Intip Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga untuk Menghindari Cedera | IndiHome
3 JAN 2022        BLOG

Intip Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga untuk Menghindari Cedera

Kerap disepelekan oleh sebagian orang, faktanya terdapat banyak manfaat pemanasan sebelum olahraga. Pasalnya, aktivitas fisik riang ini merupakan sebuah langkah penting untuk mempersiapkan otot dan sendi supaya bisa bergerak secara optimal, dan tentunya mencegah terjadi cedera.

Dilansir dari Mayo Clinic, pemanasan dapat meningkatkan suhu tubuh dan memaksimalkan aliran darah ke otot. Jenis dan waktu pemanasan sebelum olahraga juga berbeda-beda, sesuai kegiatan fisik. Umumnya, pemanasan dan peregangan dilakukan 10 atau 15 menit sebelum mulai olahraga.


10 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga
yang Wajib Anda Ketahui

Pada dasarnya, melakukan pemanasan sebelum berolahraga dilakukan dengan tujuan meningkatkan kinerja dan mencegah cedera tubuh. Namun, sebenarnya benefit pemanasan bukan hanya itu. Di bawah ini adalah manfaat lain pemanasan yang wajib untuk diketahui:

  1. Mencegah Cedera
    Pada kondisi normal otot tubuh cenderung kaku dan dingin. Namun, kegiatan pemanasan bisa membantu menaikkan aliran darah ke otot serta meningkatkan suhu tubuh sehingga otot menjadi lebih lentur. Dengan begitu, dapat meminimalisir kram otot dan cedera lain.

  2. Mencegah Nyeri Punggung Bawah
    Pemanasan terbukti efektif dalam meningkatkan fleksibilitas di area panggul, sekitar otot panggul, dan paha belakang. Ketiga bagian tersebut punya peran besar mengurangi beban tekanan di tulang lumbal belakang, sehingga resiko nyeri punggung bawah bisa dicegah.
     
  3. Menjaga Detak Jantung Tetap Stabil
    Salah satu tujuan pemanasan adalah meningkatkan kardiovaskular (pembuluh darah) dan sistem jantung secara bertahap. Jika Anda berolahraga tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu, otomatis degup jantung akan meningkat drastis dan menimbulkan resiko fatal.

    Sebuah riset menyebutkan, latihan fisik dengan intensitas tinggi yang dilakukan dadakan akan memberi dampak buruk pada kesehatan jantung seseorang, seperti fungsi jantung abnormal sehingga aliran darah ke otot jantung menurun drastis.
     
  4. Menambah Fleksibilitas
    Dilansir dari Healthline, pemanasan sebelum olahraga dapat meningkatkan fleksibilitas otot serta tubuh. Memiliki tubuh lentur tentu akan memberikan banyak keuntungan. Bukan hanya saat olahraga, tapi juga menjalankan aktivitas sehari-hari. Jadi, Anda tetap merasa bugar.
     
  5. Meningkatkan Performa Olahraga
    Berbagai gerakan dan peregangan Anda lakukan saat pemanasan berfungsi meningkatkan sirkulasi udara ke otot sehingga jadi lebih lentur. Hal ini juga berdampak terhadap peningkatan energi otot dan memperluas refleks serta jangkauan geraknya.

    Meningkatnya performa otot otomatis akan mempengaruhi kegiatan olahraga. Salah satunya adalah tubuh mampu berolahraga lebih lama atau melakukan latihan lebih keras. Dengan begitu, otot-otot tubuh bisa bekerja secara efektif dan efisien.

  6. Memperbaiki Postur Tubuh
    Siapa sangka, jika aktivitas peregangan dapat memperbaiki tubuh secara perlahan. Oleh sebab itulah, dianjurkan untuk tidak melewatkan sesi pemanasan sebelum latihan fisik berat.

  7. Meningkatkan Kualitas Tidur
    Melakukan peregangan secara teratur juga ampuh dalam meningkatkan kualitas tidur. Caranya simple, lakukan gerakan peregangan (stretching) sebelum tidur. Trik ini juga sangat direkomendasikan untuk penderita insomnia yang sering merasa kesulitan tidur.
     
  8. Mengurangi Stres
    Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Functional Morphology and Kinesiology menyebutkan, bahwa pemanasan sebelum olahraga dapat membantu mengurangi stres. Sebab beberapa gerakan pemanasan dapat membantu menstabilkan aliran darah ke otak.
     
  9. Memelihara Kesehatan Tulang dan Sendi
    Dilansir dari Journal of Exercise Rehabilitation, disebutkan jika pemanasan dapat memperluas rentang gerak sendi serta memelihara dan meningkatkan kinerjanya. Apalagi, saat olahraga bukan hanya otot yang rentan mengalami cedera, tapi juga tulang dan sendi.

    Pemanasan bisa memberikan cairan pelumas dalam jumlah banyak ke area persendian. Jadi, sendi lebih licin dan fleksibel ketika digunakan berolahraga. Di samping itu, pemanasan juga efektif mencegah risiko mengalami cedera punggung serius.

  10. Mempersiapkan Mental
    Melakukan pemanasan adalah salah satu cara mempersiapkan mental untuk menghadapi latihan fisik berat. Hal ini juga mampu meningkatkan keterampilan, teknik, hingga koordinasi. Terutama meminimalisir perasaan tidak nyaman saat menghadapi kompetisi olahraga.


Teknik Pemanasan Sebelum Olahraga yang Dapat Dicoba

Pemanasan terbagi atas dua jenis, yaitu statis dan dinamis. Gerakannya terdiri dari latihan kardiovaskular ringan yang dikombinasikan dengan peregangan. Sesi pemanasan umumnya berlangsung dalam durasi 5 – 10 menit, tergantung tipe aktivitas (olahraga) yang akan dilakukan.

Berikut adalah beberapa teknik pemanasan yang bisa diterapkan:

  • Stretching Ringan
    Meregangkan seluruh bagian anggota tubuh, mulai kaki, lengan, bahu, hingga pergelangan tangan. Lakukan stretching selama 15 menit untuk melenturkan otot, sendi, dan tubuh.
  • Jalan Kaki
    Aktivitas pemanasan ringan ini ampuh mencegah terjadi nyeri otot ketika berolahraga. Anda bisa jalan kaki berkeliling selama 30 menit untuk membuat otot terasa lebih rileks.
  • Lari di Tempat
    Pemanasan juga dapat dilakukan dengan lari di tempat selama 3 – 5 menit. Gerakan statis ini memiliki manfaat besar dalam merangsang kardio dan melancarkan peredaran darah.
  • Jumping Jack
    Teknik gerakan melompat sambil membuka dan menutup tangan serta kaki ini bukan hanya akan melenturkan otot tubuh, namun juga sendi tulang.
  • Squat Tanpa Beban
    Melakukan squat sekitar 3-5 menit dapat memperkuat telapak kaki, betis, paha, dan otot panggul, sehingga Anda terhindar dari resiko terserang nyeri otot ketika olahraga.

Temukan Informasi Seputar Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga Secara Lebih Cepat dengan Add-on Upgrade Speed dari IndiHome

Internet lelet bukan hanya menghambat proses menemukan berbagai informasi penting yang dibutuhkan. Namun, perlahan-lahan juga bisa mempengaruhi kondisi psikis atau mental seseorang. Pasalnya, saat browsing hal urgent tapi internet tidak memadai, maka akan memicu bad mood.

Coba saja hitung sendiri, berapa kali Anda merasa kesal karena koneksi internet tidak mendukung dalam satu hari? Kalau jawabannya adalah sering, berarti ini sudah saatnya Anda berlangganan add-on Upgrade Speed dari IndiHome untuk meningkatkan kecepatan internet agar bisa browsing sepuasnya.


Apa Itu Add-on Upgrade Speed?

Anda perlu tahu, bahwa semakin banyak jumlah perangkat serta kegiatan online di rumah, otomatis kebutuhan internet juga meningkat. Cara paling mudah mengatasi hal tersebut adalah meningkatkan kecepatan internet. Dengan begitu, kebutuhan internet Anda dan keluarga di rumah bisa tetap terpenuhi.

Add-on Upgrade Speed IndiHome memungkinkan pelanggan untuk menambah kecepatan internet mulai dari 20 Mbps hingga 50 Mbps. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pemakaian. Setelah kecepatan internet ditingkatkan, dijamin Anda bisa online lancar tanpa hambatan.

Lalu, apa saja benefit yang akan didapatkan setelah aktivasi Upgrade Speed? Berikut adalah beberapa keuntungan berlangganan add-on Upgrade Speed yang perlu diketahui:

  • Menambah kecepatan internet sesuai keinginan.
  • Rasakan kemudahan upgrade kecepatan internet permanen sesuai kebutuhan.
  • Layanan Upgrade Speed langsung aktif dengan biaya yang akan ditagihkan setiap bulan.

Produk add-on lain dari IndiHome yang wajib dipertimbangkan:

  • Speed on Demand
    Menambah kecepatan internet secara sementara sesuai keinginan.
  • Wifi.id Seamless
    Bebas internetan kapan dan di mana saja dengan jaringan luas Wifi.id yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.
  • Minipack Channel TV
    Tambahkan berbagai channel televisi favorit sesuai keinginan.

Setelah menaikkan kecepatan internet dengan aktivasi add-on Upgrade Speed dari IndiHome, sekarang Anda bisa menemukan manfaat pemanasan sebelum olahraga secara mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga dapat mempelajari teknik pemanasan yang baik dan benar melalui internet.