Cara Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Selera Musik | IndiHome
12 JAN 2022        BLOG

Cara Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Selera Musik

Musik memang sering kali dikaitkan dengan kondisi psikologis pendengarnya. Beberapa riset menyebutkan bahwa selera musik bisa menjadi salah satu cara paling mudah untuk mengetahui kepribadian seseorang.

Menurut penelitian yang dilakukan Jane Collingwood dengan judul Preferred Music Style Is Tied to Personality, selera musik memiliki kaitan erat dengan beberapa aspek kepribadian individu. Trik ini cukup ampuh untuk mencari tahu sifat dan kepribadian seseorang yang sedang dekat dengan Anda.

Apakah Selera Musik Bisa Mencerminkan Kepribadian Seseorang?

Dua penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science menunjukkan studi yang dilakukan peneliti dari Cambridge University serta beberapa universitas lain di Amerika Serikat, menyebutkan bahwa musik memang dapat mencerminkan sifat dan kepribadian yang dimiliki seseorang.

Riset tersebut melibatkan 21 responden yang diteliti secara terpisah. Hasilnya, orang yang cenderung suka mendengarkan berbagai jenis musik merupakan tipe penurut, sedangkan seseorang yang menyukai musik dengan alunan mengentak biasanya individu yang punya emosional tinggi.

Memahami Kepribadian Seseorang dari 11 Genre Musik Berikut Ini

Bagaimana cara melihat tipe kepribadian berdasarkan genre musik yang disukai? Di bawah ini adalah jenis-jenis musik yang dapat mewakili sebagian besar kepribadian seseorang:

  1. Musik Pop Hits Kekinian
    Menurut penelitian, penggemar lagu-lagu pop terbaru merupakan sosok yang pekerja keras, ramah, suka bersosialisasi, lembut, dan tahu bagaimana cara mencintai diri sendiri.
    Sayangnya, penikmat musik pop kekinian juga digambarkan sebagai pribadi gengsian, kurang kreatif, dan cenderung cepat gugup terutama saat bertemu dengan orang baru.
     
  2. Musik EDM
    Jika Anda menyukai musik bergenre IDM, EDM, atau trip hop, artinya Anda merupakan sosok yang hobi berinteraksi dan bergaul, serta memiliki kreativitas tinggi. Hal ini sesuai dengan ritme musik yang mengentak dan penuh semangat.

    Akan tetapi, biasanya penggemar musik beraliran musik EDM cenderung kurang lembut dan lugas, atau istilah gaulnya blak-blakan.

  3. Musik Jazz
    Penikmat musik jazz kerap dikaitkan dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan suka melakukan hal-hal baru. Selain itu, penggemar musik jazz juga terkenal kreatif serta merasa nyaman menjadi diri sendiri. Biasanya, pendengar setia musik jazz juga sosok yang santai dan outgoing.

  4. Musik Rap
    Lagu-lagu rap memiliki alunan musik dinamis dan lirik lugas yang menjadi ciri khasnya. Kalau Anda merupakan salah satu orang yang suka mendengarkan lagu bergenre rap, kemungkinan besar Anda adalah pribadi yang mudah bersosialisasi, friendly, tapi sedikit arogan.

  5. Musik Indie
    Salah satu ciri khas aliran musik indie adalah anti-mainstream. Penikmat musik garapan musisi yang berkarya tanpa dinaungi label musik terkenal ini umumnya memiliki corak dan kreativitas berbeda.

    Hanya saja, para penikmat musik indie juga dianggap mempunyai self-respect relatif rendah, kurang sensitif, terlalu santai, dan tidak terlalu pekerja keras.

  6. Musik Blues
    Para pecinta aliran musik blues sangat erat dengan karakteristik seperti mencintai diri sendiri (bukan narsis), memiliki kreativitas tinggi, mudah bergaul, namun kekurangannya adalah cenderung terlalu santai dalam menyikapi berbagai macam hal.

  7. Musik Klasik
    Hobi mendengarkan alunan melodi klasik gubahan maestro musik seperti Mozart, Beethoven, dan Bach, bukan berarti memiliki selera tua. Bahkan, riset mengatakan jika penikmat musik klasik termasuk tipe orang yang kreatif dan mempunyai harga diri tinggi.

    Meskipun sosok pecinta musik klasik biasanya sedikit introvert atau tertutup. Namun, secara general mereka merupakan individu yang menyenangkan dan asyik diajak berteman.

  8. Musik Country
    Pecinta musik country biasanya adalah pribadi yang mudah bergaul, pekerja keras, konservatif, rendah diri, serta sangat terbuka untuk mencoba berbagai pengalaman baru Sementara itu, lirik lagu country umumnya bermuatan patah hati, sehingga orang-orang yang tertarik mendengarkan musik genre ini cenderung stabil dari segi emosional.
     
  9. Musik Rock
    Genre musik ini memang terkenal dengan irama yang mengentak dan suara nyanyian seperti berteriak-teriak. Namun, bukan berarti kalau penggemar rock adalah sosok yang memiliki kepribadian arogan dan suka kekerasan.

    Survei yang dilakukan Adrian North menunjukkan bahwa penikmat musik rock justru mempunyai kepribadian cukup sensitif. Mereka biasanya memiliki jiwa kreatif, tenang dan bangga terhadap diri sendiri. Hanya saja, pecinta rock cenderung bukan pekerja keras.
     
  10. Musik Reggae
    Penikmat reggae biasanya memiliki kreativitas tinggi, mudah bersosialisasi, sensitif, dan santai dalam menghadapi hidup, namun cenderung bukan pekerja keras.

  11. Metal
    Jangan biarkan genre musik metal yang cenderung keras mengelabui Anda. Penggemar musik beraliran heavy metal umumnya adalah sosok dengan jiwa sensitif.

    Para pecinta heavy metal, seperti band Judas Priest, Black Sabbath, atau Slayer misalnya, biasanya mereka merupakan sosok tangguh, kreatif, ramah, namun introvert.

 

Temukan Berbagai Genre Musik Favorit dengan Berlangganan Add-on Langit Musik Melalui IndiHome!

Jika Anda kebetulan sedang dekat dengan seseorang dan ingin mendalami kepribadiannya, maka Anda bisa mencari tahu genre musik kesukaannya.

Supaya lebih mudah dalam mengetahui selera musik seseorang atau mungkin Anda juga tertarik untuk mendengarkan aliran musik tersebut tapi bingung mencari aplikasi pemutar musik terbaik dan terlengkap, Anda bisa langsung berlangganan add-on Langit Musik melalui IndiHome.

Dengan add-on Langit Musik, Anda bebas untuk memutar musik favorit sepuasnya melalui aplikasi Langit Musik yang bisa diunduh melalui Play Store dan App Store.

Apa Itu Add-on Langit Musik?

Mendengarkan musik memang telah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Sehari saja tanpa musik, pastinya akan ada yang kurang. Sekarang Anda tidak perlu merasa risau, karena ada add-on Langit Musik, dimana Anda bebas memutar lagu-lagu favorit tanpa gangguan iklan.

Apalagi, harga berlangganan add-on Langit Musik sangat terjangkau, yaitu hanya Rp10.000 per bulan. Bayangkan, dengan budget super hemat, Anda bisa mendapatkan beragam benefit menarik. Mau tahu apa saja keuntungan menggunakan add-on Langit Musik? Ini dia benefit yang bisa Anda dapatkan:

  1. Nikmati sensasi mendengarkan musik berkualitas Dolby Audio yang bisa diakses melalui perangkat smartphone atau IndiHome TV.
  2. Bebas mengunduh lagu-lagu yang ingin didengarkan saat offline.
  3. Streaming sambil karaokean karena tersedia lirik lagunya.
  4. Dapatkan berbagai rekomendasi musik sesuai mood.
  5. Buat playlist sesuai keinginan.
  6. Share playlist Anda ke media sosial.
  7. Bebas dari iklan mengganggu.
  8. Harga berlangganan super terjangkau.

 

Mendengarkan dan berbagi musik favorit jadi lebih mudah dengan berlangganan add-on Langit Musik melalui IndiHome. Yuk, langganan sekarang!