Cara Mudah Menyimpan Produk Skincare Supaya Terhindar dari Oksidasi | IndiHome
6 JUL 2021        BLOG

Cara Mudah Menyimpan Produk Skincare Supaya Terhindar dari Oksidasi

Penggunaan produk skincare kini bukan sekadar untuk memenuhi gaya hidup, melainkan sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Kesehatan kulit dianggap sebagai salah satu investasi berharga di masa depan, karena penampilan yang bersih dan terawat pastinya akan membuat seseorang lebih percaya diri. Selain harus cermat memilih produk skincare berkualitas, Anda juga harus memahami cara menyimpan produk skincare yang benar supaya kandungannya tetap terjaga dan tidak menimbulkan gangguan pada kesehatan kulit.

Penyimpanan produk skincare yang kurang tepat bisa menyebabkan oksidasi yang berdampak pada menurunnya kualitas produk. Oksidasi adalah proses hilangnya kandungan vitamin C karena terpapar oksigen, suhu panas, atau udara. Biasanya oksidasi terjadi pada produk skincare yang mengandung vitamin C, misalnya serum dan krim wajah. Perubahan pH dan molekul pada produk skincare yang mengandung vitamin C membuat warnanya berubah menjadi lebih gelap atau kecoklatan.

Sebenarnya produk skincare yang mengalami oksidasi masih aman digunakan. Namun, khasiatnya tentu menurun karena kandungan vitamin C nya sudah berkurang. Jadi, alangkah lebih baik jika Anda mempelajari beberapa cara menyimpan produk skincare yang benar untuk meminimalkan proses oksidasi.

Cara Menyimpan Produk Skincare yang Tepat

Berikut ini adalah cara menyimpan produk skincare yang harus Anda ketahui agar kandungan yang ada di dalamnya tetap terjaga dengan baik:

  1. Menjauhkan Produk Skincare dari Sinar Matahari
    Jauhkan produk skincare Anda dari sinar matahari, karena paparannya dapat menyebabkan proses oksidasi. Jangan meletakkan produk skincare di dekat jendela yang tidak tertutup tirai. Simpanlah di tempat yang teduh, sehingga proses oksidasi bisa dihindari dan manfaatnya tetap maksimal.

  2. Melapisi Wadah Produk Skincare yang Transparan
    Tidak banyak orang menyadari jika wadah dari produk skincare yang transparan juga turut mempercepat proses oksidasi, terlebih lagi jika diletakkan di tempat dengan pencahayaan yang tinggi. Namun, Anda dapat menyiasatinya dengan cara melapisi wadah produk skincare dengan stiker, sehingga produk tersebut tidak langsung terkena paparan cahaya.

  3. Menyimpan Produk Skincare dalam Kulkas
    Anda juga dapat mengamankan kandungan pada produk skincare dengan cara menyimpannya dalam kulkas. Produk skincare yang kaya akan kandungan vitamin A dan C bisa bertahan lebih jika ditempatkan di lemari pendingin. Hal itu dikarenakan kondisi lemari pendingin yang sejuk dan minim cahaya akan menghambat proses oksidasi.

  4. Menyiapkan Kulkas Khusus untuk Menyimpan Produk Skincare
    Menyimpan produk skincare bersama makanan di kulkas memang rentan membuat produk skincare terpapar bakteri dan menimbulkan bau tidak sedap. Solusinya, Anda bisa menyiapkan kulkas khusus untuk menyimpan produk skincare. Biasanya, kulkas ini berukuran mini, tidak dilengkapi lampu, dan dapat diletakkan di kamar. Jangan lupa untuk membersihkan kulkas secara rutin dan menyingkirkan produk skincare yang sudah kedaluwarsa, ya.

  5. Meletakkan Produk Skincare di Kamar
    Cara lainnya yang benar dan paling sering dilakukan adalah dengan meletakkan produk skincare di kamar. Produk skincare yang kaya akan vitamin C dan mineral oil seperti face oil sebaiknya disimpan di kamar karena kandungannya rentan mengalami perubahan konsistensi bila disimpan di kulkas.

    Sementara itu, produk skincare berupa sunscreen dan produk lain yang mengandung natural oil based harus disimpan di tempat gelap supaya terhindar dari oksidasi. Anda dapat menyimpannya di dalam laci atau lemari. Namun, jangan lupa untuk menjaga posisinya agar tetap tegak sehingga tidak tumpah saat disimpan.

  6. Jangan Menyimpan Produk Skincare di Kamar Mandi
    Ternyata, banyak orang yang menyimpan produk skincare di kamar mandi dengan alasan kepraktisan agar bisa langsung digunakan setelah mandi. Namun, kebiasaan ini sebaiknya dihentikan karena kelembapan udara di kamar mandi bisa membuat produk skincare rentan berjamur. Sebaiknya Anda memindahkan produk skincare ke kamar atau tempat sejuk lain yang kelembapan udaranya tidak terlalu tinggi.

  7. Membeli Produk Skincare dengan Botol yang Tidak Transparan
    Produk skincare dengan botol yang tidak transparan ternyata bermanfaat untuk melindungi produk tersebut dari proses oksidasi. Jadi, sebaiknya Anda membeli produk skincare dengan botol yang tidak transparan, terutama bila Anda membelinya dalam ukuran besar. Jangan memindahkan produk skincare ke dalam kemasan yang berukuran lebih kecil, sebab hal tersebut dapat berisiko merusak kandungan yang ada di dalamnya.

  8. Memperhatikan Tanggal Kadaluarsa Produk
    Produk skincare yang sudah kadaluarsa biasanya lebih rentan mengalami oksidasi karena disimpan dalam waktu lama. Maka dari itu, Anda harus lebih cermat memperhatikan tanggal kadaluarsanya untuk menghindari iritasi pada kulit.

  9. Membersihkan Tempat Penyimpanan Produk Skincare Secara Rutin
    Jika ingin mempraktekkan cara menyimpan produk skincare yang benar, Anda juga harus membersihkan tempat penyimpanannya secara rutin. Jangan biarkan tempatnya kotor dan berdebu karena bisa masuk ke dalam produk skincare ketika Anda membukanya.

    Gunakan lap microfiber yang sudah dibasahi dengan sedikit air untuk membersihkan tempat penyimpanan produk skincare. Anda juga dapat menyimpan produk di tempat tertutup agar tidak mudah berdebu. Jangan lupa juga untuk membersihkan tutup produk, karena biasanya pada bagian tersebut lebih mudah terpapar debu dan kotoran.

  10. Jangan Mengaplikasikan Produk Skincare Pada Kulit dengan Tangan Secara Langsung
    Sentuhan tangan secara langsung dengan produk skincare juga dapat menyebabkan proses oksidasi karena panas yang dihasilkan tubuh. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda menggunakan spatula saat mengaplikasikan produk pada kulit. Pastikan spatula dalam keadaan bersih agar  produk skincare tidak terkontaminasi oleh kotoran.

  11. Menghindari Membeli Produk Skincare yang Dijual dengan Cara Share In Jar
    Beberapa tahun belakangan ini, tren membeli produk skincare dengan cara share in jar semakin populer untuk menyiasati harganya yang mahal. Cara dari tren ini adalah produk dengan kemasan besar akan dibagi-bagi ke beberapa kemasan kecil sehingga dapat dijual dengan harga murah. Namun, sebaiknya Anda menghindari membeli produk skincare yang dijual dengan cara seperti ini, karena kehigienisan dan keasliannya tidak terjamin.

    Di samping itu, Anda juga tidak perlu memindahkan produk skincare ke wadah yang lebih kecil dengan tujuan agar mudah digunakan. Memindahkan produk skincare akan menimbulkan risiko terpapar bakteri dan kotoran sehingga mudah teroksidasi. Solusinya, Anda bisa menggunakan produk skincare dengan ukuran yang lebih kecil atau travel size bila ingin mencoba produk baru. Selain praktis, produk skincare dengan ukuran ini juga mudah untuk dibawa bepergian tanpa mengganggu kebersihannya.

  12. Memanfaatkan Tas Pendingin (Cooler Bag)
    Anda harus memperhatikan kualitas dari produk skincare bila ingin membawanya bepergian, terutama ketika cuaca panas. Salah satu cara menyimpan produk skincare yang benar ketika bepergian adalah meletakkannya dalam tas pendingin. Benda ini memiliki lapisan khusus yang akan menjaga produk skincare dari kelembaban udara dan paparan cahaya. Penggunaan tas pendingin juga akan membuat produk skincare lebih awet dan terhindar dari proses oksidasi sehingga manfaatnya tetap maksimal.

 

Cari Tahu Lebih Banyak Seputar Cara Menyimpan Produk Skincare yang Tepat dengan Paket 2P (Internet + TV) atau Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome

Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar cara menyimpan produk skincare yang benar, Anda bisa mencari informasinya melalui internet. Untuk mendukung kemudahan Anda dalam mencari informasi tersebut, Anda bisa berlangganan Paket 2P (Internet + TV) atau Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome. Tersedia kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp315.000 saja per bulannya serta beragam bonus lainnya yang dapat Anda pilih sesuai keinginan.

Dengan akses internet tanpa batas, tentunya Anda bisa mempelajari cara menyimpan produk skincare secara benar. Informasi tentang cara menyimpan produk skincare supaya terhindar dari oksidasi juga harus dibarengi dengan pemilihan produk skincare yang berkualitas agar kesehatan kulit Anda senantiasa terjaga.