Bingung Kenapa Pulsa Cepat Habis? Berikut Tips agar Pulsa Tidak Boros | IndiHome
23 SEP 2021        BLOG

Bingung Kenapa Pulsa Cepat Habis? Berikut Tips agar Pulsa Tidak Boros

Semakin tinggi fitur yang tersedia di dalam ponsel, maka semakin tinggi pula kebutuhan seseorang untuk membeli pulsa. Smartphone yang tidak memiliki pulsa membuat sebagian fitur di dalam ponsel tidak bisa digunakan. Oleh karena itu mengetahui cara jitu menghemat pulsa dapat membantu hemat pengeluaran.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghemat pengeluaran pulsa. Apalagi untuk Anda yang sudah berkeluarga, maka ada berbagai cara jitu untuk menghemat penggunaan pulsa termasuk kuota internet. 

Cara Jitu Menghemat Pulsa

  1. Menggunakan Fasilitas Kantor 
    Apabila Anda merupakan karyawan suatu perusahaan, maka Anda sebaiknya memanfaatkan fasilitas kantor untuk mengerjakan pekerjaan kantor. Terkadang, Anda mungkin membawa pekerjaan tersebut ke rumah apabila tidak selesai dikerjakan di kantor. 

    Jika memungkinkan, pekerjaan yang membutuhkan koneksi internet ataupun pulsa untuk menelpon diselesaikan di kantor. Pekerjaan sisanya yang tidak membutuhkan internet dan pulsa telepon bisa dilanjutkan di rumah.

  2. Beli Paket Seluler dengan Cermat
    Agar penggunaan pulsa Anda lebih hemat, sebaiknya Anda membeli paket seluler dibandingkan langsung menggunakan pulsa tersebut baik untuk menelpon atau internet. Saat ini ada berbagai paket yang tersedia baik itu paket internet, paket telepon, ataupun paket SMS bahkan paket khusus streaming. 

    Jika Anda sedang harus menelepon seseorang, maka lebih baik beli paket telepon. Namun jika Anda sedang membutuhkan internet untuk melakukan video conference, maka belilah paket khusus video conference. Dengan membeli paket seluler sesuai kebutuhan, maka penggunaan pulsa Anda akan lebih hemat.

  3. Menggunakan Aplikasi Chat Media Sosial
    Salah satu penggunaan terbesar dari pulsa adalah untuk menelepon dan mengirimkan pesan. Biaya pulsa untuk menelepon dan mengirimkan pesan sangat besar sehingga sebaiknya digantikan dengan menggunakan aplikasi media sosial. 

    Saat ini ada banyak aplikasi media sosial yang bisa digunakan tidak hanya untuk mengirim pesan namun juga menelepon. Alternatif media sosial ini jauh lebih efektif karena biaya pulsa yang dikeluarkan relatif lebih rendah. Anda hanya perlu membeli kuota internet menggunakan pulsa saja. 

  4. Menggunakan Operator Seluler Sesuai Mayoritas Kontak yang Dihubungi
    Apabila Anda seorang pebisnis atau orang yang harus sering menghubungi orang lain via telepon, maka ada baiknya Anda menggunakan operator seluler yang sama dengan mayoritas kontak yang Anda hubungi. Hal ini karena biaya menghubungi nomor kontak dari sesama provider akan jauh lebih murah.

    Selain itu, Anda juga bisa mengakalinya dengan cara membeli paket telepon ke semua operator jika akan melakukan panggilan telepon. Cara ini cukup efektif untuk Anda yang tidak ingin mengganti operator seluler. 

  5. Atur Jam Penggunaan
    Pada beberapa operator telepon menyediakan pilihan paket yang akan lebih hemat saat digunakan pada jam-jam tertentu. Misalnya ada operator yang menyediakan paket internet dengan harga lebih hemat jika digunakan di waktu tengah malam hingga pagi.

    Beberapa juga menyediakan paket internet yang harganya lebih murah ketika siang hari dibandingkan untuk penggunaan sore sampai malam hari. Jika Anda ingin lebih hemat, maka sebaiknya maksimalkan penggunaan internet di waktu internet murah tersebut. 

    Misalnya jika Anda suka menonton video dari YouTube, maka download dulu saja video tersebut di jam-jam internet murah dan tonton kemudian. 

  6. Beli Pulsa Langsung Besar
    Banyak orang tidak menyadari bahwa membeli pulsa langsung dalam jumlah besar justru jauh lebih murah ketimbang membeli pulsa nominal kecil. Hal ini karena jika Anda membeli pulsa dengan harga Rp100.000 langsung, maka Anda hanya perlu membayar biaya admin sekali.

    Sementara jika Anda membeli pulsa Rp10.000 hingga sepuluh kali, maka biaya admin yang dibayar harus sampai 10 kali juga. 

 

Penyebab Penggunaan Pulsa Sangat Boros

  1. Telepon Berjam-jam
    Menelepon berjam-jam tanpa menggunakan paket khusus telepon adalah salah satu penyebab pulsa sangat boros. Apalagi jika Anda harus menelepon ke telepon kantor, maka tentu jumlah pulsa yang tersedot lebih besar. 

    Sebaiknya Anda beli paket telepon terlebih dahulu jika memang harus telepon karena biayanya lebih murah.

  2. Streaming
    Jika Anda membeli kuota dengan pulsa, maka aktivitas streaming adalah salah satu aktivitas yang paling banyak memakan pulsa Anda. Hal ini karena streaming video dan musik menyedot kuota sangat besar bahkan dalam waktu yang sebentar. Apalagi banyak orang yang lupa waktu saat streaming.
  3. SMS 
    SMS juga menjadi salah satu penyebab penggunaan pulsa sangat boros. Apalagi jika Anda mengirimkan SMS ke operator yang berbeda maka biayanya bisa jadi sangat mahal. Anda bisa menggantikan SMS dengan media sosial atau membeli paket SMS saja.

 

Cara Jitu Menghemat Pulsa dengan Menggunakan Add-on Smooa dari IndiHome

Salah satu penyebab pulsa boros adalah karena pulsa digunakan untuk membeli kuota internet. Jika satu keluarga masing-masing anggota keluarga membeli kuota internetnya masing-masing, maka tentu pengeluaran pulsa akan menjadi sangat boros.

Oleh karena itu, salah satu cara jitu menghemat pulsa adalah dengan saling berbagi kuota internet mobile bersama anggota keluarga. Caranya adalah dengan berlangganan add-on Smooa dari IndiHome. Ada beragam pilihan paket add-on Smooa yang bisa Anda beli dengan kuota hingga 200 GB.

Menariknya lagi, Anda dan keluarga tidak hanya bebas menggunakan kuota internet super besar di mana saja, namun juga memperoleh bonus SMS sepuasnya dan bebas nelpon ke sesama pengguna add-on Smooa yang terdaftar dalam satu nomor IndiHome. 

Tentunya hal ini akan sangat menghemat pengeluaran bulanan untuk pulsa bukan? Ada 4 paket add-on Smooa yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Seluruh paket tersebut bisa digunakan oleh 3 sampai 6 perangkat mobile termasuk nomor utama yang didaftarkan. 

Anda juga akan mendapatkan unlimited nelpon dan SMS ke sesama keluarga untuk pengguna prabayar Telkomsel. Sementara untuk pengguna pascabayar maka akan memperoleh 500 menit dan 500 SMS ke sesama anggota keluarga yang terdaftar di add-on Smooa. Benefit ini sudah termasuk dalam semua paket berikut.

  1. Paket Silver 
    Paket Silver menawarkan benefit berupa kuota internet sharing sebanyak 15 GB per bulan. Selain itu, terdapat juga tambahan bonus nelpon 30 menit serta 30 SMS ke semua operator untuk nomor Telkomsel prabayar (Simpati, As). Biaya berlangganan Paket Silver per bulan adalah Rp75.000.
  2. Paket Gold
    Paket Gold menawarkan benefit berupa kuota internet sharing sebanyak 35 GB per bulan. Selain itu, terdapat juga tambahan bonus nelpon 50 menit serta 50 SMS ke semua operator. Biaya berlangganan Paket Gold per bulan adalah Rp155.000.
  3. Paket Platinum
    Paket Platinum menawarkan benefit berupa kuota internet sharing sebanyak 80 GB per bulan. Selain itu, terdapat juga tambahan bonus nelpon 100 menit serta 100 SMS ke semua operator. Biaya berlangganan Paket Platinum per bulan adalah Rp280.000.
  4. Paket Diamond
    Paket Diamond menawarkan benefit berupa kuota internet sharing sebanyak 200 GB per bulan. Selain itu, terdapat juga tambahan bonus nelpon 200 menit serta 200 SMS ke semua operator. Biaya berlangganan Paket Diamond per bulan adalah Rp625.000.

 

Menarik bukan? Kelebihan lain dari add-on Smooa adalah terdapat fitur berbagi kuota bersama sehingga lebih maksimal menggunakan kuota untuk satu keluarga. Add-on Smooa dari IndiHome merupakan cara jitu menghemat pulsa yang bisa menjadi pilihan Anda dan keluarga.