Mau Berkenalan dalam Bahasa Inggris? Ini Dia 21 Contohnya! | IndiHome
23 MAY 2022        BLOG

Mau Berkenalan dalam Bahasa Inggris? Ini Dia 21 Contohnya!

Perkenalan merupakan langkah awal ketika bertemu orang baru sebelum berlanjut ke dalam sebuah percakapan. Bila sudah saling mengenal, maka hubungan yang lebih dekat dapat terjalin, baik sebagai teman, rekan kerja, kolega bisnis, dan sebagainya. Bahkan, di situasi tertentu, bisa saja Anda diminta untuk memperkenalkan diri dalam bahasa asing, misalnya bahasa Inggris. Cara memperkenalan diri dalam bahasa Inggris atau self introduction menjadi hal penting yang perlu dikuasai. 

Banyak momen yang mengharuskan Anda memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, seperti saat proses pembelajaran di kampus, wawancara, hingga bertemu dengan rekan bisnis. Bila meninggalkan kesan yang baik saat perkenalan, Anda bisa menarik perhatian lawan bicara. Lalu, bagaimana contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris? Yuk, perhatikan poin-poin penting berikut ini!


Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris

Contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya tidak hanya sebatas menyebutkan nama, asal instansi, dan domisili. Tetapi, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan. Melansir dari situs English Academy, berikut ini hal-hal yang perlu Anda terapkan ketika memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris:
 

  • Awali dengan Sapaan dan Salam

    Saat berkenalan, pastinya Anda tidak langsung menyebutkan identitas diri, kan? Diperlukan sapaan atau greeting terlebih dahulu terhadap lawan bicara. Tidak sulit kok, kalimat sapaan ini sama halnya seperti apa yang Anda lakukan sehari-hari dalam bahasa Indonesia. Hanya saja kali ini Anda melakukannya dalam bahasa Inggris. Berikut ini contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris dengan cara menyapa lawan bicara terlebih dahulu:

    Hi! (Hai!)

    Hello! (Halo!)

    Hi everyone, good afternoon! (Halo semuanya, selamat siang!)

    Hi everybody! (Halo semua!)

    Good morning Sir/Madam and all of my friends here! (Selamat pagi Bapak/Ibu dan teman-teman saya yang hadir di sini!)
     

  • Sampaikan Tujuan Percakapan

    Setelah menyapa lawan bicara, langkah selanjutnya adalah menyampaikan bahwa Anda hendak memperkenalkan diri. Umumnya langkah ini dilakukan ketika seseorang berada di situasi formal seperti rapat dengan rekan bisnis, presentasi akademik, dan lainnya. Contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris tersebut dilakukan dengan mengucapkan ini:

    • I’m right here to introduce myself… (saya di sini hendak memperkenalkan diri)
    • Allow/let me introduce myself… (izinkan saya memperkenalkan diri….)
    • I would like to introduce myself….(Saya ingin memperkenalkan diri….)
       
  • Saatnya Memperkenalkan Identitas Diri

    Berbicara tentang identitas, contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris juga menyebutkan nama lengkap, nama panggilan, tempat dan tanggal lahir, hingga latar belakang pendidikan.  Tentunya apa yang Anda sebutkan dalam perkenalan tersebut disesuaikan dengan situasi yang tengah dihadapi. Berikut ini cara menyebutkan nama dalam bahasa Inggris:

    • My name is…. (Nama saya  adalah…)
    • My full name is… (Nama lengkap saya adalah….)
    • I’m (sebutkan nama)….  (Saya….)
    • You can call me… (Anda bisa memanggil saya…)
    • People usually call me…. (orang-orang biasanya memanggil saya….)

    Sedangkan untuk menyebutkan domisili atau tempat tinggal, Anda bisa mengatakan:

    • Currently I live in… (Saat ini saya tinggal di…)
    • My address is….(Alamat saya berada di….)
    • I come from… (Saya berasal dari…)

  • Kalimat Penutup Disertai Ucapan Terima Kasih

    Setelah menyebutkan identitas diri, contoh perkenalan dalam bahasa Inggris yang terakhir adalah dengan menutup kalimat disertai ungkapan terima kasih. Langkah ini perlu dilakukan agar momen perkenalan diri Anda meninggalkan kesan baik bagi lawan bicara. Berikut ini cara mengucapkan kalimat penutup dan rasa terima kasih:

    • That’s all from me (itu saja dari saya)
    • Thank you for your attention (terima kasih atas perhatian Anda)
    • Glad to see you  atau pleased to meet you (senang bertemu dengan Anda)
    • Nice to meet you (senang berkenalan dengan Anda)
    • This is the end of my self-introduction (inilah akhir dari perkenalan diri saya

  • Jangan Lupa Eye Contact dan Gesture yang Ramah

    Selain menguasai contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris di atas, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan. Di antaranya tonjolkan kepercayaan diri dan attitude yang baik dengan melakukan eye contact serta sikap tubuh atau gesture yang ramah. Caranya dengan berdiri tegak lalu menatap langsung lawan bicara Anda. Jangan lupa berikan senyum terbaik Anda agar perkenalan tersebut semakin berkesan. Jika Anda melakukan perkenalan diri melalui video call, berikan senyuman hangat pada rekan-rekan Anda. Mudah kan memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris?


Kembangkan Kemampuan Bahasa Inggris Anda dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris memberikan keuntungan tersendiri baik untuk karir maupun kehidupan personal Anda. Maka dari itu, Anda perlu menguasai bahasa asing yang satu ini sebagai bentuk pengembangan diri. Anda dapat memulainya dengan menguasai contoh perkenalan diri di atas sebelum berlanjut ke langkah lainnya. Untungnya, kini mempelajari bahasa Inggris sangatlah mudah. Tidak harus pergi ke tempat les atau mempelajarinya di sekolah, Anda juga mampu mempelajari bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya secara otodidak melalui internet, lho!

Caranya, pastikan Anda didukung oleh jaringan internet cepat dan stabil untuk bisa mengakses konten-konten berbahasa Inggris guna melatih kecakapan Anda. Melalui Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar), Anda bisa merasakan serunya internetan cepat hingga 300 Mbps. Selain itu, Anda juga menonton tayangan favorit dalam bahasa Inggris dari ratusan channel TV unggulan.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) terdiri dari tiga pilihan; yaitu Paket 2P (Internet + Phone), Paket 2P (Internet + TV), dan Paket 3P (Internet + TV + Phone). Ketiga pilihan paket tersebut hadir dengan kecepatan beragam yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Dapatkan juga benefit lain berupa bonus nelpon di jaringan lokal/interlokal hingga 100 menit serta cashback LinkAja sebesar Rp100.000. Oh ya, Anda juga akan mendapatkan diskon biaya pemasangan sebesar 50%, lho! Promo ini berlaku sampai 31 Mei 2022.

Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.000-an saja per bulannya, Anda bisa menikmati berbagai benefit lengkap untuk menunjang kebutuhan digital Anda. Yuk, langganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) sekarang!