Lokapala, Game MOBA Indonesia Pertama yang Mengenalkan Budaya Nusantara | IndiHome
6 MAY 2021        BLOG

Lokapala, Game MOBA Indonesia Pertama yang Mengenalkan Budaya Nusantara

Bagi Kamu para penggemar game MOBA, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Lokapala, game baru yang ikut meramaikan pasar game MOBA tanah air. Jika selama ini game MOBA didominasi oleh pengembang luar, maka Lokapala sebagai pemain lokal siap menemani ngabuburit Ramadan Kamu.

Game yang dikembangkan oleh para developer lokal ini memang sontak membuat terkejut para pemain game atau pengamat game MOBA tanah air. Meski banyak yang menyambut dengan gembira dan bangga, banyak juga yang meragukan kualitas game ini. Lantas, bagaimanakah performa game ini? 

Tentang Game Lokapala

Game Lokapala diluncurkan pada bulan Februari 2020 pertama kali melalui Google Play Store. Game ini dikembangkan sekaligus diluncurkan oleh tim developer lokal yang berbasis di ibu kota Indonesia, Jakarta, dengan nama Anantarupa Studios. 

Pada awal terbitnya game ini yakni Februari 2020, Lokapala masih dalam status Beta sehingga memang masih sangat terbatas. Namun semenjak tanggal 20 Mei 2020, game Lokapala telah secara resmi diluncurkan melalui acara konferensi pers yang diselenggarakan online.

Semenjak perilisannya hingga saat ini, game Lokapala terus mengalami perbaikan. Jika menengok ke belakang, game Lokapala sebenarnya sudah mulai dicanangkan oleh para developer lokal sejak tahun 2017. 

Salah satu pengembang sekaligus Co-Founder Anantarupa Studios, yakni Diana Paskarina menyatakan bahwa awal dicanangkannya game MOBA buatan lokal adalah karena mereka melihat potensi besar MOBA di masa mendatang.

Apalagi pada tahun 2017 pernah diselenggarakan Mobile Legends Southeast Asia Cup yang menjadi kompetisi besar dan inisiator esport tanah air. 

Meski patut diakui bahwa persaingan di game mobile MOBA cukup besar, namun Diana mengaku bahwa persaingan tentu akan selalu ada dan tidak mungkin menunggu hingga tidak ada saingan. Oleh karena itulah mereka di Anantarupa Studios bertekad untuk memulai saja dan terus melakukan perbaikan. 

Lebih Jauh Tentang Karakter dan Tingkatan Level Game Lokapala

Sejak diluncurkan hingga hari ini, game Lokapala terus mengalami perbaikan hingga ke titik di mana game ini siap untuk digunakan bertanding. Game ini pun siap menggelar turnamen dengan tajuk Melon Minor Tournament yang akan mempertemukan para pemain game online tanah air. 

  1. Karakter dalam Game Lokapala
    Ilya menjadi salah satu karakter andalan yang ada di Lokapala. Nama Ilya memang tidak diambil dari mitologi lokal karena merupakan hasil reinterpretasi dari tim di Anantarupa Studios sendiri. Namun, jika dilihat dari karakternya, Ilya merupakan reinterpretasi dari kesatria Gatot Kaca yang populer di tanah air.

    Karakter Ilya dibuat sebagai anak kecil perempuan yang mempunyai robot bersenjata penuh sehingga membuat karakter Ilya siap bertempur. Selain Ilya, Kamu juga bisa menemukan karakter lain seperti kesatria Skar yang mempunyai kemampuan seperti frost bound, slashing vel, fire rush, dan war chant.

 

  1. Ada Enam Alam Semesta dalam Game Lokapala
    Game Lokapala juga membuat alam semesta yang diangkat dari mitologi sejarah Nusantara. Ada 6 alam semesta yang dibuat di Lokapala, yakni Pretaloka, Manusyaloka, Tiraccanaloka, Narakaloka, Asuraloka, dan Svargaloka. 
  1. Game Lokapala dalam Arena Esports Tanah Air
    Hingga saat ini, game Lokapala tercatat sudah beberapa kali ikut meramaikan turnamen esports dengan hadiah yang sangat besar. Tercatat setidaknya lima turnamen untuk game Lokapala yakni Piara Menpora, Weekly Online Amateur Championship, Melon Mini Tournament, dan Melon Major Tournament. 

 

Ngabuburit Ramadan Main Game Lokapala Lebih Lancar dengan Paket Gamer dari IndiHome

Bagi penggemar game MOBA, tentu akan sayang sekali jika melewatkan kesempatan bermain game Lokapala besutan pengembang lokal. Kamu yang ingin merasakan bagaimana sensasi bermain game Lokapala tentu akan lebih seru jika menggunakan akses internet tanpa ngelag Paket Gamer dari IndiHome. 

IndiHome merupakan salah satu provider internet terbaik tanah air yang menjamin setiap koneksi internet yang disediakan tetap stabil di mana pun Anda berada. Dengan Paket Gamer, Kamu bisa menikmati sensasi bermain game Lokapala selama ngabuburit Ramadan dengan lancar.

Dengan koneksi internet lancar, dipastikan permainan Kamu tidak akan pernah terganggu. Paket Gamer IndiHome menawarkan koneksi internet dengan kecepatan mencapai 100 Mbps. IndiHome menawarkan tiga opsi paket internet khusus untuk para gamers yang bebas dipilih berikut ini:

  1. Paket Gamer Kecepatan Up To 20 Mbps
    Paket Gamer kecepatan up to 20 Mbps adalah pilihan kecepatan paling rendah di antara kecepatan lainnya. Namun, kecepatan 20 Mbps yang stabil tentu sudah mencukupi untuk bermain game dengan lancar. 

    Biaya berlangganannya adalah Rp385.000 per bulan. Paket Gamer kecepatan up to 20 Mbps dapat dinikmati sampai 5 perangkat. 

 

  1. Paket Gamer Kecepatan Up To 50 Mbps
    Jika Kamu ingin bermain game dengan koneksi internet lebih kencang, Kamu bisa memilih Paket Gamer kecepatan up to 50 Mbps. Biaya berlangganannya adalah Rp600.000 per bulan. Paket Gamer kecepatan up to 50 Mbps dapat dinikmati sampai 12 perangkat. 
  1. Paket Gamer Kecepatan Up To 100 Mbps
    Paket Gamer pilihan kecepatan yang satu ini adalah andalan utama para penggila game sejati tanah air. Dengan kecepatan up to 100 Mbps dipastikan permainan Kamu akan lancar jaya di mana pun Kamu berada. Cukup sediakan budget sebesar Rp955.000 setiap bulannya dan Kamu sudah bisa menggunakan paket ini.

Menariknya, Paket Gamer kecepatan up to 100 Mbps bisa diakses hingga 18 perangkat sehingga sangat cocok dipilih untuk bisnis skala kecil seperti warung internet dan sebagainya. 

Tidak hanya sekedar menawarkan kecepatan internet kencang, pengguna bisa menukarkan voucher games dengan benefit game eksklusif senilai hingga Rp2.000.000. 

Berbagai voucher games exclusive items yang ditawarkan meliputi drop rate, in-game currency, diamond, double experience, skin eksklusif dan lainnya. Berikut adalah game-game populer di dalam Paket Gamer yang bisa Kamu mainkan:

  1. Free Fire 
  2. LINE Let’s Get Rich
  3. Call of Duty Mobile 
  4. Lokapala  
  5. Ragnarok 
  6. Arena of Valor
  7. Point Blank
  8. Blade and Wings 
  9. Lost Saga Remastered 
  10. Lords Mobile 
  11. Mobile Legends: Bang Bang

Setiap berlangganan Paket Gamer dari IndiHome, Kamu juga akan mendapatkan bonus tambahan menarik berupa akses ke lebih dari 100 saluran televisi populer mancanegara. Kamu juga dapat menikmati bebas akses aplikasi UseeTV GO. 

Kamu juga akan mendapatkan telepon gratis ke sambungan lokal dan interlokal selama 300 menit. Paket ini sangat sesuai dipilih baik untuk keluarga hingga kebutuhan bisnis.

Pastikan Kamu sudah berlangganan Paket Gamer IndiHome sebelum menginstal Lokapala di smartphone atau perangkat komputer. Dengan Paket Gamer IndiHome, dijamin permainan onlinemu saat ngabuburit Ramadan akan semakin seru apalagi ditambah dengan voucher exclusive item.