Berbagai Teknologi Pendukung Ibadah Selama Bulan Ramadan | IndiHome
26 APR 2021        BLOG

Berbagai Teknologi Pendukung Ibadah Selama Bulan Ramadan

Bulan suci Ramadan adalah bulan yang sangat spesial dan ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan ini, pahala ibadah dilipatgandakan oleh Allah Swt., sehingga banyak orang yang ingin melakukan kebaikan di bulan ini. Kini, berbuat kebaikan juga semakin dimudahkan dengan hadirnya beberapa manfaat teknologi yang mendukung ibadah selama bulan Ramadan.

Saat ini, teknologi informasi hadir dalam berbagai bentuk untuk membantu kehidupan manusia, tidak terkecuali aspek kehidupan yang bersifat religius. Di Indonesia sendiri ada berbagai teknologi dalam bentuk aplikasi dan layanan yang berfungsi membantu umat muslim meningkatkan amal ibadah di bulan Ramadan. 

8 Manfaat Teknologi yang Dapat Dimanfaatkan di Bulan Ramadan

  1. Pengingat Waktu Salat
    Jika dulu masyarakat hanya dapat mengandalkan azan di masjid atau musala untuk mengetahui kapan masuk waktu salat, maka keberadaan teknologi masa kini turut berperan memberi informasi terkait datangnya waktu salat.

    Di beberapa tempat di Indonesia termasuk kawasan industri dan perkantoran yang padat di kota metropolitan, mengetahui kapan masuk waktu salat cukup sulit apalagi jika hanya mengandalkan suara azan dari masjid terdekat.

    Untuk itu, hadir berbagai aplikasi yang dapat diunduh secara mudah melalui smartphone untuk membantu umat muslim mengingat kapan masuk waktu salat dengan tepat. 

    Selain memberi informasi terkait kapan masuk waktu salat, beragam aplikasi ini juga memberi informasi terkait arah kiblat yang tepat, hingga lokasi masjid terdekat. Melalui aplikasi tersebut, penggunanya juga dapat mendengarkan rekaman audio Al-Qur\'an kapan saja mereka inginkan.

  2. Mempermudah Akses Ilmu Agama
    Jika dulu mengakses ilmu agama terasa sangat sulit karena harus melalui buku-buku agama atau menghadiri pengajian secara langsung, maka dengan hadirnya teknologi semua orang dapat lebih mudah mengakses ilmu-ilmu agama.

    Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh Google bersama lembaga penelitian Asian Consumer Intelligence menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penelusuran materi keagamaan sekitar dua minggu menjelang bulan suci Ramadan dan pencarian semakin berada di puncaknya menjelang lebaran.

    Penelusuran mengenai materi keagamaan terjadi tidak hanya melalui mesin pencari Google, namun juga dari platform berbagi video, seperti YouTube dan sebagainya. Keberadaan teknologi sangat memudahkan masyarakat untuk mengakses ilmu agama dari mana pun mereka berada.

  3. Akses Video Ceramah
    Keberadaan teknologi mempermudah masyarakat untuk menonton berbagai ceramah dari ustaz dan pengajar ternama di tanah air dari mana pun mereka berada. Sering kali, ceramah tersebut ditayangkan secara live stream untuk mengakomodir jemaah yang berhalangan hadir saat ceramah berlangsung.

    Penelitian juga menunjukkan bahwa akses ke berbagai video ceramah keagamaan di saluran berbagi video meningkat selama bulan suci Ramadan. Banyak pengguna yang mengaku bahwa mereka sangat terbantu dengan keberadaan saluran berbagi video karena dapat mengakses video ceramah ketika puasa.

  4. Mempermudah Sedekah dan Zakat
    Selama bulan suci Ramadan, Allah Swt. melipatgandakan pahala setiap amal ibadah dan kebaikan yang dilakukan. Bersedekah dengan cara konvensional, seperti melalui masjid atau yayasan sosial terdekat saja terkadang dirasa kurang dapat menjangkau daerah-daerah yang benar-benar membutuhkan.

    Keberadaan teknologi sangat membantu para donatur untuk bersedekah lebih giat selama bulan suci Ramadan. Kini, bersedekah lebih mudah dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Para donatur dapat bersedekah secara diam-diam dari rumah tanpa diketahui siapa pun.

    Selain itu, teknologi juga mempermudah akses informasi masyarakat mengenai pihak yang membutuhkan bantuan dan mereka yang ingin menolong.

  5. Memberikan Ide Menu Sahur dan Berbuka Puasa
    Salah satu manfaat teknologi yang tidak kalah penting saat bulan suci Ramadan adalah memberikan ide untuk menu sahur dan berbuka puasa. Jika Anda sudah bosan dengan menu sahur dan berbuka puasa yang itu-itu saja, maka dengan adanya teknologi, Anda bisa mendapatkan inspirasi menu terbaru.

    Bahkan, penelitian mengenai perilaku konsumen selama bulan suci Ramadan menunjukkan bahwa pencarian dengan kata kunci terkait menu sahur dan buka puasa meningkat drastis. Survei juga menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat lebih suka makanan rumahan saat Ramadan.

  6. Membantu Mencari Pakaian Baru
    Salah satu budaya yang tidak pernah lekang oleh waktu di Indonesia menjelang lebaran adalah berburu pakaian baru. Budaya baju baru seolah sudah mendarah daging di masyarakat hingga rasanya belum sah jika lebaran belum mempunyai baju baru.

    Riset menunjukkan pencarian terkait fashion pakaian muslim terbaru saat bulan suci Ramadan meningkat bahkan hampir mencapai dua kali lipat dibandingkan bulan lainnya. Kehadiran teknologi dirasa sangat membantu masyarakat untuk mengikuti tren terbaru dan berbelanja secara online.

  7. Mempermudah Jalinan Silaturahmi
    Silaturahmi semakin mudah dijalankan dengan hadirnya teknologi informasi. Jika sebelumnya komunikasi hanya dapat dilakukan melalui telepon saja, maka kini masyarakat bisa berkomunikasi melalui video call dari mana pun mereka berada. 

    Mereka dapat menyampaikan permohonan maaf dan mengucapkan selamat hari raya kepada orang terdekat melalui layanan komunikasi online.

  8. Kesempatan Mendapat Diskon
    Teknologi semakin memudahkan masyarakat untuk memperoleh diskon dan voucher spesial dari mana pun mereka berada. Tanpa perlu mengunjungi toko fisik secara langsung, masyarakat bisa memperoleh voucher diskon melalui smartphone, baik dari atau untuk toko dan berbagai brand ternama yang disukai.

Teknologi Pendukung Perjalanan Anda, Add-on IndiTravel dari IndiHome

IndiHome sebagai salah satu perusahaan di bidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia juga turut menghadirkan kemudahan bagi masyarakat dalam beraktivitas melalui teknologi dengan add-on IndiTravel. Layanan ini spesial bagi Anda pengguna layanan IndiHome. 

Add-on IndiTravel dari IndiHome dapat membantu Anda memesan dan membeli tiket perjalanan, baik untuk bisnis maupun travelling. Dengan adanya add-on IndiTravel, membeli dan memesan tiket perjalanan semakin mudah dan dapat dilakukan di mana saja.

Berikut ini beberapa kelebihan add-on IndiTravel sebagai penyedia tiket perjalanan:

  1. Pilihan tiket perjalanan sangat lengkap, mulai dari jenis armada transportasi hingga rute perjalanan. Konsumen dapat memesan dan membeli tiket perjalanan kereta api, tiket pesawat, tiket shuttle, tiket event, hingga voucher hotel. Semua dilakukan secara online dari mana saja dan kapan saja. 
  2. Pelanggan IndiHome berkesempatan meraih promo potongan harga dan voucher menarik. Promo tersedia untuk berbagai jenis armada transportasi serta pilihan akomodasi, seperti hotel hingga penginapan.
  3. Pembayaran yang mudah dan murah. Anda bisa membayar pembelian tiket secara online dengan aman, baik melalui kartu kredit, transfer bank, ataupun LinkAja. Dengan berbagai pilihan pembayaran yang tersedia, tentunya semakin memudahkan semua pelanggan dalam mengakses fasilitas ini.
  4. Akses add-on IndiTravel yang sangat mudah tanpa harus install aplikasi baru. Untuk melakukan pemesanan dan pembelian tiket, konsumen hanya perlu mengakses halaman website https://inditravel.co.id dan login dengan akun myIndiHome. 

Kini, Anda tidak perlu khawatir kehabisan tiket perjalanan jika memesan melalui layanan add-on IndiTravel dari IndiHome. Yuk, jadikan momen ibadah puasa dan bulan suci Ramadan Anda lebih berkesan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih!