Intip 9 Fakta Menarik Sirkuit Internasional MotoGP Mandalika | IndiHome
7 MAR 2022        BLOG

Intip 9 Fakta Menarik Sirkuit Internasional MotoGP Mandalika

Pada tanggal 11-13 Februari lalu para pembalap dunia MotoGP menghadiri tes pramusim MotoGP Mandalika di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sirkuit yang bernama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit ini dibangun sebagai salah satu tuan rumah berbagai ajang balap kelas dunia. Sebelumnya sirkuit internasional tersebut digunakan untuk event Superbike WSBK 2021. Kini, Sirkuit Internasional Mandalika siap digunakan untuk ajang balap motor bergengsi dunia, MotoGP.

Meski baru saja diresmikan, sirkuit internasional yang akan menjadi tuan rumah MotoGP Mandalika ini ternyata memiliki sembilan fakta menarik. Apa saja? Ini dia:

  • Terdapat 17 Tikungan dan 40 Garasi
    Dari cuitan akun Twitter resmi MotoGP, diketahui bahwa Sirkuit Mandalika ternyata hadir dengan 17 corners atau tikungan yang terbagi menjadi 11 tikungan kanan dan 6 tikungan kiri. Selain tikungan tersebut, lintasan untuk ajang MotoGP Mandalika ini memiliki 40 paddock atau garasi untuk tim pembalap yang dibangun secara permanen. Sedangkan di bagian atas terdapat area khusus bagi pers untuk meliput acara balap bergengsi ini. Semua 17 tikungan dan 40 garasi tersebut dibangun di atas sirkuit dengan panjang mencapai 4,3 km.
  • Tingkat Kesulitan yang Menantang
    Hasil tes pramusim MotoGP Mandalika lalu mendapatkan berbagai macam tanggapan dari para pembalap MotoGP, salah satunya Enea Bastianini. Pembalap Gresini Racing ini menganggap Sirkuit Internasional Mandalika merupakan salah satu sirkuit MotoGP dengan tingkat kesulitan di atas rata-rata. Hal ini dinilai dari lintasan yang memiliki tikungan cepat dan menarik dengan berbagai pemberhentian besar dan teknis yang lebih ketat. Ditambah dengan suhu tropis Indonesia, faktor ini bisa menjadi hal menantang lain yang perlu ditaklukkan oleh para pembalap MotoGP yang akan berlaga di Sirkuit Mandalika.
  • Terletak di Destinasi Super Prioritas Indonesia
    Mandalika termasuk dalam 5 destinasi super prioritas yang merupakan bagian dari program pemerintah untuk memaksimalkan potensi wisata dan ekosistem ekonomi kreatif dari lima wilayah terpilih. Di sinilah sirkuit bertaraf internasional sebagai tuan rumah MotoGP Mandalika dibangun. Bahkan, keindahan Mandalika bisa dinikmati secara langsung dari tribun sirkuit. Pemerintah juga berupaya untuk mengoptimalkan aksesibilitas dan infrastruktur Mandalika. Dimulai dengan pembangunan perpanjangan lintasan pesawat di bandara serta akses jalan langsung dari Bandara Internasional Lombok ke Mandalika. Pembangunan Pelabuhan Gili Mas pun terus ditingkatkan sebagai cruise terminal guna memfasilitasi penumpang dan lalu lintas barang melalui jalur laut. 
  • Dirancang oleh Arsitek Kelas Internasional
    Pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit dipercayakan pada perusahaan arsitektur asal Amerika Serikat, Populous. Perusahaan tersebut memiliki jam terbang tinggi, khususnya dalam pembangunan berbagai tempat penyelenggaraan olahraga ternama, seperti stadion sepakbola terkenal di London, Wembley Stadium. Sirkuit Mandalika berhasil diselesaikan oleh Populous selama 1 tahun 1 bulan, dari tanggal 16 Juni 2020 hingga 15 Agustus 2021. 
  • Motif Tenun Sasak di Area Run-off
    Hal lain yang menarik dari sirkuit perhelatan MotoGP Mandalika ini adalah motif tenun sasak yang menghiasi aspal luar di tikungan ke-15 dan 16. Motif tersebut hadir dengan corak Subahnale berwarna merah dan putih. Subahnale sendiri dipercaya sebagai kalimat pembersihan (tasbih) dalam bahasa Sasak. Masyarakat Sasak percaya bahwa motif tersebut terlahir dari kebiasaan para wanita setempat yang menenun sembari membaca kalimat tasbih.
  • Masuk 3 Rekor MURI

    Selain pelaksanaan tes pramusim MotoGP Mandalika, Sirkuit Internasional Mandalika juga berhasil menarik perhatian dengan menyabet tiga rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sekaligus. Rekor tersebut terdiri dari:

    • Pembangunan konstruksi modular dalam waktu tercepat, yakni 21 hari.
    • Pengaspalan menggunakan teknologi Building Information Modelling (BIM) dengan volume terbanyak.
    • Pembangunan sirkuit pertama standar Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).
  • Kapasitas Penonton Cukup Besar
    Sirkuit Internasional Mandalika dapat menampung kapasitas penonton hingga ratusan ribu orang. Area grand seating street Sirkuit Mandalika kabarnya bisa menampung 50.000 tempat duduk, sedangkan non-seated area (tribun berdiri) mampu menampung sekitar 138.000 penonton. Terdapat juga area hospitality suites yang bisa menampung 7.700 orang.
  • Sirkuit MotoGP Terindah di Dunia
    Pertamina Mandalika International Street Circuit berlokasi di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Berdasarkan letak geografisnya, lokasi tersebut termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang memiliki kawasan pantai indah. Bahkan, garis pantai bisa dilihat langsung dari tribun pantai. Tidak sedikit pembalap yang menghadiri pramusim MotoGP Mandalika merasa dimanjakan oleh keindahan alam Mandalika. Kawasan Lombok sendiri memang dikenal sebagai salah satu tempat terindah dengan banyak hidden gem yang mampu menarik minat para wisatawan dalam dan luar negeri.
  • Biaya Pembangunan Mencapai Rp1,2 Triliun
    Sirkuit Mandalika dibangun dengan total biaya mencapai Rp1,2 triliun. Dana tersebut dialokasikan untuk pembangunan pit building dan race control sebesar Rp900 miliar, sedangkan pembangunan track line mencapai Rp200-300 miliar.

Nonton MotoGP Mandalika 2022 Tanpa Terhambat Jaringan dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Menjadi suatu kebanggaan bagi Indonesia untuk dapat mengadakan perhelatan balap kelas dunia seperti MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika. Nah, Anda pun bisa menikmati keseruan MotoGP Mandalika 2022 di channel SPOTV melalui IndiHome TV. Selain melalui layar IndiHome TV, Anda juga bisa menyaksikannya secara live streaming melalui aplikasi UseeTV GO atau UseeTV.com.

Agar live streaming MotoGP lancar, Anda bisa berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar). Selain menghadirkan koneksi internet super cepat, Anda juga dapat menyaksikan tayangan favorit dari ratusan channel TV unggulan dan bonus nelpon hingga 100 menit untuk jaringan lokal maupun interlokal.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) hadir dalam tiga pilihan paket, yaitu;

  • Paket 2P (Internet+Phone) dengan kecepatan hingga 100 Mbps dan biaya berlangganan mulai dari Rp300ribu-an saja per bulan. Anda akan mendapatkan bonus nelpon lokal/interlokal selama 100 menit, bonus cashback LinkAja Rp100.000, dan bebas akses berbagai tayangan berkualitas dari Disney+ Hotstar.
  • Paket 2P (Internet+TV) dengan kecepatan internet mulai dari 30 Mbps hingga 100 Mbps dan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Anda juga akan mendapatkan bonus cashback LinkAja Rp100.000, bebas akses tayangan berkualitas di 100 channel TV dan ekstra 57 channel TV selama 3 bulan serta bebas nonton berbagai tayangan berkualitas dari Disney+ Hotstar. Untuk kecepatan internet 50 Mbps dan 100 Mbps, Anda juga mendapatkan bebas akses MOLA, WeTV iflix, CATCHPLAY+, Vidio dan minipack IndiMovie 2.

Paket 3P (Internet+TV+Phone) mulai dari 30 Mbps hingga 100 Mbps dan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Melalui paket lengkap ini, Anda akan mendapatkan bonus nelpon hingga 100 menit di jaringan lokal/interlokal, cashback LinkAja Rp100.000, bebas akses tayangan berkualitas di 100 channel TV dan ekstra 57 channel TV selama 3 bulan serta bebas nonton berbagai tayangan berkualitas dari Disney+ Hotstar. Untuk kecepatan internet 50 Mbps hingga 100 Mbps, Anda juga mendapatkan bebas akses MOLA, WeTV iflix, CATCHPLAY+, Vidio dan minipack IndiMovie 2.