Jalan-jalan Virtual ke Jepang Saat Tahun Baru dengan NHK World | IndiHome
27 DEC 2020        BLOG

Jalan-jalan Virtual ke Jepang Saat Tahun Baru dengan NHK World

Libur tahun baru kali ini terasa sangat berbeda karena tidak ada libur panjang. Pemerintah pun mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah demi mengurangi risiko terpapar virus Covid 19. Meski begitu, tahun baru di rumah tetap bisa menyenangkan bila ditemani oleh layanan WiFi murah dan cepat, lho!

Salah satu alternatif hiburan ketika tahun baru nanti adalah channel televisi dari Jepang bernama NHK World. Meski tidak bisa berkunjung langsung ke negara matahari terbit, setidaknya Anda masih bisa merasakan nuansa Jepang dari rumah.


Tayangan Menarik dari channel NHK World

NHK World Japan merupakan salah satu perusahaan broadcasting yang berasal dari Jepang. Perusahaan ini memiliki beberapa jenis media broadcasting yaitu televisi, radio, dan internet.

Perusahaan penyiaran atau broadcasting yang satu ini awalnya didirikan pada 1 April 1998 dengan nama NHK World TV. Kemudian format perusahaan diubah menjadi seperti saat ini dengan masa transisi selama 3 tahun, lebih tepatnya dari Juli 2006 sampai Desember 2009.

NHK World memang ditujukan untuk pasar internasional sehingga bisa pula dinikmati oleh pemirsa di Indonesia. Tayangan di channel NHK World ditransmisikan melalui satelit lalu didistribusikan oleh penyedia layanan televisi kabel di seluruh dunia.

Tayangan pada channel NHK World bisa dinikmati selama 24 jam tanpa henti oleh pemirsa di seluruh dunia. Namun, untuk bisa melihat channel tersebut Anda perlu berlangganan TV kabel terlebih dahulu.

Salah satu provider TV kabel sekaligus internet di Indonesia yang bisa menayangkan Channel NHK World adalah IndiHome. Anda perlu berlangganan minipack IndiJapan untuk bisa menikmati channel tersebut.

IndiJapan merupakan add-on atau layanan tambahan yang bisa dinikmati oleh para pengguna IndiHome di luar layanan basic. Cukup dengan menambahkan biaya Rp36.000 per bulan, Anda bisa menikmati layanan WiFi murah dan cepat serta bebas menonton channel NHK World sepuasnya.


Rekomendasi Acara Menarik di Channel NHK World

  1. Cycle Around Japan

    Rekomendasi acara pertama dari NHK World adalah Cycle Around Japan. Sama seperti namanya, acara ini dibawakan oleh presenter yang berkeliling Jepang dengan mengendarai sepeda kayuh. Sajian utamanya adalah pemandangan di berbagai wilayah Jepang yang selama ini jarang diperlihatkan di televisi.

    Sekali waktu, pembawa acara juga menginap di rumah warga lokal dan ikut dalam kegiatan mereka sehari-hari. Cycle Around Japan juga sering menampilkan kehidupan masyarakat tradisional Jepang yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat dunia. Kalau Anda ingin melihat Jepang secara lebih mendalam, Cycle Around Japan ini sangat cocok untuk Anda tonton. Acara ini hanya ditayangkan satu kali dalam sebulan pada hari Sabtu. Acara ini terakhir ditayangkan pada 12 Desember lalu. Kemungkinan besar episode selanjutnya akan ditayangkan pada awal Januari. Sangat tepat untuk menemani Anda di tahun baru nanti.


  2. Core Kyoto

    Rekomendasi acara di channel NHK World yang tidak kalah seru dari Cycle Around Japan adalah Core Kyoto. Sesuai dengan judulnya, acara televisi yang satu ini menampilkan Kyoto, ibu kota kuno Jepang dari sudut pandang lain. Acara yang ditayangkan setiap hari Rabu dan Kamis ini menampilkan tradisi dan budaya yang masih sangat kental di Kyoto.

    Kyoto memang terkenal sebagai sebuah wilayah di Jepang yang masih sangat kental akan budaya asli. Oleh karena itu, NHK World mencoba menampilkan Kyoto secara mendalam. Core Kyoto bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu di akhir tahun atau menjelang tahun baru nanti. Anda tetap bisa merasakan atmosfer kota Kyoto di Jepang hanya dari ruang keluarga.


  3. Dining with the Chef

    Sudah puas dengan tayangan budaya dan tradisi dari Jepang? Di channel NHK World, Anda juga dapat menikmati tayangan kuliner bertajuk Dining with the Chef. Acara televisi ini menampilkan dua orang chef bernama Chef Rika dan Chef Saito. Dalam setiap acara, keduanya selalu memasak menu-menu baru. Tentu saja makanan yang dimasak adalah kuliner khas Jepang.

    Kedua chef ini menghadirkan banyak inovasi dan ide baru dalam memasak berbagai masakan Jepang. Hal ini membuat penonton selalu merasa penasaran dengan menu-menu yang akan dihadirkan keduanya dalam setiap acara. Acara memasak dan kuliner ini ditayangkan setiap hari Selasa atau Jumat pada setiap minggunya. Catat jadwalnya dan jangan sampai ketinggalan.


  4. Lunch On

    Acara ini punya konsep yang cukup unik dan belum pernah dijumpai dalam tayangan televisi Indonesia. Judul acaranya adalah Lunch On yang menayangkan tentang kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang dari berbagai profesi. Lunch On banyak menyorot kehidupan para pekerja di Jepang. Selain itu, acara ini juga menayangkan proses pembuatan makanan yang dikonsumsi oleh pekerja tersebut.

    Pemandu acara Lunch On berkunjung ke berbagai daerah di Jepang untuk meliput proses pembuatan makan siang para pekerja atau masyarakat secara umum. Lunch On bisa Anda saksikan di NHK World pada setiap hari Kamis. Beberapa episode menarik yang pernah ditayangkan antara lain:

    • Lunch at the Mushroom Farm
    • Family Lunch at the Textile Factory
    • Lunch at the Fiscake Factory

    Penasaran dengan makan siang orang-orang Jepang dari berbagai latar belakang? Saksikan Lunch On hanya di channel NHK World.


Rekomendasi Film di channel NHK World

Tidak banyak film yang ditayangkan oleh channel NHK World. Meskipun begitu, film yang ditayangkan sangat menarik perhatian dan layak untuk Anda tonton. Berikut ini rekomendasi film yang ada di channel NHK World.

  1. 10 Years with Hayao Miyazaki

    Film ini merupakan dokumenter berseri yang bercerita tentang seseorang bernama Hayao Miyazaki. Sosok ini adalah seorang pembuat film yang sangat legendaris di Jepang. Dalam film ini, Miyazaki digambarkan sebagai sosok yang amat kreatif dan berbakat. Sosoknya sangat gigih dan tidak mudah menyerah.

    Sayangnya, kehidupan karirnya tidak berjalan seirama dengan kehidupan keluarganya. Miyazaki terlibat konflik dengan putranya sendiri sehingga membuat hubungan di antara keduanya menjadi renggang. Simak kisah perjalanan Hayao Miyazaki dalam film 10 Years with Hayao Miyazaki hanya di channel NHK World.


  2. Exploring Secrets of the World with One Pencil

    Film ini sebenarnya telah ditayangkan sejak April 2019 lalu namun masih bisa diakses oleh pelanggan channel NHK World sampai 2022 mendatang. Exploring Secrets of the World with One Pencil menceritakan kisah seorang animator bernama Seiji Ohara. Animator tersebut menggunakan sapuan halus pensil untuk menggambar anime.

    Film semi dokumenter ini menampilkan proses yang melatarbelakangi karya-karya Ohara. Pecinta anime tentunya sudah tidak asing dengan Seiji Ohara karena cerita pendeknya yang indah dan tidak lekang oleh waktu. Film dokumenter ini sangat cocok ditonton bersama dengan keluarga atau teman yang sama-sama menyukai anime.

    Liburan Natal dan tahun baru kali ini memang berbeda karena kita tidak bisa pergi ke mana-mana. Namun, tidak perlu khawatir karena tersedia banyak sekali pilihan untuk liburan virtual melalui internet. Anda cukup berlangganan WiFi murah dan cepat untuk membunuh rasa bosan.