Apa Itu OpenSea yang Dipopulerkan oleh Ghozali Everyday? | IndiHome
3 MAR 2022        BLOG

Apa Itu OpenSea yang Dipopulerkan oleh Ghozali Everyday?

Beberapa waktu lalu istilah OpenSea mulai ramai diperbincangkan. Berawal dari seorang pemuda pemilik akun Ghozali Everyday yang berhasil menjual aset digital NFT (non fungible token) berupa foto selfie yang dia kumpulkan dari tahun 2017 hingga 2021. Dari hasil penjualan NFT tersebut, Ghozali Everyday berhasil meraup cuan miliaran rupiah di pasar digital yang disebut OpenSea. Sejak itu, kepopuleran NFT dan OpenSea semakin melejit di tanah air. Sebenarnya apa itu OpenSea dan bagaimana cara kerjanya?

Memahami Apa Itu OpenSea

Melansir dari Forbes, OpenSea merupakan pasar digital atau marketplace global tempat Anda bisa membuat, membeli, dan menjual NFT.  Platform tersebut mempermudah siapa pun untuk melakukan transaksi NFT. Namun, sebelum melakukan transaksi, Anda perlu memiliki akun OpenSea terlebih dahulu. OpenSea sendiri pertama kali dikembangkan tahun 2017 oleh Devin Finzer dan Alex Atallah. Marketplace ini menerapkan protokol Ethereum berstandar ERC-721 dan ERC-1155.

OpenSea  menawarkan beragam aset digital NFT, tapi yang paling populer adalah karya seni dari para seniman. Tujuan Finzer dan Atallah mendirikan OpenSea adalah untuk memudahkan konsumen memperdagangkan barang mereka secara bebas. Selain itu, OpenSea pun bertujuan untuk mempermudah kreator meluncurkan karya digital baru serta membangun pasar yang terintegrasi dengan barang penggunanya. Hingga saat ini OpenSea sudah memiliki lebih dari 600 ribu pengguna di seluruh dunia dan lebih dari 80 juta NFT yang tersedia.

Sejarah OpenSea

Didirikan oleh Finzer dan Atallah, OpenSea berkomitmen untuk mewadahi jual beli segala macam NFT, baik berbentuk musik, seni, atau game yang disebut sebagai blockchain. Di awal berdirinya, OpenSea hanya memiliki 4000 pengguna aktif dengan transaksi mencapai 1,1 juta dollar AS per bulan. Atallah sempat memprediksi bahwa pasar NFT tidak akan bertahan lama, terlebih saat itu angka kasus COVID-19 di Amerika Serikat sangatlah tinggi. Namun, dia dan Finzer menolak untuk menyerah dan tetap mempertahankan NFT dan OpenSea hingga akhirnya kondisi pasar mulai membaik pada Februari 2021.

Di Bulan Juli 2021, OpenSea berhasil memproses total transaksi sebesar 350 juta dolar AS atau Rp5,01triliun. Di bulan selanjutnya, keuntungan pun melonjak hingga sepuluh kali lipat. Ini merupakan bukti bahwa pengguna OpenSea semakin menjamur seiring melonjaknya kepopuleran NFT.

Cara Membuat Akun di OpenSea

Di beberapa situs online, skema penjualan aset digital NFT memberlakukan sistem lelang. Ini pun berlaku di OpenSea. Untuk mulai menggunakan OpenSea, Anda perlu membuat akun dan memiliki dompet digital untuk menyimpan mata uang kripto. Dompet digital itu berfungsi sebagai pengonversi mata uang biasa ke kripto. Setelah memiliki dompet digital tersebut, langkah selanjutnya adalah dengan membuat akun di OpenSea. Dilansir dari Kontan, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat akun di pasar digital ini.

  1. Buka tautan https://opensea.io melalui browser laptop atau ponsel, sesuaikan dengan di mana Anda telah meng-install dompet digital
  2. Untuk mulai daftar akun OpenSea, klik ikon dompet atau ikon foto profil, kemudian pilih opsi “Connect Wallet”
  3. Pilih dompet digital yang telah Anda gunakan
  4. Buka extension dompet digital yang telah Anda install di browser  
  5. Klik opsi “Connect Wallet” dan tunggu sampai dompet digital Anda terhubung ke OpenSea
  6. Selanjutnya, klik opsi “Account” kemudian klik opsi “Profile” untuk melakukan pengaturan profil Anda di OpenSea
  7. Masukkan username, alamat email Anda, dsb. Kemudian, klik opsi “Save”
  8. OpenSea bakal mengirim pesan ke alamat e-mail Anda. Buka pesan tersebut untuk memverifikasi permintaan pembuatan akun OpenSea.

Setelah memiliki akun OpenSea, Anda tinggal menggunakannya untuk jual beli dan membuat aset digital NFT Anda. Tetapi sebelumnya, Anda perlu mengetahui dulu cara membuat dan menjual NFT di OpenSea.

Cara Membuat dan Menjual NFT Melalui OpenSea

Akun OpenSea Anda bisa digunakan untuk membuat dan menjual karya digital Anda. Simak penjelasan selengkapnya terkait cara membuat dan menjual di bawah ini!

 

  • Membuat NFT di OpenSea

    Berikut ini cara yang perlu dilakukan untuk membuat aset digital NFT dengan menggunakan akun OpenSea Anda:

    1. Pertama, pada halaman awal OpenSea, klik opsi “Create”. Masukkan atau unggah file yang ingin Anda jadikan NFT, bisa berupa gambar, foto, video, dll.
    2. Masukkan nama NFT dan beberapa pengaturan lainnya, seperti pengaturan sebagai konten dengan muatan sensitif dan pengaturan blockchain yang akan Anda gunakan
    3. Apabila telah selesai mengatur, klik opsi “Create” yang berada di bagian bawah halaman OpenSea

    Setelah selesai membuat NFT, saatnya Anda menjual karya Anda di OpenSea. Caranya?

 

 

 

  • Menjual NFT di OpenSea

    Ini dia tahapan untuk menjual aset digital NFT Anda di OpenSea:

    1. Buka opsi “My Collection” dengan mengetuk ikon foto profil yang berada di pojok kanan atas halaman OpenSea
    2. Pilih NFT Anda, kemudian klik opsi “Sell”
    3. Pilih skema penjualan yang bakal Anda gunakan. Apabila ingin menjual langsung klik opsi “Fixed Price”, sedangkan untuk skema lelang klik opsi “Time Auction”
    4. Masukkan harga NFT dengan mata uang kripto Ethereum yang Anda inginkan. Atur berapa lama NFT tersebut akan dijual di kolom “Duration”
    5. Setelah selesai mengatur, klik opsi “Complete Listing”.
    6. Kemudian, OpenSea bakal membuka extension dompet digital Anda untuk melakukan konfirmasi pendaftaran penjualan NFT

    Agar bisa mengonfirmasi penjualan NFT, setidaknya Anda harus memiliki saldo 0,05 Ethereum di dompet digital terlebih dahulu. Selain itu, setiap transaksi di OpenSea akan dikenakan biaya sebesar 2,5% yang ditarik dari setiap hasil penjualan aset digital Anda. Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan royalti dari hasil penjualan NFT maksimal 10%.

 

 

Membuat dan Menjual NFT di OpenSea Semakin Cepat dengan Dukungan Upgrade Speed dari IndiHome

Semakin tinggi aktivitas digital Anda, maka kecepatan internet pun perlu ditingkatkan. Apalagi bila Anda ingin membuat dan menjual NFT di OpenSea. Agar pengalaman Anda menggunakan OpenSea semakin memuaskan, IndiHome menyediakan add-on Upgrade Speed yang dapat menambah kecepatan internet hingga 100 Mbps!

Dengan menggunakan add-on Upgrade Speed dari IndiHome, Anda akan mendapatkan benefit berikut:

  • Kemudahan tambah kecepatan internet sesuai kebutuhan secara permanen
  • Kecepatan internet bertambah sesuai dengan yang diinginkan
  • Add-on Upgrade Speed bisa langsung aktif dengan biaya yang akan ditagihkan setiap bulan

Tunggu apa lagi? Segera upgrade kecepatan jaringan Internet Anda untuk merasakan pengalaman digital yang makin maksimal!