Apakah Manfaat Perilaku Hidup Hemat? | IndiHome
24 JUN 2022        BLOG

Apakah Manfaat Perilaku Hidup Hemat?

Kamu pasti pernah mendengar slogan “hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin”. Slogan ini mengingatkan kita akan pentingnya menjalankan hidup hemat. Hidup hemat ini perlu dijalankan oleh siapa pun, terlepas dari status sosial mereka. Sebab kebiasaan positif ini akan mendatangkan segudang manfaat di kemudian hari. Lalu apa saja manfaat hidup hemat itu? Bagaimana caranya agar Kamu bisa memulai hidup hemat?


Mengapa Kita Perlu Menerapkan Hidup Hemat?

Tidak jarang orang yang mengeluhkan kesulitan untuk hidup hemat. Padahal terdapat banyak manfaat hidup hemat yang menguntungkan bagi masa depan nanti. Nah, untuk memotivasi Kamu, berikut ini ada beberapa alasan penting menerapkan gaya hidup hemat. 

  • Pangkal Kaya
    Sesuai dengan slogan di atas, hidup hemat membawa pada kekayaan. Kamu akan lebih cepat kaya bila mampu mengatur pengeluaran dengan cermat dan tidak boros. Bagi orang hemat, gaya hidup mewah bukanlah hal yang penting. Mereka lebih memilih untuk mengalokasikan keuangan mereka dengan menabung atau investasi demi menambah kekayaan.
  • Pensiun Dini
    Kalau Kamu berniat pensiun dini, itu artinya kondisi finansial perlu disiapkan sejak awal. Ini bisa terwujud dengan menyadari manfaat hidup hemat. Seseorang yang boros akan sulit berhemat sehingga besar kemungkinan akan mendapatkan masalah finansial ketika memasuki usia pensiun. Makanya, hindari kebiasaan ini dan bersikap bijaklah dalam mengeluarkan uang.
  • Terhindar dari Stres Finansial
    Masalah keuangan menjadi salah satu pemicu stres. Bahkan, menurut American Psychological Association (APA), keuangan merupakan aspek terbesar penyebab masalah psikologis. Akan berbeda jika Kamu terbiasa hidup hemat, menabung, dan berinvestasi, Kamu akan terhindar dari stres finansial di masa kini dan nanti.


Bagaimana Memulai Hidup Hemat?

Sebenarnya, menerapkan hidup hemat itu tidaklah sulit. Hanya saja dibutuhkan konsistensi dan kontrol diri yang kuat untuk menjalaninya. Sebagai permulaan, terapkan cara-cara berikut agar Kamu dapat meraup manfaat hidup hemat: 

  • Mulai dengan Sistem 50, 30, 20
    Di dunia finansial, sistem 50, 30, 20 sudah banyak dikenal. Artinya Kamu menyisihkan pendapatan sebanyak 50% untuk kebutuhan rumah tangga dan cicilan hutang, 30% untuk keperluan pribadi seperti makan, jajan, dan transportasi, sedangkan 20% sisanya untuk kepentingan menabung dan investasi. Berapapun penghasilan yang Kamu dapatkan, coba deh terapkan metode ini agar alokasi pengeluaran lebih teratur. 
  • Bijak dalam Menentukan Kebutuhan dan Keinginan
    Hidup hemat berarti mampu menentukan mana yang jadi prioritas keuangan. Jangan sampai Kamu tergoda mendahulukan keinginan. Sesekali tidak apa sebagai reward untuk diri sendiri, tapi biasakan berpikir lebih jauh sebelum Kamu membeli sesuatu.
  • Beli Barang-barang Berkualitas
    Hemat bukan berarti pelit, tapi mampu membelanjakan uang secara efektif. Tidak masalah harga barang tersebut sedikit lebih mahal. Asalkan kualitasnya sangat baik sehingga awet dipakai jangka panjang. Kalau Kamu membeli barang hanya karena murah saja tapi tidak memperhatikan kualitasnya, alhasil barang cepat rusak dan Kamu akan lebih boros karena membeli barang yang sama berulang kali.
  • Menahan Diri Gunakan Kartu Kredit
    Kartu kredit memang memudahkan Kamu bertransaksi . Tetapi, jangan terlalu tergiur dengan kemudahan ini karena bisa saja Kamu terlilit hutang besar nantinya. Bijaklah menggunakan fasilitas kartu kredit. Atau belilah barang dengan uang cash dan pastikan Kamu bawa uang secukupnya agar tidak tergoda menghabiskan seluruhnya.


Apa Saja Manfaat Hidup Hemat?

Bila menerapkan kebiasaan hidup hemat di atas, berikut ini manfaat hidup hemat yang akan Kamu peroleh di kemudian hari. 

  • Bebas Hutang
    Manfaat hidup hemat adalah dapat membebaskan Kamu dari lilitan hutang. Pasalnya Kamu mampu mengatur keuangan dengan efektif dan efisien. Kamu pun tidak akan memaksakan diri membeli sesuatu di luar batas kemampuan.
  • Tidak Boros
    Kamu terbiasa mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan. Alhasil, Kamu tidak konsumtif dan menghindari sifat boros. Manfaat hidup hemat ini tentunya akan berpengaruh pada kesehatan finansial Kamu baik di masa sekarang maupun masa depan.
  • Rajin Menabung
    Karena selalu menyisihkan uang untuk ditabung, akhirnya Kamu terbiasa dengan sikap ini. Sehingga Kamu jadi lebih rajin menabung daripada membuang uang untuk hal yang tidak dibutuhkan. Kamu pun sudah mempersiapkan simpanan untuk kebutuhan di masa depan setelah memasuki usia pensiun.
  • Secara Finansial Lebih Bahagia
    Manfaat hidup hemat selanjutnya yaitu membuka jalan untuk bahagia secara finansial. Kamu tidak akan lagi menghadapi masalah keuangan yang sering menjadi penyebab stres. Semuanya sudah Kamu persiapkan sejak awal agar kondisi finansial tetap stabil dan berjalan lancar.


Temukan Tips Hidup Hemat dengan Internet Paket Hemat dari Promo Spesial IndiHome

Manfaat hidup hemat di atas bikin Kamu semakin semangat untuk mengatur keuangan dengan cermat kan? Saatnya Kamu menambah informasi seputar hidup hemat sambil internetan melalui jaringan super cepat dan super hemat dari IndiHome.

Dengan berlangganan Paket 2P (Internet + Phone) Promo Spesial IndiHome, Kamu bisa akses internet dengan kecepatan up to 30 Mbps. Akses informasi tentang hidup hemat tidak akan terhambat jaringan lelet dan tidak stabil lagi. Dapatkan juga bonus nelpon hingga 50 menit di jaringan lokal dan interlokal.

Cukup dengan biaya berlangganan Rp275.000 saja per bulan (belum termasuk PPN), Kamu bisa internetan unlimited kapan pun. Kamu juga akan mendapatkan promo khusus di bulan ini berupa Biaya Pemasangan Baru (PSB) yang sangat terjangkau, yaitu Rp150.000. Kapan lagi kan bisa internetan cepat dengan biaya berlangganan yang hemat?