Find My Device, Cara Cari HP yang Hilang | IndiHome
17 MAY 2022        BLOG

Find My Device, Cara Cari HP yang Hilang

Ponsel pintar atau smartphone menjadi salah satu bagian yang penting dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Jika hilang, tentunya akan menjadi masalah besar. Belum lagi banyak data-data penting yang tersimpan di sana. Untuk itu, Anda perlu bergerak cepat untuk mengamankan data tersebut. Tetapi, jangan panik dulu ya, karena sekarang sudah ada fitur Find My Device (FMD) yang bisa membantu Anda menemukan ponsel yang hilang atau terselip. Fitur ini juga bisa dinikmati oleh pengguna smartphone berbasis Android maupun iOS.   

Fitur Find My Device sendiri memiliki fungsi untuk melacak dan menemukan ponsel pintar yang hilang. Cara dan pengoprasiannya pun cukup mudah. Hanya kurang dari 10 menit saja, ponsel Anda bisa ditemukan kembali. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan fitur ini. Berikut informasi selengkapnya!


Syarat Aktifkan Fitur
Find My Device

Bagi pengguna ponsel berbasis Android, Anda perlu memperhatikan syarat berikut ini sebelum dapat menggunakan fitur FMD. Syaratnya adalah:

  • Ponsel yang hilang harus dalam kondisi aktif
  • Ponsel telah terhubung dengan akun Google
  • Ponsel terhubung jaringan internet
  • Terdeteksi di Google Play
  • Fitur Location Service dan Find My Device telah diaktifkan

Setelah memenuhi syarat di atas, Anda dapat menggunakan fitur Find My Device tanpa dipungut biaya sepeser pun. Lantas, bagaimana cara menggunakannya.

 
Gunakan Find My Device Melalui Smartphone Android

Jika ponsel hilang, Anda bisa menggunakan ponsel cadangan milik sendiri atau meminjam pada orang terdekat agar bisa mengakses fitur Find My Device. Pastikan bahwa akun Google yang Anda gunakan sama dengan akun Google yang terdaftar di ponsel yang hilang. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Unduh aplikasi Find My Device melalui Google Play Store kemudian install
  • Jalankan aplikasi, masukkan akun Google yang digunakan dalam ponsel Android yang hilang

Setelah login, Anda akan dialihkan ke tampilan maps. Terdapat juga beberapa opsi yang bisa Anda pilih untuk mengamankan ponsel yang hilang, di antaranya:

  1. Play Sound; ponsel akan bergetar dan berbunyi selama 5 menit dengan volume maksimal sehingga Anda dapat mendeteksi lokasi ponsel tersebut dengan cepat. Tinggal aktifkan saja fitur Play Sound dan pilih menu Stop Sound jika ponsel sudah ditemukan.
  2. Lock; fitur ini memungkinkan Anda untuk mengunci ponsel yang hilang secara otomatis sehingga orang lain tidak dapat mengaksesnya. Cara mengaktifkannya yaitu dengan memilih opsi Lock > masukkan password baru dua kali > input nomor yang bisa dihubungi jika ponsel berhasil ditemukan
  3. Erase; opsi ini mampu menghapus semua data secara manual melalui Find My Device. Mulai dari foto, video, hingga aplikasi, semuanya akan terhapus secara permanen. Jika ponsel dalam keadaan mati, opsi Erase akan berfungsi jika perangkat tersebut diaktifkan kembali.

 
Gunakan Find My Device di Notebook/PC

Jika tidak ada ponsel cadangan, Anda bisa menggunakan fitur Find My Device melalui notebook atau PC. Caranya:

  • Buka browser dari PC kemudian buka website https://android.com/find untuk pengguna ponsel Android atau https://icloud.com untuk pengguna iPhone
  • Masukkan akun Google atau ID Apple yang digunakan dalam ponsel yang hilang
  • Khusus pengguna iPhone, selanjutnya pilih All Device dan tipe iPhone yang hilang

Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke tampilan maps yang menunjukkan lokasi terakhir ponsel beserta informasi terkait daya baterai hingga kapan ponsel tersebut terakhir diaktifkan.

 
Find My iPhone untuk Pengguna iPhone

Khusus pengguna ponsel pintar berbasis iOS dapat menggunakan fitur Find My iPhone untuk menemukan iPhone yang hilang. Caranya pun sangat mudah, tapi pastikan dulu Anda telah mengaktifkan fitur Find My iPhone dengan cara berikut ini:

  • Buka menu Setting di ponsel iPhone
  • Sign in dan klik ID Apple
  • Pilih menu Find My iPhone > aktifkan Find My iPhone dan Send Last Location ke posisi ON

Tidak jauh berbeda dari fitur Find My Device dalam ponsel Andoid, Find My iPhone pun menawarkan tiga opsi, yaitu Play Sound, Lost Mode untuk mengunci iPhone yang hilang, dan Erase untuk menghapus data secara permanen. Jika kondisi iPhone dalam keadaan mati atau tidak terhubung dengan jaringan internet, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan untuk ID Apple. Dalam email tersebut terdapat info terkait kondisi terakhir iPhone Anda.

 
Akses Fitur Find My Device Tanpa Terhambat Jaringan dengan Berlangganan Paket Bebas Tanpa Batas dari IndiHome

Kehilangan ponsel pintar memang sangat merepotkan, tapi kehadiran fitur Find My Device dapat menjadi solusi untuk dapat menemukan kembali ponsel tersebut dan mengurangi risiko penyalahgunaan data pribadi. Namun, menggunakan fitur ini tentunya harus didukung oleh jaringan internet yang mumpuni, kan? Untungnya masalah jaringan internet lemot dan putus-putus tidak akan menghambat Anda dalam menemukan ponsel yang hilang. Kenapa? Karena sudah ada Paket Bebas Tanpa Batas dari IndiHome yang akan memenuhi kebutuhan online dan digital Anda setiap saat. 

Tidak hanya menawarkan biaya berlangganan yang super efisien, Paket Bebas Tanpa Batas dari IndiHome menawarkan benefit berupa internetan dengan kecepatan hingga 50 Mbps dan akses ke berbagai tayangan unggulan dari channel TV pilihan. Ditambah lagi ada diskon biaya berlangganan hingga 39% lho! Spesialnya lagi, Anda bisa bebas atur perangkatnya, karena modem serta STB (Set Top Box) dapat dibeli dengan berlangganan paket ini. Paket Bebas Tanpa Batas tersedia dalam dua pilihan, yaitu: 

  • Paket Bebas Tanpa Batas 1P (Internet Only)
    Dengan biaya berlangganan mulai Rp255.000/bulan, Anda bisa internetan di jaringan super cepat IndiHome mulai dari 30 Mbps hingga 50 Mbps. Khusus pelanggan baru, dapatkan diskon 50% untuk biaya pemasangan baru. 
  • Paket Bebas Tanpa Batas 2P (Internet + TV)
    Paket ekonomis yang menyediakan kecepatan internet 50 Mbps dengan biaya berlangganan Rp360.000/bulan. Dapatkan juga benefit lain berupa bebas akses hingga 100+ channel TV untuk menyaksikan berbagai tayangan unggulan setiap harinya.

Di mana lagi Anda bisa mendapatkan benefit menarik di atas selain dari layanan platform digital IndiHome. Yuk, langganan Paket Bebas Tanpa Batas sekarang juga dan nikmati akses sepuasnya ke berbagai konten digital menarik tanpa terhambat koneksi atau biaya berlangganan yang kemahalan.