada salahnya untuk sesekali melakukan olahraga ini.   

 

Teknik Dasar Bermain Sepak Bola

Bagi Anda yang masih mendalami cabang olahraga satu ini, berikut beberapa teknik dasar bermain sepak bola yang paling umum untuk diketahui, yaitu:

  • Menggiring Bola (Dribbling)
    Ini merupakan teknik dasar dalam bermain sepak bola yang wajib diketahui sebelum menguasai teknik lainnya. Ada dua cara dalam menggiring bola, yaitu speed dribbling dan closed dribbling. Untuk melakukan speed dribbling, Anda harus berlari dan sedikit menendang bola ke depan lalu mengejarnya.

    Sedangkan untuk melakukan closed dribbling, Anda harus menggiring bola dan mengontrol secara seksama. Hal ini bisa dilakukan ketika Anda dihimpit oleh lawan.
  • Menendang Bola (Shooting)
    Teknik dasar bermain sepak bola selanjutnya adalah menendang atau shooting. Melakukan tendangan bisa dilakukan sebagai upaya untuk membobol gawang tim lawan atau melakukan passing. Untuk melakukannya, Anda harus menggunakan kaki bagian dalam, luar atau punggung kaki. Jika menggunakan jempol kaki, besar kemungkinan jari jempol tersebut akan cedera.
  • Mengoper Bola (Passing)
    Teknik dasar bermain sepak bola satu ini berguna untuk mengelabui lawan dibandingkan dengan dribbling yang hanya mengandalkan kekuatan satu orang. Ada tiga cara yang bisa digunakan, yaitu passing pendek, passing panjang dan jauh, serta through pass. Untuk melakukannya, Anda harus menghadap bola dan fokus pada pemain yang akan menerima operan bola. Setelah itu, tarik dan ayunkan kaki untuk melakukan passing menuju pemain tersebut.


Cari Tahu Teknik Dasar Bermain Sepak Bola Lainnya dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Bagi Anda penggemar sepak bola dan berniat mendalaminya, mengetahui teknik dasar dalam bermain sepak bola sangatlah penting. Kini, kita bisa mendapatkan informasi tambahan seputar sepak bola dengan mudah di dunia maya melalui jaringan internet cepat. Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) siap untuk menemani Anda dalam mencari informasi yang diinginkan melalui kecepatan internet hingga 300 Mbps.

Tidak hanya itu, dengan berlangganan paket ini, Anda juga bisa nonton beragam tayangan olahraga dan tayangan hiburan lainnya di ratusan channel TV favorit, lho! Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) tersedia dalam tiga pilihan, yaitu:

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Nikmati kecepatan internet mulai dari 30 Mbps hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Dapatkan benefit berupa bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit ditambah cashback LinkAja sebesar Rp100.000. Anda juga akan mendapatkan bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar serta 115 channel TV favorit dan bonus tambahan 61 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Untuk kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapatkan akses sepuasnya ke tayangan MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO). 
  • Paket 2P (Internet + TV)
    Nikmati kecepatan internet mulai dari 30 Mbps hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Anda juga akan mendapatkan cashback LinkAja Rp100.000 dan bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar serta 115 channel TV favorit dan bonus tambahan 61 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Untuk kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapatkan akses sepuasnya ke tayangan MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO).  
  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.0000-an saja per bulan. Anda juga akan mendapatkan cashback LinkAja Rp100.000, bebas nelpon lokal/interlokal 50 menit, dan akses sepuasnya ke berbagai tayangan Disney+ Hotstar.

Nikmati juga promo berupa diskon Biaya Pasang Baru (PSB) 50% hingga 30 Juni 2022. Yuk, langganan sekarang!