Kenali Ciri-Ciri dan Penyebab Toxic Relationship serta Cara Mengatasinya | IndiHome
1 SEP 2021        BLOG

Kenali Ciri-Ciri dan Penyebab Toxic Relationship serta Cara Mengatasinya

Tidak jarang seseorang terjebak dalam suatu hubungan yang tidak sehat dan memilih untuk tetap bertahan karena tidak tahu cara untuk mengakhirinya. Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali cara mengatasi toxic relationship dan melepaskan diri dari pasangan yang abusive.

Toxic relationship atau hubungan beracun sendiri mengacu pada hubungan atau relasi tidak seimbang, dimana salah satu pihak merasa direndahkan atau diserang. Apabila dipertahankan, hubungan beracun bukan hanya akan merampas kebahagiaan Anda, tapi juga memberikan dampak buruk bagi kesehatan mental hingga fisik.

Ciri-Ciri Toxic Relationship

Tanda dari toxic relationship bukan hanya dalam bentuk kekerasan fisik maupun hinaan. Dalam berbagai kasus, hubungan beracun bisa terlihat lebih samar. Namun, secara tidak disadari lambat laun akan membuat seseorang kehilangan jati diri.

Dilansir dari Mental Health, sebuah hubungan mengarah pada toxic relationship apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Merasa dirinya tidak pantas atau kurang baik untuk pasangan.
  • Semua yang dilakukan selalu salah, sehingga harus mencari pendapat dari orang lain untuk menilai.
  • Harga diri sering dijatuhkan.
  • Tidak bisa menjadi diri sendiri karena takut salah.
  • Selalu dianggap sebagai pembawa masalah.
  • Pasangan mulai mengatur dan membatasi pergaulan.
  • Kehilangan teman dan orang-orang terdekat.

Penyebab Toxic Relationship

Ada cukup banyak hal yang menyebabkan seseorang menjadi toxic atau racun dalam sebuah hubungan yang sedang dijalani, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Latar belakang yang berkaitan dengan masa lalu seseorang, seperti dibesarkan dalam kondisi yang minim kasih sayang atau kurang perhatian, sehingga kurang empati dan simpati.
  • Pengalaman buruk di masa lalu yang menyebabkan seseorang terguncang secara emosional, misalnya perundungan atau bullying.
  • Memiliki gangguan mental, seperti kecemasan dan depresi akut.

Akan tetapi, toxic relationship juga bisa muncul dari pasangan yang sifatnya berbeda jauh satu sama lain. Contohnya, salah satu pihak adalah tipe arogan dan suka mengontrol, sementara pihak lainnya patuh dan mengalah. Hal ini bisa dikatakan bahwa hubungan antara dua individu tersebut bersifat dominan-submisif.

Tujuh Cara Mengatasi Toxic Relationship

Berikut ini tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi toxic relationship, agar Anda bisa terbebas dari hubungan yang tidak sehat.

  1. Membicarakan Masalah dengan Pasangan

    Sebelum memutuskan untuk mengakhiri sebuah hubungan beracun, ada baiknya Anda membicarakan masalah tersebut pada orang yang bersangkutan. Hasil terbaik adalah jika pasangan menyadari bahwa apa yang dilakukannya terhadap Anda selama ini adalah salah dan meminta maaf. 

    Di sisi lain, kemungkinan terburuknya adalah bertengkar. Namun, jika pasangan Anda temperamental dan suka menggunakan fisik saat menyelesaikan masalah, ada baiknya membahas hal ini melalui chat agar lebih aman. Usahakan mengungkapkan perasaan secara netral tanpa menyudutkan.

  2. Memahami Bahwa Ini Bukan Salah Anda
    Apabila Anda mendapatkan respon tidak baik atau perlawanan dari pasangan, coba renungkan lagi dan yakinkan diri bahwa ini bukanlah salah Anda. Sebab tidak ada gunanya memperjuangkan hubungan toxic yang hanya membuat Anda sakit hati.

    Ingatlah bahwa karakter buruk yang dimiliki pasangan bukan salah Anda, sehingga Anda tidak perlu bertanggung jawab untuk memperbaikinya. Oleh sebab itu, jika pasangan tidak menunjukkan keinginan untuk berubah, maka tidak perlu berpikir lagi untuk segera meninggalkannya.

  3. Percayalah Bahwa Anda Pantas Mendapatkan Pasangan yang Lebih Baik
    Sudah menjadi rahasia umum bahwa menyerang secara mental dengan menghancurkan rasa percaya diri kerap dilakukan oleh pasangan yang bersifat toxic. Tujuannya adalah supaya korban terjerat dalam hubungan tersebut dan merasa minder akan kualitas dirinya sendiri.

    Maka dari itu, jika pasangan mulai merendahkan, menjatuhkan martabat, dan mengolok-olok Anda, sebaiknya akhiri hubungan dengannya. Jangan percaya dengan apa yang dikatakan. Yakinlah bahwa Anda adalah orang baik dan berhak mendapatkan pasangan yang jauh lebih baik.

  4. Meminta Dukungan dari Orang Terdekat
    Akan sulit bagi Anda untuk move on dari toxic relationship tanpa dukungan orang terdekat. Terlebih lagi orang yang bersifat toxic umumnya manipulatif dan selalu tampil sebagai pasangan idaman. Bahkan, mungkin ia juga akan membuat kesan kalau Anda yang tidak pantas untuknya.

    Namun, jangan ragu untuk menceritakan yang sebenarnya pada orang terdekat. Dengan begitu, mereka bisa memberikan dukungan dan mencari jalan keluar terbaik. Selain itu, Anda juga tidak perlu stres karena memikul beban akibat hubungan beracun tersebut sendirian.

  5. Mempersiapkan Rencana Mandiri
    Menjalani hubungan beracun dalam jangka waktu lama bisa membawa kehancuran. Tidak jarang jika korban menjadi lemah tanpa daya, baik secara lahir, batin, hingga finansial. Hal tersebut pula yang membuat seseorang merasa sangat bergantung pada pasangan.

    Oleh sebab itu, jangan serta merta mengakhiri toxic relationship tanpa memiliki pegangan kuat. Sebelum mengakhiri hubungan, ada baiknya membuat rencana matang, mulai dari bagaimana cara bertahan hidup, hingga mengatasi teror yang mungkin akan Anda alami.

  6. Meminta Bantuan Profesional
    Move on dari hubungan beracun akan menguras waktu, tenaga, dan emosi. Anda bisa mempertimbangkan untuk berkonsultasi pada psikolog atau konselor yang telah berpengalaman dalam masalah ini untuk mendapatkan dukungan penuh.

    Namun, jika mendapatkan ancaman secara psikologis, fisik, atau seksual, sebaiknya segera beritahu pihak berwenang. Anda juga dapat menghubungi kantor polisi terdekat untuk melindungi diri.

  7. Memutus Kontak
    Pasangan yang bersifat toxic akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan Anda kembali. Oleh sebab itu, setelah meneguhkan hati untuk mengakhiri hubungan, sebaiknya Anda juga memutus segala bentuk komunikasi dengan mantan pasangan.

    Anda bisa mulai dengan memblokir nomor dan akun media sosialnya, atau bila perlu ganti nomor handphone Anda. Kecuali, jika Anda dan pasangan telah memiliki anak. Dengan catatan, sebisa mungkin batasi komunikasi dan bahas perihal anak saja.

 

Cari Tahu Cara Mengakhiri Toxic Relationship dengan Paket 2P (Internet + TV) atau Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome

Anda sedang menjalani hubungan yang memiliki ciri-ciri toxic relationship dan ingin segera mengakhirinya? Jika Anda masih bingung dan mencari cara untuk keluar dari hubungan tersebut, Anda bisa mencari informasinya melalui internet. Ada beragam tips untuk mengakhiri hubungan beracun yang bisa Anda jadikan acuan.

Agar Anda bisa mencari serta mengumpulkan informasi lebih mudah dan cepat, tentunya Anda membutuhkan jaringan internet stabil. Jadi, Anda bisa bebas browsing kapan saja tanpa perlu khawatir dengan jaringan internet yang bisa menghambat proses mencari informasi.

Jika saat ini Anda sedang mencari internet provider dengan jaringan internet cepat yang bisa mendukung aktivitas digital Anda, Anda bisa berlangganan Paket 2P (Internet + TV) atau Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome.

 

Apa Keuntungan Berlangganan Paket 2P (Internet + TV) atau Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome?

Selain menawarkan koneksi internet super cepat hingga 100 Mbps, pelanggan Paket 2P (Internet + TV) atau Paket 2P (Internet + Phone) juga akan mendapatkan benefit lain yang tidak kalah menarik. Maka dari itu, berlangganan paket ini merupakan solusi tepat untuk memenuhi segala kebutuhan Anda.

Di bawah ini merupakan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berlangganan Paket 2P (Internet + TV) atau Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome:

  • Paket 2P (Internet + TV)
    Anda bisa menikmati internet cepat mulai dari 20 Mbps hingga 100 Mbps, bebas nonton acara unggulan dari ratusan channel televisi favorit, bebas akses aplikasi UseeTV GO, dan bebas pilih salah satu dari beragam bonus yang ditawarkan (Study, Movies, dan Music).
  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Anda bisa menikmati internet cepat mulai dari 20 Mbps hingga 100 Mbps, bebas nelpon lokal/interlokal dari telepon rumah selama 300 menit, dan bebas pilih salah satu dari beragam bonus yang ditawarkan (Study dan Entertainment).

Dengan  Paket 2P (Internet + TV) atau Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome, Anda bisa mencari cara mengatasi toxic relationship dengan lebih cepat dan mudah melalui internet. Yuk, mulai dari sekarang kenali lebih jauh mengenai ciri-ciri, penyebab, dan cara mengatasi hubungan beracun agar terhindar dari hubungan yang tidak sehat.