Cara Screenshot di Komputer dengan Shortcut Keyboard dan Aplikasi | IndiHome
13 DEC 2022        BLOG

Cara Screenshot di Komputer dengan Shortcut Keyboard dan Aplikasi

Kalau screenshot di smartphone pasti sudah tahu caranya, kan? Kalau screenshot di komputer atau laptop, kira-kira bagaimana, ya? Tak jarang ini jadi pertanyaan dari pengguna PC. Pasalnya, pengambilan tangkapan layar bisa terkesan ribet kalau Kamu tidak tahu caranya. Padahal sama seperti di smartphone, cara screenshot di komputer tak kalah mudahnya.

Pada dasarnya, ada dua cara yang bisa Kamu lakukan, yaitu dengan mengandalkan shortcut keyboard dan aplikasi. Untuk lebih jelasnya, cukup perhatikan panduan di bawah ini, maka Kamu tidak perlu bingung lagi bila ingin mengambil tangkapan layar di komputer!

Cara Screenshot di Komputer dengan Shortcut Keyboard

Shortcut keyboard merupakan kombinasi dua tombol keyboard atau lebih untuk memunculkan perintah tertentu. Sesuai pengertiannya, Kamu hanya perlu menekan tombol-tombol tersebut secara bersamaan agar sistem atau program komputer dapat berfungsi sesuai perintah. Ini pun berlaku bila Kamu ingin melakukan tangkapan layar di komputer.

Shortcut keyboard yang bisa memunculkan fungsi screenshot adalah:

 

  • Tombol PrtScr

    Tombol ini biasanya terletak di kanan atas keyboard. Hanya tekan tombol tersebut, sistem akan melakukan tangkapan layar. Hasil tangkapan yang tersimpan di clipboard bisa Kamu simpan dengan cara:

    1. Buka aplikasi Paint
    2. Tekan tombol Ctrl + V untuk menampilkan hasil screenshot
    3. Klik gambar disket pada sisi kiri lalu pilih Save As
    4. Simpan screenshot dengan format yang diinginkan

 

  • Tombol Alt + PrtScr

    Jika Kamu ingin mengambil screenshot di jendela yang sedang aktif, tekan kombinasi tombol ini secara bersamaan. Setelah itu, ulangi cara menyimpan tangkapan layar seperti metode di atas dengan menggunakan aplikasi Paint. Opsi lain jika kombinasi tombol ini tidak bekerja, Kamu bisa menekan tombol Alt + Fn + PrtScr bersamaan.

 

  • Tombol Windows + Shift + S

    Kombinasi tombol ini akan mengubah layar menjadi abu-abu dan kursor menjadi ikon plus (+). Tandanya Kamu bisa mengambil tangkapan layar secara spesifik dengan cara klik dan drag saja. Setelah itu beralih ke aplikasi Paint untuk melihat hasil tangkapan dan simpan gambar yang diinginkan.

 

  • Tombol Windows + PrtScr

    Khusus pengguna Windows 10, cara screenshot di komputer ini terbilang efisien karena Kamu tidak perlu beralih ke aplikasi Paint untuk menyimpan gambar. Setelah menekan kombinasi tombol ini secara bersamaan, tangkapan layar akan tersimpan otomatis di direktori C:Users[nama user]/PicturesScreenshots.

 

 

Cara Screenshot di Komputer dengan Aplikasi

Selain kombinasi tombol atau shortcut keyboard, cara screenshot di komputer juga bisa melalui aplikasi berikut ini:

 

  • Snipping Tool

    Sejak era Windows Vista, pengguna PC berbasis Windows bisa menggunakan aplikasi ini untuk berbagai fungsi, salah satunya screenshot layar. Cara menggunakannya yaitu:

    1. Buka aplikasi Snipping Tool
    2. Pilih menu NEW hingga muncul tampilan abu-abu di area layar dan perintah untuk mengarahkan tanda panah ke area yang diinginkan
    3. Setelah preview screenshot muncul, klik ikon disket di sisi kiri atas untuk menyimpan gambar

 

  • Xbox

    Windows 10 menghadirkan aplikasi bawaan seperti Xbox. Di dalamnya terdapat fitur Game Bar yang berfungsi untuk merekam cuplikan dan screenshot dari game Windows. Caranya yaitu:

    1. Buka aplikasi Xbox dan klik menu Pengaturan Aplikasi
    2. Pilih opsi Game DVR lalu klik toggle Take Screenshots using Game DR atau gunakan kombinasi tombol Windows + G untuk membuka fitur Game Bar
    3. Klik ikon kamera atau tekan Windows + Alt + PrtScr untuk mengambil screenshot
    4. Hasil screenshot tersimpan otomatis di direktori C: Users[nama user]/VideosCaptures

 

  • Dropbox

    Layanan cloud ini dapat Kamu manfaatkan untuk mengambil tangkapan layar, lho! Cara screenshot di komputer menggunakan Dropbox yaitu:

    1. Buka aplikasi Dropbox
    2. Klik foto profil pengguna di sisi kanan atas lalu pilih menu Preferences
    3. Klik Import dan beri tanda centang di bagian Save Screenshots to Your Dropbox

Temukan Tips dan Trik Seputar Dunia Teknologi dengan Berlangganan Promo Paket Jitu dari IndiHome

Dari informasi di atas, Kamu jadi tahu kan berbagai cara screenshot di komputer dengan mudah? Masih banyak lagi tips dan trik penting seputar dunia teknologi yang bisa Kamu temukan dengan berselancar di dunia maya. Apalagi bila Kamu berlangganan paket internet unlimited seperti Promo Paket Jitu dari IndiHome. 

Promo Paket Jitu dari IndiHome menawarkan benefit berupa jaringan internet berkecepatan hingga 100 Mbps. Paket ini tersedia dalam dua opsi, yaitu

 

  • Paket 1P Internet
    Nikmati internetan unlimited di jaringan 20 Mbps – 40 Mbps dari IndiHome dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.000-an per bulan. Khusus pilihan paket kecepatan 30 Mbps, dapatkan akses sepuasnya ke berbagai tayangan seru dari Disney+ Hotstar.

 

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Internetan di kecepatan 50 Mbps atau 100 Mbps dari IndiHome dengan biaya berlangganan mulai dari Rp375.000 per bulan. Nikmati juga benefit lain berupa bonus nelpon 10 menit di jaringan lokal / interlokal serta bebas akses berbagai tayangan seru berkualitas Disney+ Hotstar.   

Dengan biaya berlangganan mulai Rp200.000-an saja per bulan, Kamu akan mendapat benefit di atas tanpa perlu menguras kantong. Yuk, berlangganan sekarang juga untuk mendapatkan promo gratis berlangganan 1 bulan dan diskon biaya pemasangan 70%!