Anda Punya Toko? Berikut Cara Cegah Kehilangan dan Pencurian Barang di Toko | IndiHome
16 SEP 2021        BLOG

Anda Punya Toko? Berikut Cara Cegah Kehilangan dan Pencurian Barang di Toko

Keamanan toko merupakan prioritas yang harus dipikirkan dengan matang oleh para pemilik toko. Kasus pencurian seperti pengutilan memanfaatkan kelengahan pengawasan dari penjaga toko. Padahal, ada banyak cara mencegah pencurian di toko yang bisa diterapkan untuk meningkatkan keamanan toko.

Cara Mencegah Pencurian di Toko dengan Mudah dan Tepat

  1. Memahami Gelagat Orang yang Memiliki Niat Jahat
    Salah satu cara pertama yang bisa Anda terapkan untuk mencegah pencurian di toko adalah dengan memahami gelagat orang yang mempunyai niat jahat. Anda dapat memberikan bekal pengawasan ini terhadap para karyawan Anda.

    Tingkatkan kehati-hatian terhadap orang yang masuk ke dalam toko secara berkelompok karena umumnya aksi pencurian memang dilakukan secara berkelompok. Namun, ada kalanya pencurian juga dilakukan seorang diri.

    Perhatikan wajah pengunjung yang masuk agar Anda dapat mengingat wajah orang yang berpotensi melakukan pencurian. Lihat gerak pengunjung tersebut. Umumnya orang yang akan melakukan pencurian akan membuat gelagat ragu-ragu dan sering menoleh ke kanan kiri untuk melihat keadaan sekitarnya.

  2. Memajang Tulisan Peringatan
    Untuk pencegahan awal, tuliskan label peringatan di kaca depan toko atau pintu masuk toko bahwa toko tersebut dilengkapi oleh pengawasan tinggi. Anda juga harus memberikan peringatan ancaman berupa tindakan tegas yang akan diberikan kepada siapa saja yang mengutil di dalam toko.

    Pemasangan tulisan peringatan akan membuat pengutil ragu-ragu untuk menjalankan aksinya. Alhasil, apabila ada pengutil yang tetap berani dan mencoba mengutil Anda akan lebih mudah melihat gelagatnya karena mental psikis pengutil biasanya sudah down saat melihat tanda peringatan tersebut.

  3. Pengaturan Tata Letak Barang
    Sebaiknya atur tata letak barang di dalam toko dengan lebih rapi dan mudah dilihat dari tempat para karyawan bertugas. Tujuannya adalah agar para karyawan akan lebih mudah melihat adanya gelagat mencurigakan dari orang yang berusaha mencuri barang.

    Anda juga lebih mudah mengawasi apabila terjadi kehilangan barang.

  4. Pasang Cermin Besar di Dinding
    Ada alasan mengapa banyak toko yang saat ini memasang cermin besar di dinding tokonya. Selain untuk memberi kesan luas ke dalam ruangan sempit, pemasangan cermin besar juga dapat memudahkan aktivitas pengawasan di dalam toko. Biasanya, cermin juga dipasang di sudut atap ruangan.

    Keberadaan cermin akan membuat para karyawan atau Anda sendiri lebih mudah mengawasi pergerakan para pengunjung tanpa membuat mereka merasa tidak nyaman akibat diawasi.

  5. Gunakan Pencahayaan Terang
    Pencahayaan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemudahan pengawasan di dalam toko. Pencahayaan di dalam toko yang sangat terang akan membuat pengutil lebih sulit dalam melakukan aksinya. Sebaliknya, ruang toko yang redup membuat para pengutil lebih bebas dalam beraksi.

    Anda maupun karyawan juga pasti akan lebih mudah mengawasi keamanan toko apabila pencahayaan di dalam toko memadai.

  6. Barang yang Mahal di Dekat Kasir
    Salah satu cara untuk meminimalisir kerugian adalah dengan meletakkan barang yang mahal dekat dengan posisi kasir. Selain di dekat posisi kasir, Anda juga bisa meletakkan barang mahal tersebut di tempat yang sekiranya lebih mudah diawasi.

     

  7. Atur Tugas Pengawasan oleh Karyawan
    Buatlah SOP pengawasan di dalam toko, sehingga karyawan bisa melakukan pengawasan di setiap sudut toko terutama ketika pengunjung sedang ramai. Atur skenario pengawasan yang disesuaikan dengan jumlah karyawan yang dimiliki serta luas area di dalam toko.

    Buatlah SOP agar pengawasan oleh karyawan tersebut tidak terlalu mencolok sehingga para pengunjung tetap merasa nyaman saat berbelanja.

  8. Melakukan Stock Opname
    Poin yang ini adalah cara untuk mencegah kehilangan di toko dari sisi internal. Stock opname dilakukan untuk mengecek arus keluar dan masuk barang. Dari sini dapat terlihat apakah terjadi kehilangan barang dari stok yang seharusnya ada.

    Hal ini juga penting dilakukan untuk mencegah kehilangan barang akibat kelalaian petugas toko ataupun tindakan kecurangan yang dilakukan oleh karyawan sendiri.

  9. Memasang Kamera CCTV
    Pemasangan kamera CCTV dapat membantu pengawasan di dalam toko dilakukan dengan lebih mudah dan efisien. Letakkan CCTV di tempat-tempat yang dapat menjangkau area perekaman dengan lebih luas.

    Pasang juga CCTV di tempat kasir untuk mencegah tindakan kecurangan yang terkadang dilakukan kasir tidak bertanggung jawab. Selain itu kasir juga merupakan tempat yang paling rawan terjadi perampokan.

    Anda sebaiknya menyambungkan CCTV dengan wifi smart camera sehingga hasil pemantauan bisa diakses kapan pun dan di mana pun hanya dari smartphone saja.

     

Cegah Pencurian Barang di Toko dengan Memasang IndiHome Smart Camera Sekarang Juga

Bagi Anda yang seorang pebisnis, keamanan toko tentu menjadi salah satu prioritas utama yang harus selalu diperhatikan. Apalagi saat ini kejahatan semakin mengintai dan bisa berasal dari siapa saja. Oleh karena itu, pengawasan harus selalu ditingkatkan dengan sistem keamanan 24 jam nonstop.

Salah satu cara terbaik mencegah kehilangan dan pencurian barang di toko adalah dengan memasang IndiHome Smart Camera sejak sekarang. IndiHome Smart Camera adalah layanan wifi smart camera yang diberikan IndiHome bagi para penggunanya yang ingin meningkatkan keamanan baik di rumah, kantor, ataupun toko.

Layanan IndiHome Smart Camera mengaplikasikan teknologi terkini IoT (Internet of Things) yang memudahkan kinerja pengawasan di mana pun Anda inginkan. Fungsi pengawasan melalui IndiHome Smart Camera dilakukan secara otomatis dan dapat diatur melalui gadget meskipun Anda tidak sedang berada di rumah.

Ada berbagai fitur yang disediakan oleh IndiHome Smart Camera seperti:

  1. Notifikasi langsung yang akan masuk ke smartphone Anda dari aplikasi IndiHome Smart.
  2. Pengaturan pergerakan CCTV dengan menggunakan pan-tilt.
  3. Fitur untuk berbicara langsung melalui CCTV sehingga Anda dapat berbicara dengan orang yang ada di rumah melalui aplikasi IndiHome Smart.
  4. Seluruh pengawasan dari CCTV dapat direkam untuk dilihat kemudian.

Pemasangan perangkat IndiHome Smart Camera juga sangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri dengan mengikuti petunjuk yang diberikan. Berikut cara pemasangan IndiHome Smart Camera:

  1. Pertama-tama unduh aplikasi IndiHome Smart dan instal aplikasi tersebut. Aplikasi dapat diunduh melalui Google Play maupun App Store.
  2. Scan QR Code yang ada pada perangkat kamera CCTV melalui aplikasi IndiHome Smart.
  3. Sambungkan perangkat kamera CCTV dan smartphone menggunakan wifi dari IndiHome.
  4. Tuliskan nama perangkat pada aplikasi IndiHome Smart.
  5. Anda sudah bisa melakukan pengawasan dari smartphone yang terinstal aplikasi IndiHome Smart.

Keunggulan menggunakan IndiHome Smart Camera adalah biaya berlangganan yang sangat terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp25.000 saja per bulannya untuk dapat mengakses segala fitur yang tersedia di dalamnya.

Berkat dukungan teknologi IoT (Internet of Things) pada IndiHome Smart, Anda dapat melakukan pengawasan terhadap keamanan toko dengan cepat dari mana pun Anda berada. Pengaplikasian IndiHome Smart Camera adalah cara mencegah pencurian di toko terbaik yang dapat Anda andalkan.