Bagaimana Cara Menghormati dan Mematuhi Orang Tua Saat Masih Hidup? | IndiHome
6 SEP 2022        BLOG

Bagaimana Cara Menghormati dan Mematuhi Orang Tua Saat Masih Hidup?

Orang tua memiliki tanggung jawab besar dalam merawat anak-anak mereka. Berbagai cara mereka lakukan untuk memberikan yang terbaik sekaligus membahagiakan anak. Waktu, tenaga, pikiran, dan materi dikorbankan demi sang buah hati. Jadi, sudah sepantasnya bagi kita sebagai anak untuk menghormati dan mematuhi orang tua.

Di bawah ini beberapa cara yang bisa kita lakukan sebagai anak untuk menghormati dan mematuhi orang tua saat masih hidup.
 

9 Cara Sederhana Menghormati dan Mematuhi Orang Tua

Mulai dari hal sederhana hingga besar, berikut ini adalah cara yang bisa kita lakukan:

  • Rayakan Momen Penting
    Setiap momen penting yang terjadi dalam hidup Anda, pastikan untuk merayakannya bersama orang tua. Hal ini juga akan membuat orang tua merasa selalu dicintai dan dihargai. Bayangkan betapa bahagianya mereka jika selalu disertakan dalam berbagai momen penting di hidup Anda.

  • Tidak Berbicara dengan Nada Tinggi
    Tidak selamanya hubungan Anda dan orang tua akan harmonis. Bisa saja kalian sering berbeda pendapat atau berselisih paham. Namun, apapun konflik yang terjadi, jangan pernah menaikkan nada suara ketika berbicara pada mereka. Sebab meninggikan nada suara akan membuat orang tua tersinggung. Tetaplah bertutur kata yang halus meski sedang beradu pendapat.

  • Minta Maaf Saat Lakukan Kesalahan
    Siapa pun bisa berbuat salah. Jika hal ini terjadi pada Anda, jangan gengsi untuk meminta maaf kepada orang tua. Dengan meminta maaf, Anda mampu meminimalisir rasa sakit yang dirasakan orang tua akibat kesalahan yang dilakukan. Tindakan ini pun dapat memperbaiki hubungan yang sebelumnya merenggang karena konflik keluarga.

  • Bersikap Terbuka
    Saat masih kecil, mungkin kita suka berceloteh mengenai hal apapun pada orang tua. Namun, setelah dewasa, biasanya kita cenderung tertutup dan menyaring hal apa yang ingin disampaikan. Padahal sikap ini dapat menyinggung orang tua yang membesarkan kita, lho!

    Cobalah bersikap terbuka sebagai upaya menghormati mereka. Dengan begitu, mereka akan merasa tetap berarti meski kita telah beranjak dewasa dan memiliki kehidupan masing-masing.

  • Jangan Sia-siakan Kepercayaan Orang Tua
    Saat diberikan kebebasan penuh oleh orang tua, jangan sampai Anda menyalahgunakannya untuk melakukan hal-hal yang melenceng dari ajaran mereka. Hormati dan jaga bakti pada orang tua dengan menjaga kepercayaan tersebut.

  • Prioritaskan Orang Tua
    Usahakan untuk selalu mendahulukan apa yang dibutuhkan orang tua Anda dibanding kepentingan diri sendiri. Ketika orang tua membutuhkan bantuan, bergegaslah untuk memenuhi permintaan mereka sebagai wujud hormat dan bakti pada mereka.
     
  • Laksanakan Perintah Orang Tua
    Selama apa yang diperintahkan orang tua tidak melenceng dari ajaran agama dan budi pekerti, maka Anda wajib melaksanakan perintah mereka. Selain itu, bakti dan rasa hormat pada orang tua akan mempengaruhi kesuksesan seorang anak.
     
  • Merawat Orang Tua yang Berusia Lanjut
    Memuliakan dan menyayangi orang tua hingga akhir hayat merupakan amalan yang agung. Selama mereka masih hidup, jangan berhenti merawat mereka terlebih saat telah memasuki usia senja.

  • Luangkan Waktu
    Setelah beranjak dewasa, mungkin Anda memiliki berbagai kesibukan hingga sulit meluangkan waktu untuk bersantai. Tetapi, terlepas dari apapun kesibukan Anda, luangkanlah waktu untuk orang tua.

    Ketika tinggal berjauhan, sempatkan untuk menelepon atau kunjungi mereka saat libur panjang. Ingat, mereka meluangkan banyak waktu demi membesarkan Anda. Maka Anda pun perlu melakukan hal yang sama untuk mencurahkan kasih sayang pada mereka.

 

Ciptakan Momen Seru Bersama Orang Tua dengan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Saat memiliki waktu luang, saatnya Anda mewujudkan quality time bersama orang tua. Caranya dengan berjalan-jalan bersama atau menikmati waktu santai di rumah saja. Jika Anda memilih opsi kedua, Anda bisa mengajak orang tua untuk streaming film atau series keluarga.

Pastikan kegiatan streaming Anda berjalan lancar dengan internet unlimited berkecepatan hingga 300 Mbps yang bisa Anda dapatkan dengan berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar). Selain bisa menonton ribuan tayangan menarik di Disney+ Hotstar, Anda juga bisa menyaksikan berbagai tayangan unggulan dari ratusan channel TV pilihan. Semua ini bisa dinikmati melalui layar IndiHome TV Anda sembari quality time bersama orang tua di rumah.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) terdiri dari tiga pilihan, yaitu Paket 2P (Internet + Phone), Paket 2P (Internet + TV), dan Paket 3P (Internet + TV + Phone). Ketiga pilihan paket tersebut hadir dengan beragam kecepatan internet yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Dapatkan juga bonus nelpon di jaringan lokal/interlokal hingga 100 menit dan cashback LinkAja Rp150.000. Oh ya, Anda juga akan mendapatkan diskon Biaya Pasang Baru (PSB) sebesar 50% di bulan September ini, lho!

Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.000-an per bulannya, Anda bisa menikmati berbagai benefit yang bisa dinikmati bersama orang tua. Aktivitas digital Anda pun akan semakin lancar dan menyenangkan dengan dukungan internet cepat serta layanan hiburan terlengkap dari IndiHome.