Mengenal 2 Jenis Organ Sistem Pernapasan Manusia | IndiHome
20 MAY 2022        BLOG

Mengenal 2 Jenis Organ Sistem Pernapasan Manusia

Bernapas merupakan proses menghirup oksigen (O2) dan mengeluarkan karbon dioksida (CO2) melalui salah satu organ sistem pernapasan manusia, yaitu paru-paru. Normalnya, orang dewasa bernapas sebanyak 12-16 kali setiap menit ketika sedang beristirahat. Proses bernapas tersebut juga dikenal sebagai sistem respirasi manusia.

Menurut American Lung Association, asupan oksigen diperoleh dari organ sistem pernapasan manusia agar seluruh fungsi tubuh dapat bekerja secara optimal. Selain itu, sistem pernapasan pun bertugas untuk melepas gas karbon dioksida yang merupakan produk limbah dari proses metabolisme. Dengan kata lain, proses pernapasan yang berlangsung sempurna adalah hasil kerjasama masing-masing organ sistem pernapasan manusia.


Apa Saja Jenis Organ Sistem Pernapasan Manusia?

Organ sistem pernapasan manusia terbagi menjadi dua jenis, yakni organ sistem pernapasan atas dan organ sistem pernapasan bawah. Masing-masing organ tersebut memiliki jaringan dan organ tersendiri untuk menyusun sistem pernapasan manusia. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini! 

  1. Organ Sistem Pernapasan Atas
    Jenis organ sistem pernapasan manusia terdiri dari organ dan jaringan berikut ini:
    • Hidung; berperan sebagai gerbang utama keluar masuknya udara. Terdapat rambut-rambut halus dalam dinding hidung yang bertujuan menyaring udara dari kotoran yang terhirup. Selain hidung, mulut juga digunakan jika Anda membutuhkan udara yang lebih banyak untuk dihirup, misalnya ketika ngos-ngosan setelah berolahraga atau hidung sedang tersumbat karena flu atau pilek.
    • Sinus; rongga udara yang terletak di masing-masing kedua sisi hidung paling dekat dengan tulang pipi, di antara mata, tengah dahi, dan belakang tulang hidung. Sinus berfungsi untuk mengatur suhu kelembaban udara yang dihirup dari hidung.
    • Adenoid; berfungsi untuk melawan infeksi dengan cara memproduksi sel limfosit guna membunuh benda asing seperti kuman dalam udara yang terhirup. Adenoid merupakan jaringan kelenjar getah bening yang terdapat di tenggorokan. Di dalamnya terdapat simpul sel dan pembuluh darah penghubung yang berfungsi menyebarkan cairan ke seluruh tubuh.
    • Tonsil; dikenal juga sebagai amandel atau kelenjar getah bening yang berada di dinding tenggorokan bagian atas. Jika tonsil terinfeksi, maka Anda perlu melalui prosedur operasi untuk menghilangkannya.
    • Faring; dikenal sebagai tenggorokan bagian atas yang berfungsi menyalurkan aliran udara dari hidung dan mulut ke trakea (batang tenggorokan).
    • Epiglotis; lipatan tulang rawan yang berbentuk daun dan terletak di bagian belakang lidah, tepatnya di atas laring (kotak suara). Organ ini bekerja untuk memasukan udara ke paru-paru dan menutup saat Anda makan atau minum.
  2. Organ Sistem Pernapasan Bawah
    Berikut ini organ sistem pernapasan manusia bagian bawah yang perlu Anda ketahui:
    • Laring; akan membuka saat bernapas dan menutup untuk memproduksi suara. Suara tersebut dihasilkan dari getaran karena udara mengalir melewati dua pita suara yang berimpitan.
    • Trakea; disebut juga sebagai batang tenggorokan yang memiliki fungsi vital sebagai penyebar udara dari dan menuju paru-paru untuk pernapasan.
    • Tulang rusuk; tulang yang menopang rongga dada dan berfungsi sebagai pelindung organ dalam dada seperti jantung dan paru-paru dari berbagai guncangan.
    • Paru-paru; memiliki peran utama sebagai penampung udara beroksigen dari hidung dan menyalurkannya ke pembuluh darah agar dapat disebarkan ke seluruh tubuh.
    • Pleura; selaput tips yang melapisi paru-paru dan bertugas sebagai pelumas agar paru-paru dapat mengembang dan mengempis tanpa hambatan.
    • Bronkiolus; berfungsi sebagai penyalur udara dari bronkus ke alveoli sekaligus mengendalikan jumlah udara yang masuk dan keluar ketika terjadinya proses pernapasan.
    • Alveoli; kantung-kantung kecil dalam paru-paru yang bertugas sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida.
    • Tabung bronkial; penghasil mucus yang berfungsi untuk mencegah masuknya kuman, debu, dan benda asling lainnya ke paru-paru.
    • Diafragma; berfungsi sebagai pencipta rongga kosong untuk menarik udara dan dapat membantu memperluas paru-paru.  


Mengenal Lebih Jauh Organ Sistem Pernapasan Manusia dengan Berlangganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome

Kita membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Selain itu, oksigen juga diperlukan guna menyokong aktivitas sehari-hari seperti berpikir, mencerna makanan, dan menggerakkan anggota tubuh. Maka dari itu mengetahui seluk-beluk organ sistem pernapasan manusia sangat penting untuk memperkaya pengetahuan kita terkait organ tubuh manusia. Tentunya Anda akan mendapatkan berbagai informasi lengkap terkait organ tubuh manusia melalui buku, jurnal ilmiah, dan artikel kesehatan yang mudah ditemukan di dunia maya.

Temukan berbagai informasi terkait organ sistem pernapasan manusia dengan berlangganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis. Melalui paket tersebut, Anda bisa internetan di kecepatan super ngebut IndiHome dan bebas akses konten edukatif dan informatif untuk memperkaya pengetahuan Anda.  Tersedia dua jenis Paket Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Serunya internetan di jaringan anti lelet IndiHome hingga 30 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp255.000 per bulan. Nikmati benefit lainnya berupa gratis nelpon lokal/interlokal hingga 50 menit serta bebas akses konten edukatif sepuasnya melalui aplikasi Pijar Belajar.
  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Nikmati internetan di jaringan cepat dan stabil mulai dari 20 Mbps hingga 30 Mbps dengan biaya berlangganan dari Rp300.000 per bulan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan akses sepuasnya ke aplikasi Pijar Belajar yang berisi beragam konten edukatif dan menginspirasi. Terdapat benefit lain yang bisa Anda nikmati berupa gratis nelpon lokal/interlokal hingga 50 menit dan puluhan channel TV unggulan untuk memperkaya wawasan Anda.

Kapan lagi, kan, bisa mendapatkan layanan platform digital super lengkap yang dapat mengedukasi masyarakat dengan biaya berlangganan sangat terjangkau? Yuk, langganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome sekarang juga!