Mau WiFi Rumah Aman dari Hacker? Begini Caranya! | IndiHome
8 SEP 2022        BLOG

Mau WiFi Rumah Aman dari Hacker? Begini Caranya!

Apa Kamu yakin WiFi rumah bisa aman dari serangan hacker? Faktanya, meski WiFi hanya diakses orang rumah, belum tentu akan aman dari peretasan. Kalau lengah, password WiFi bisa dicuri yang akhirnya merugikan pengguna resmi. Bahkan data pribadi yang tersimpan pun berisiko terancam keamanannya, lho!


Cara Agar WiFi Rumah Aman dari Peretasan

Untuk mengantisipasi masalah peretasan WiFi di rumah, Kamu perlu menerapkan lima tips berikut ini: 

  • Ganti Password Secara Berkala
    Sering ganti password memang terkesan ribet. Belum lagi Kamu harus memikirkan kombinasi password baru setiap pergantian. Tetapi, demi keamanan WiFi rumah, cara ini terbukti efektif. Biasakan untuk buat jadwal pergantian password, misalnya seminggu atau sebulan 1x sesuai kebutuhan Kamu. Supaya tidak lupa, Kamu bisa mencatat password baru setiap pergantian.

  • Buat Password Unik dan Efektif
    Mengganti password secara rutin saja tidak cukup. Pastikan juga password yang dibuat merupakan kombinasi karakter yang unik. Hindari penggunaan setting dan password default atau bawaan router karena rentan diretas. Password yang unik terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol dengan minimal 12 – 20 karakter.

    Kamu juga perlu membatasi penggunaan WiFi rumah untuk orang rumah saja agar terhindar dari kebocoran password. Jika ada orang luar yang mengakses WiFi di rumah, Kamu bisa menyiapkan guest network. Tujuannya agar mereka tidak mendapatkan akses password WiFi pada jaringan pribadi.

  • Aktifkan Enkripsi WPA2
    Di jaman sekarang ini, sudah banyak tool peretas gratis yang beredar di internet. Tool tersebut dapat memantau dan mengganggu aktivitas online Kamu sekaligus membuat jaringan WiFi rumah melemah. Untuk mengatasinya, Kamu perlu meningkatkan keamanan WiFi dengan mengaktifkan enkripsi di level paling kuat atau minimal WiFi Protected Access 2 (WPA2). Jika router WiFi belum memiliki versi WPA2, Kamu bisa melakukan upgrade untuk mengoptimalkan proteksi jaringan.

  • Ganti Nama SSID WiFi
    Selain username dan password, provider layanan WiFi rumah juga biasanya menyiapkan nama SSID (Service Set Identifier) secara default. Agar tingkat keamanan semakin optimal, Kamu juga perlu mengganti nama SSID tersebut. 

    Berbeda dengan password, Kamu boleh menggunakan nama SSID yang biasa saja agar tidak menantang hacker untuk meretasnya. Bahkan Kamu pun bisa menyembunyikan nama SSID WiFi agar tidak terlihat oleh pihak yang tidak mendapatkan akses.

  • Matikan Router WiFi Saat Tidak di Rumah
    Cara ini terbilang sederhana tapi sering luput untuk dilakukan. Jika tidak diperlukan atau sedang keluar rumah, sebaiknya router WiFi rumah berada dalam mode non-aktif. Cara sederhana ini dapat mencegah terjadinya peretasan atau kejahatan siber lain yang tak diinginkan.


Dapatkan Layanan WiFi Rumah Terbaik Melalui Promo Paket IndiHome

Lima cara di atas dapat memastikan WiFi di rumah aman dari peretasan. Dengan begitu, aktivitas digital Kamu tidak akan terhambat dan terjaga keamanannya. Pastikan juga jaringan WiFi yang Kamu gunakan tidak lagi terganggu oleh jaringan lemot dan tidak stabil. Sebab, hal ini dapat mengurangi keseruan berselancar di dunia maya untuk menikmati beragam konten digital yang menarik. Belum lagi jika biaya berlangganannya mahal.

Makanya, beralih dari provider WiFi rumah lelet dan biaya langganan yang menguras kantong ke layanan internet super cepat dari IndiHome. Tersedia Promo Paket IndiHome yang menyediakan koneksi internet ngebut dan stabil dengan harga yang istimewa, yaitu mulai dari Rp200.000-an saja per bulan!

Nikmati internetan dengan kecepatan hingga 300 Mbps serta benefit lain berupa akses ke ribuan tayangan berkualitas dari ratusan channel TV pilihan, bonus cashback, hingga gratis nelpon lokal dan interlokal. Promo Paket IndiHome tersedia dalam tiga pilihan paket yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan:

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Internetan kencang di kecepatan 20 Mbps – 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp275.000 saja per bulan. Kamu bisa mendapatkan benefit lain berupa bebas nelpon lokal/interlokal hingga 50 menit, cashback LinkAja Rp227.000, dan akses sepuasnya ke beragam tayangan Disney+ Hotstar.
  • Paket 2P (Internet + TV)
    Internetan dengan kecepatan 30 Mbps – 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Nikmati juga cashback LinkAja Rp150.000 dan bonus 62 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan plus sepuasnya nonton tayangan Disney+ Hotstar dan UseeTV GO. Untuk kecepatan mulai dari 50 Mbps, Kamu akan mendapatkan bonus tambahan akses ke tayangan berkualitas dari MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, UseeTV GO, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO). 
  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Nikmati kecepatan internet hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Dapatkan benefit berupa bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit ditambah bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar dan UseeTV GO serta 100+ channel TV favorit dan bonus tambahan 62 channel TV add-on Minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Untuk pilihan dengan kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapatkan akses sepuasnya ke tayangan MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO). 

Berlangganan Promo Paket IndiHome sekarang juga dan dapatkan diskon 50% untuk biaya Pasang Baru (PSB). Ingat ya, promo ini terbatas sampai akhir September saja!