Masih Belum Berani Nonton di Bioskop? Di Rumah Juga Bisa, Kok! | IndiHome
23 DEC 2020        BLOG

Masih Belum Berani Nonton di Bioskop? Di Rumah Juga Bisa, Kok!

Tak terasa sudah akhir tahun lagi, ya? Mengingat libur akhir tahun sudah ditiadakan oleh pemerintah guna memutus mata rantai persebaran Covid-19, menonton film adalah salah satu alternatif yang banyak orang pilih untuk menghabiskan waktu di penghujung tahun ini.

Bahkan, sekarang ini beberapa bioskop di kota besar sudah diizinkan untuk menayangkan film kembali, tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Akan tetapi, kewaspadaan terhadap persebaran virus Covid-19 di ruang publik membuat sebagian orang menjadikan TV sebagai alternatif menonton selain di bioskop.

Menonton TV di Rumah, Apa Sama Asyiknya seperti Menonton di Bioskop?

Sekarang ini sudah banyak tayangan-tayangan menarik di TV, mulai dari film, drama Korea, drama Mandarin, serial TV US & UK, dan masih banyak acara berkualitas lainnya. Bahkan, melalui TV saja Anda juga bisa mengakses aplikasi streaming on demand seperti CATCHPLAY+, Iflix, dan masih banyak alternatif aplikasi menonton film lainnya.

Selain itu, menikmati film, reality show, atau drama Korea di rumah juga bisa menjadi sangat asyik dan menarik, lho. Mengapa? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Menonton Jadi Lebih Leluasa/Fleksibel

    Dibandingkan dengan di bioskop, menonton TV di rumah akan terasa lebih leluasa. Anda bisa menonton sambil duduk, berbaring, selonjoran, atau sambil mengerjakan pekerjaan rumah. 

    Berbeda dengan menonton langsung di bioskop, ada beberapa hal yang harus Anda patuhi, ditambah lagi protokol kesehatan yang ketat tidak boleh dilanggar. Meskipun begitu, menonton film di rumah juga bukan berarti Anda harus abai dengan kebersihan, ya! Jangan lupa untuk selalu cuci tangan dengan sabun.


  2. Pilihan Tontonan Lebih Banyak

    Bioskop selalu ramai dikunjungi ketika ada film terbaru atau box office yang baru saja rilis. Berbeda dengan TV yang terkadang hanya menampilkan tayangan berupa film yang tanggal rilisnya sudah lama. Tapi sebenarnya, kalau Anda berlangganan TV on demand atau streaming/video on demand, ada banyak tayangan baru yang menarik untuk ditonton.

    Tak hanya itu saja, pilihan tontonan juga akan lebih banyak dan bisa Anda pilih sepuasnya. Dari mulai film Hollywood dan Bollywood jaman dulu sampai film dan drama Korea yang baru-baru ini menjadi trending di mana-mana.

    Ada banyak juga kategori TV on demand yang bisa dipilih, dari mulai tayangan edukasi, infotainment, berita di seluruh dunia, sampai tayangan religi. Jika jaman dulu harus membeli parabola untuk mendapatkan banyak tayangan TV tersebut, kini dengan bermodalkan internet saja, Anda sudah bisa menonton semua tayangan TV dari seluruh dunia.


  3. Sama-sama Bisa Full HD

    Kalau Anda ingin menonton dengan video beresolusi tinggi di rumah, tentu saja bisa. Sekarang ini tayangan melalui TV/video on demand sudah mendukung resolusi Full HD. Agar lebih terasa menarik lagi, Anda juga bisa menyiapkan audio dan televisi yang mumpuni untuk mendukung resolusi Full HD ini. Dijamin deh, suasana ini bakalan terasa seperti menonton di bioskop.

    Tak hanya itu saja, pastikan juga koneksi internet di rumah lancar ya, agar saat menonton tidak ada kendala buffering atau error lainnya.


Tips Hemat Kuota Internet Saat Menonton TV/Video on Demand di Rumah

Berbeda dengan menonton di bioskop, kalau Anda menonton film atau drama Korea di rumah, dengan menjadikan TV sebagai alternatif menonton selain di bioskop, pastinya Anda harus menyediakan koneksi internet yang stabil. Nah, di sini yang jadi masalah, banyak orang yang mengeluh karena streaming bisa menghabiskan banyak kuota internet dan keuangan jadi lebih boros.

Lalu apa solusinya? Simak tips di bawah ini:

  1. Menonton dengan Resolusi Rendah

    Untuk menghemat kuota, Anda bisa menonton tayangan dengan resolusi rendah seperti 480p atau 720p. Menonton dengan resolusi rendah akan lebih menghemat konsumsi internet. Jika Anda menonton dengan resolusi 480p, diperkirakan per jamnya hanya akan menghabiskan 300 MB kuota saja. Berbeda dengan resolusi tinggi, konsumsinya bisa sampai 7 GB per jam.


  2. Gunakan Layanan Internet dengan Unlimited Bandwidth

    Tips kedua adalah menggunakan layanan internet dengan bandwidth tak terbatas. Jika sudah berlangganan layanan ini, Anda tidak perlu memikirkan jumlah kuota paket internet.

    Dengan begini, Anda juga bisa menonton film atau drama korea dengan kualitas video HD tanpa memikirkan akan kehabisan kuota. Salah satu layanan internet yang bisa diandalkan adalah IndiHome. Tersedia berbagai paket internet mulai dari 20 Mbps sampai 100 Mbps.


  3. Berlangganan Minipack Channel TV dari IndiHome

    Salah satu cara ampuh supaya Anda bisa berhemat pengeluaran untuk streaming TV, drama, atau film adalah dengan berlangganan minipack dari IndiHome. Apalagi Anda yang sering menonton drama Korea, di mana tayangannya tak hanya sekali, namun terdiri dari beberapa episode, IndiKorea bisa jadi solusinya.

    IndiKorea adalah minipack channel TV dari IndiHome dengan biaya layanan hanya Rp25.000 per bulan. Namun, untuk dapat menikmati minipack ini, Anda terlebih dulu harus berlangganan layanan IndiHome TV. Dengan berlangganan IndiKorea, Anda bisa mengakses beberapa channel TV berbayar dengan gratis. Adapun beberapa channel-nya adalah:

    • GEM

      GEM merupakan channel TV yang menawarkan banyak program hiburan dan drama dari Asia. Adapun tayangannya mencakup program dari Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, Jepang, Tiongkok, dan negara-negara di Asia lainnya.
    • tvN

      Siapa yang tak mengenal tvN? Channel TV asal Korea ini banyak diburu oleh K-Popers karena menayangkan drama dan film Korea ternama dan terbaru. Melalui IndiKorea ini, Anda bisa menonton semua tayangan di tvN dengan subtitle bahasa Indonesia.
    • ONE

      ONE adalah channel TV yang menayangkan program film, drama, dan reality show asal Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Indonesia, Filipina, dan Thailand. Sama seperti tayangan GEM dan tvN, program di channel ONE juga tak kalah menariknya.


  4. Gunakan Aplikasi Penghemat Kuota

    Kalau Anda tidak menggunakan internet dengan bandwidth unlimited dan tidak berlangganan paket TV on demand, Anda juga bisa menghemat kuota internet dengan bantuan aplikasi penghemat kuota.

    Beberapa aplikasinya bisa Anda download di Play Store/App Store secara gratis. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menghemat kuota sampai 30-60%. Pada beberapa smartphone juga, sebenarnya sudah ada fitur penghemat kuota yang bisa diatur melalui menu pengaturan. Hal itu bisa jadi alternatif agar tak kehabisan kuota dan menjadi boros karena selalu streaming film.