Ketahui 8 Keutamaan Bulan Ramadan Bagi Umat Islam | IndiHome
11 APR 2022        BLOG

Ketahui 8 Keutamaan Bulan Ramadan Bagi Umat Islam

Bagi umat Islam, keutamaan Ramadan sangatlah besar. Bulan suci ini menjanjikan pahala yang berkali lipat serta pengampunan dosa bagi seluruh umat Islam yang menjalankan puasa Ramadan. Bulan yang sangat istimewa dan penuh berkah ini menjadi penyemangat umat Islam dalam berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan. Berbagai dalil pun telah memaparkan keistimewaan bulan puasa bagi siapa saja yang beriman dan selalu menjalankan amal saleh. Karena keutamaan tersebut, bulan Ramadan sangat dinantikan kehadirannya.

Apa Saja Keutamaan Ramadan ?

Berikut ini delapan keutamaan Ramadan yang harus diketahui oleh umat Islam:

  • Bulan Penuh Pahala
    Dari sekian banyaknya keutamaan Ramadan, pahala yang berlipat ganda untuk setiap amalan baik yang dilaksanakan adalah salah satunya. Hal ini pun tertera dalam beberapa hadist yang menjelaskan bahwa pahala kebaikan di bulan Ramadan sama dengan pahala ibadah haji yang dilaksanakan bersama Nabi Muhammad SAW. Dalam riwayat lainnya, Ibnu Rajab ra berkata, Abu Bakr Bin Abi Maryam menyebutkan bahwa banyak gurunya yang berkata; \"Apabila telah tiba bulan Ramadan, maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq di bulan Ramadan dilipatgandakan bagaikan infaq di jalan Allah SWT, dan tasbih di bulan Ramadan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain.\"
  • Diampuninya Dosa
    Karena keutamaan Ramadan inilah, berpuasa bisa dijadikan sebagai momen terbaik untuk bertaubat. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadan ke Ramadan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi.\" (HR. Muslim). Dengan menjalankan ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh, maka terbuka jalan untuk menghapus dosa-dosa yang sebelumnya pernah dilakukan. Maka berpuasalah dengan penuh keimanan dan selalu mengharapkan pahala dari Allah SWT.

    Selain itu, amalan yang dijalankan di Bulan Ramadan seperti shalat tarawih juga dapat menghapus dosa-dosa yang lalu. Sebagaimana dipaparkan dalam hadits berikut ini:

    “Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan shalat malam pada bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.\" (HR. Bukhari dan Muslim) 
  • Bulan Diturunkannya Kitab Suci Al-Qur’an
    Diturunkannya Al-Qur’an menjadi bukti lain dari keutamaan Ramadan. Allah SWT berfirman yang artinya, “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur\'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)\". (QS. Al-Baqarah: 185) 
  • Bulan Terkabulnya Do’a
    Keutamaan Ramadan yang selanjutnya adalah setiap do’a yang dipanjatkan pada bulan suci ini akan dikabulkan oleh Allah SWT. Janji ini tercantum dalam sebuah hadist yang berbunyi: “Tiga orang yang doanya tidak ditolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzolimi.\" (HR. at Tirmidzi).
  • Bulan yang Penuh Berkah
    Bulan Ramadan sering disebut juga sebagai syahrun Mubarak atau bulan penuh berkah. Keutamaan Ramadan ini membuka kesempatan untuk berbuat baik pada sesama sehingga dapat menuai pahala dan keberkahan lainnya. Bulan ini juga memberikan keberkahan dari segi ekonomi. Sebagai contoh, para pedagang jadi lebih laris, sedangkan fakir miskin mendapatkan rezeki dari sedekah, zakat, atau infaq yang dibayarkan.
  • Terdapat Malam Seribu Bulan
    Keutamaan Ramadan yang satu ini selalu diburu di hari 10 terakhir atau malam-malam ganjil di Bulan Ramadan. Pasalnya, malam seribu bulan atau malam Lailatul Qadar merupakan malam yang terbaik dari seribu bulan. Malam Lailatul Qadar sendiri merupakan waktu diturunkannya Alquranul Karim.
  • Bulan Terbelenggunya Setan
    Bulan suci Ramadan adalah bulan istimewa di mana setan dibelenggu, sehingga umat Islam bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Keutamaan Ramadan ini menegaskan bahwa setan tidak mampu menyesatkan umat Islam yang berpuasa dengan sepenuh hati. Imam Ahmad  yang meriwayatkan dari Abu Hurairah ra menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

    \"Umatku diberikan lima perkara di bulan Ramadan yang belum pernah diberikan kepada umat sebelumnya: mulut orang yang puasa lebih wangi di sisi Allah SWT dari pada minyak kesturi, malaikat memintakan ampunan untuk mereka hingga berbuka, setiap hari Allah SWT menghiasi surga-Nya dan berfirman: sudah dekat hamba-hamba-Ku yang shaleh meninggalkan beban dan berpulang kepada-Ku, setan-setan dibelenggu maka mereka tidak bisa mencapai apa yang bisa mereka capai di bulan yang lain, dan Allah SWT mengampuni mereka di akhir malam.

    Ada yang bertanya: ya Rasulullah, apakah itu di saat lailatul qadar? Beliau menjawab: tidak, akan tetapi orang yang beramal hanya disempurnakan pahalanya apabila menyelesaikan amalnya\"
  • Dibukanya Pintu Surga
    Di bulan suci Ramadan, pintu-pintu surga akan terbuka lebar dan pintu-pintu neraka ditutup. Melalui keutamaan Ramadan ini, Allah SWT memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk berlomba-lomba memasuki pintu surga melalui amal ibadah yang telah dilakukan, khususnya selama Bulan Ramadan.

Perbanyak Pengetahuan Tentang Islam dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah. Hal tersebut menjadi penyemangat bagi umat Islam untuk memperbanyak ibadah agar mendapatkan keutamaan Ramadan seperti yang telah dipaparkan di atas. Di bulan yang suci ini saatnya Anda memperbanyak pengetahuan tentang Islam dengan mengakses berbagai konten Islami melalui jaringan internet super cepat dan stabil dari Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar). Selain bisa menikmati internet cepat dan stabil di jaringan IndiHome hingga 300 Mbps, Anda juga bisa menyaksikan beragam konten hiburan menarik sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) hadir dengan tiga pilihan paket, antara lain:

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Tersedia kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200ribu-an saja per bulan. Anda akan mendapatkan bonus nelpon lokal/interlokal selama 50 menit, cashback LinkAja Rp100.000, dan bebas akses berbagai tayangan berkualitas dari Disney+ Hotstar.  
  • Paket 2P (Internet + TV)
    Tersedia kecepatan internet mulai dari 30 Mbps hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Anda juga akan mendapatkan cashback LinkAja sebesar Rp100.000 serta bebas akses tayangan berkualitas di 107 channel dan ekstra bonus berupa 57 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan serta Disney+ Hotstar. Tidak hanya itu, untuk kecepatan 50 Mbps dan 100 Mbps, Anda juga mendapatkan bebas akses MOLA, CATCHPLAY+, WeTV iflix, dan Vidio. 
  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Tersedia kecepatan internet hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Melalui paket lengkap ini, Anda akan mendapatkan bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit. Anda juga akan mendapatkan cashback LinkAja sebesar Rp100.000 serta bebas akses tayangan berkualitas di 107 channel, bonus tambahan berupa  57 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan dan Disney+ Hotstar. Tidak hanya itu, untuk kecepatan 50 Mbps hingga 300 Mbps, Anda juga mendapatkan bebas akses MOLA, CATCHPLAY+, WeTV iflix, dan Vidio.

Nikmati juga diskon 50% biaya pemasangan hingga bulan Mei 2022. Yuk, langganan paket internet super cepat dari IndiHome sekarang juga dan dapatkan berbagai benefit nya untuk menemani bulan Ramadan Anda!