Daftar Pemain Legendaris Liverpool dan Sejarah Liverpool yang Wajib Kamu Ketahui | IndiHome
15 JAN 2021        BLOG

Daftar Pemain Legendaris Liverpool dan Sejarah Liverpool yang Wajib Kamu Ketahui

Siapa yang tidak mengenal atau setidaknya mendengar nama klub raksasa Liverpool? Apalagi bagi Kamu yang mengaku pecinta sepakbola, hampir tidak mungkin jika tak pernah mendengar nama klub papan atas liga Inggris ini. Liverpool tidak hanya kuat di Inggris namun mempunyai tradisi juara juga di liga Eropa. 

 

Profil Liverpool

Liverpool merupakan salah satu dari berbagai klub besar yang dimiliki oleh Liga Primer Inggris. Klub sepakbola asal kota liverpool ini mendapat julukan sebagai The Reds, Liverpool pernah berada di puncak tertinggi klasemen klub Inggris yang berhasil meraih trofi terbanyak yang kemudian bersaing ketat dengan Manchester United.

Saat ini, Liverpool dipimpin oleh pelatih Jurgen Klopp, manajer asal Jerman yang berhasil menguatkan klub Liverpool hingga kuat secara fisik dan mental. Hasilnya, Jurgen Klopp berhasil memegang kunci sebagai salah satu pelatih legendaris Liverpool. 

Kesuksesan Liverpool juga didukung oleh anggota klub yang kompak dan berdedikasi tinggi. Jordan Henderson kini memegang posisi sebagai pemimpin kunci timnya. Secara skill, Jordan Henderson memang tidak sehebat pemain lainnya, namun ia adalah sosok yang penuh karisma serta ber determinasi.

Tulang punggung lainnya yang dimiliki Liverpool seperti Virgil Van Dijk, Alisson, serta Mohamed Salah. Liverpool juga memiliki daftar pemain cadangan yang mumpuni seperti Naby Keita, Alex Oxlade – Chamberlain, Joel Matip, Adrian dan James Milner.

 

Sejarah Klub Raksasa Liverpool

Klub sepakbola Liverpool berdiri pada tahun 1892 oleh seorang pengusaha John Houlding, pemilik Anfield serta mantan pemimpin Everton. Sejak awal berdirinya, The Reds memang sudah menunjukkan tanda-tanda bakal menjadi salah satu klub papan atas liga Inggris.

Pembentukan Liverpool diawali oleh terjadinya konflik antara komite Everton dengan Houlding terkait pengelolaan klub sepakbola. Hal ini mengakibatkan The Toffees memutuskan untuk meninggalkan Stadion Anfield dan beralih ke Stadion Goodison Park, yang sudah menjadi stadion tim sejak 1884. 

Agar stadion yang dikelolanya kembali memiliki penghuni, John Houlding lantas membentuk tim sepakbola baru yang dinamai Athletic Grounds dan Everton FC yang menjadi Everton Athletic. Everton Athletic pun kemudian diubah menjadi Liverpool FC karena FA tidak menyetujui pemakaian nama Everton pada tim.

Sejak awal berdirinya, Liverpool menunjukkan kesuksesan yang lebih mumpuni dibandingkan klub sebelah yang berusia 14 tahun lebih tua. Liverpool berhasil memenangkan kejuaraan Lancashire League yang merupakan kompetisi antar klub yang diadakan di kawasan utara Inggris sejak awal debutnya. 

Liverpool pun terus melebarkan sayapnya dan mengumpulkan gelar juara di masa keemasan tahun 1970an sampai 1980an. Saat itu Liverpool dipimpin oleh dua orang manajer legendaris yaitu Bob Paisley dan Bill Shankly. 

 

Raihan Trofi Liverpool darI Sejak Berdiri Hingga Saat Ini

Terakhir kali Liverpool meraih gelar juara adalah pada tanggal 28 April 1990 setelah mengalahkan klub Queens Park Rangers pada pekan ke-37 dengan raihan skor 2-1 di Stadion Anfield. Sayangnya, raihan trofi ini ternyata menjadi yang terakhir sebelum The Reds harus puasa panjang 3 dekade.

Setelahnya, Liverpool harus menelan pil pahit menduduki posisi runner up di musim berikutnya yaitu (1990/1990) dengan Arsenal sebagai juara. Hal ini membuat tim raksasa asal Negeri Ratu Elizabeth hanya berhasil mengumpulkan 18 trofi hingga tahun 2020.

Liverpool sempat puasa trofi Liga Primer Inggris selama tiga dekade terutama pada periode tahun 1990 an sampai tahun 2010 akibat persaingan ketat dengan klub Manchester United yang sangat dominan saat itu. Sejak Liga Inggris menjadi Premier League, Liverpool hanya berhasil meraih posisi runner up empat kali.

Sebaliknya, Manchester United merajai Premier League dengan meraih 13 gelar juara. Sementara itu, Liverpool hanya berada di posisi nyaris meraih gelar juara beberapa kali. Sayangnya, klub ini kembali gagal mencetak poin pada laga berikutnya.  

Namun, semenjak kedatangan pelatih Jurgen Klopp, klub raksasa ini kembali menunjukkan taringnya. Liverpool kembali meraih trofi Liga Inggris di tahun 2020 ini setelah setahun sebelumnya juga sukses meraih gelar juara di Liga Champions. 

Gelar juara berhasil dikunci oleh Liverpool di pekan ke-31 dan mencetak rekor terbaru sebagai tim yang tercepat mendapat gelar juara.

 

Para Legenda Liverpool

  1. Ian Callaghan
    Tidak ada yang memungkiri bahwa Ian Callaghan merupakan salah satu pemain legendaris terbaik yang pernah dimiliki oleh Si Merah. Ian Callaghan adalah pemain pertama yang berhasil mengantarkan klub Liverpool ke pentas juara Piala FA di tahun 1965.

    Ia juga berhasil mengantarkan klub Liverpool meraih gelar juara pada Piala Eropa di tahun 1977. 

  2. Ray Clemence
    Ray Clemence adalah pemain legendaris dari Liverpool yang berhasil membawa timnya meraih gelar Piala Eropa secara terus menerus dalam kurun waktu 4 tahun yakni sejak 1977 sampai 1980. 

  3. Emylin Hughes
    Emylin Hughes merupakan kapten Liverpool legendaris pada era tahun 1970an sampai 1980an awal yang berhasil membawa timnya meraih 2 gelar perdana Piala Eropa sejak tahun 1977 sampai 1978.

  4. Phil Neal
    Phil Neal tidak hanya menjadi pemain legendaris Liverpool, namun juga pemain legendaris Inggris yang tampil bermain pada laga final Piala Eropa hingga lima kali.

  5. Bruce Grobbelaar
    Bruce Grobbelaar merupakan pemain dengan julukan berkaki spaghetti karena kelincahannya dalam menggocek bola di laga final Piala Eropa tahun 1984. 

  6. Alan Hansen
    Alan Hansen merupakan pemain legendaris Liverpool yang berhasil membawa rekan timnya menjuarai Liga Inggris pada periode tahun 1980an hingga memperoleh 8 trofi sejak tahun 1979 sampai 1990.

 

Gunakan Mola TV App di IndiHome untuk Akses Pertandingan Klub Papan Atas Liga Inggris Tanpa Batas

Supaya akses berbagai pertandingan olahraga termasuk liga Inggris Kamu tidak terganggu, pastikan hanya memilih Mola TV App di IndiHome untuk akses tidak terbatas. Mola TV App merupakan layanan penyiaran Liga Inggris secara resmi di Indonesia dan juga laga pertandingan Timnas Indonesia.

Ada berbagai tayangan lainnya yang disediakan melalui Mola TV App seperti:

  1. Pertandingan EPL (Liga Inggris) & Carabao Cup (Piala Liga)
  2. Tim Nasional & Garuda Select
  3. Liga Jerman (Bundesliga)
  4. Liga Belanda (Eredivisie) 
  5. Copa Libertadores & Copa Sudamericana 
  6. Euro Cup 2020
  7. Kompetisi Balap Mobil dan Motor (WRC - World Rally Championship, WorldSBK - Superbike World Championship, dll)
  8. Dan juga berbagai film Box Office & Serial unggulan

Bagi para penggemar sepakbola, Mola TV App menayangkan Liga Premier Inggris secara rutin setiap minggu. Seluruh pertandingan disiarkan secara live melalui Mola TV App. Kamu juga bisa menonton ulang tayangan yang Kamu lewatkan melalui fitur yang tersedia. 

Kerjasama antara IndiHome dengan penyedia layanan streaming video Mola TV dihadirkan lewat saluran Mola TV App yang bisa diakses di Hybrid Box IndiHome. Biaya langganan Mola TV App melalui IndiHome sangat terjangkau, mulai dari Rp50 ribuan saja per bulannya. 

Untuk menikmati Mola TV App bagi pengguna Hybrid Box IndiHome caranya sangat mudah. Kamu dapat mengunduh Mola TV App yang tersedia di menu Usee Apps Store, kemudian melakukan registrasi, maka Kamu bebas mengakses seluruh konten yang ada di Mola TV App di IndiHome. Setelah itu biaya berlangganan akan otomatis dibebankan pada tagihan IndiHome sehingga memberikan kemudahan pembayaran.