Mau Diet Sambil Shaum Ramadan? Ikuti Panduan Menu Diet Berikut! | IndiHome
13 APR 2022        BLOG

Mau Diet Sambil Shaum Ramadan? Ikuti Panduan Menu Diet Berikut!

Penampilan menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Di momen bulan suci Ramadan 2022, Anda juga bisa meraih banyak keuntungan selain pahala, misalnya menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan atau diet harus dijalani dengan tepat agar dapat sukses. Alhasil, Anda bisa tampil lebih menarik di momen Lebaran nanti. Namun, seperti apa menu diet untuk sahur? Simak di sini, ya.


Kalori yang Perlu Dikonsumsi

Sebelum menyesuaikan menu diet untuk sahur, Anda harus mengetahui terlebih dahulu besaran kalori yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Untuk wanita, rata-rata membutuhkan 2.000 kalori per hari. Sedangkan pria membutuhkan 2.500 kalori per hari. 

Kurangi Karbohidrat pada Menu Buka Puasa

Melansir dari Hello Sehat, jika ingin melakukan diet, kalori yang perlu dikonsumsi harus dikurangi dari jumlah biasanya. Besaran kalori yang dikurangi idealnya hanya sebesar 500 kalori per hari sehingga para wanita mengonsumsi 1.500 kalori dan pria 2.000 kalori per hari.

Salah satu cara memangkas besaran kalori yang dikonsumsi tubuh adalah mengganti atau mengurangi karbohidrat. Sebab, karbohidrat menjadi sumber kalori yang sangat besar dan dapat menyebabkan kenaikan berat badanA.

Agar sukses menjalankan diet, ini contoh menu diet untuk sahur dan buka puasa yang bisa diikuti, yakni berupa karbohidrat ? piring, lauk protein ? piring, buah-buah dan serta ? piring, serta sayur-sayuran ? piring.


Contoh Menu Buka Puasa Saat Sedang Diet

Menu 1: tahu-tempe kukus, telur orak-arik, kentang rebus, sayur hijau (brokoli atau pakcoy), dan buah.
Menu 2: dada ayam panggang, tumis buncis, wortel dan jagung rebus, dan buah semangka.
Menu 3: roti gandum berisi daging, selada, wortel, tomat, mentimun, acar, telur, dan yoghurt. 

Contoh Menu Sahur Saat Sedang Diet

Menu 1: bubur oatmeal berisi sayuran potong, seperti brokoli, wortel, daging ayam, dan buah apel.
Menu 2: sayur bening, telur rebus, pepes tahu, dan buah pisang.
Menu 3: kentang kukus, tumis kangkung, telur dan daging ayam, serta buah pepaya.

Selain menu di atas, jangan lupa untuk mengonsumsi 9 gelas air putih per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Dengan begitu, pelaksanaan ibadah puasa Anda bisa jauh lebih nikmat dan ringan untuk dijalankan. 

Supaya usaha Anda untuk melaksanakan diet di momen puasa berjalan sukses, Anda bisa mencari mencari berbagai inspirasi menu diet untuk sahur di internet. Jangan sampai kegiatan Anda terganggu dengan koneksi internet yang lambat.

Paket Bebas Tanpa Batas dari IndiHome bisa menjadi solusinya, karena menawarkan harga yang terjangkau, yakni mulai dari Rp200.000-an saja per bulan dengan pilihan kecepatan hingga 50 Mbps. 

Untuk itu, cocok rasanya bagi Anda untuk menggunakan Paket Bebas Tanpa Batas dari IndiHome. Paket ini bisa menemani aktivitas Anda selama menjalankan ibadah puasa agar lebih khusyuk dan juga semangat.

Tersedia dua jenis pilihan paket, yaitu Paket Internet Only dan Paket 2P (Internet+TV). Spesialnya lagi, Anda bisa bebas atur perangkatnya, karena modem serta STB (Set Top Box) dapat dibeli dengan berlangganan paket ini.

Temukan berbagai inspirasi menu diet untuk sahur hanya dengan dukungan Paket Bebas Tanpa Batas. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan!