9 Kegiatan Seru untuk Merayakan International Women’s Day | IndiHome
14 MAR 2022        BLOG

9 Kegiatan Seru untuk Merayakan International Women’s Day

Setiap tanggal 8 Maret terdapat perayaan khusus yang diperuntukan bagi kaum perempuan. Perayaan itu disebut dengan International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional yang bertujuan untuk menghormati dan mengapresiasi kaum perempuan atas pencapaian dan perjuangan mereka. Selain itu, melansir dari laman IWD, Hari Perempuan Internasional perlu dirayakan sebagai kampanye untuk percepatan kesetaraan gender.

Untuk tahun 2022, tema perayaan International Women’s Day adalah #BreakTheBias. Tema ini dipilih untuk memotivasi kaum perempuan agar terlepas dari konsep bias dan stereotipe yang melekat pada mereka. Melalui kampanye #BreakTheBias, kaum perempuan dapat mempertegas bahwa mereka berkesempatan mendapatkan pencapaian yang setara dengan kaum lelaki dalam berbagai bidang.


Latar Belakang International Women’s Day

Pencetus perayaan International Women’s Day adalah Clara Zetkin, pemimpin ‘Kantor Perempuan’ bagi Partai Sosial Demokrat di Jerman. Melalui Konferensi Buruh Wanita Internasional yang diadakan di Kopenhagen, Denmark pada tahun 1910, Zetkin mengusulkan agar setiap negara menetapkan perayaan hari perempuan di hari yang sama untuk menyuarakan tuntutan kolektif mereka. Saran dari Zetkin pun disambut baik oleh para partisipan konferensi.

Maka, pada tahun 1910, International Women’s Day resmi dirayakan untuk pertama kalinya di Swiss, Denmark, Austria, dan Jerman. Bahkan, hingga saat ini, Hari Perempuan Internasional ditetapkan sebagai hari libur resmi di berbagai negara seperti Afghanistan, Armenia, Azerbaijan, Belarus, Burkina Faso, Kamboja, Cina, Kuba, Georgia, Guinea-Bissau, Eritrea, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Laos, Madagaskar, Moldova, Mongolia, Montenegro, Nepal, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, Uganda, Ukraina, Uzbekistan, Vietnam, dan Zambia. Tiga negara di antaranya, yakni Cina, Madagaskar, dan Nepal mengkhususkan hari libur tersebut bagi perempuan.


Kegiatan Seru untuk Merayakan International Women’s Day

Kini konsep kesetaraan gender yang menjadi landasan perayaan Hari Perempuan Internasional bukanlah sesuatu yang tabu lagi untuk diperbincangkan. Tidak sedikit perempuan yang mendapatkan posisi dan benefit yang setara dengan pria di dunia kerja dan kursi pemerintahan. Nah, mengingat pentingnya Hari Perempuan Internasional, Anda bisa merayakannya dengan melakukan berbagai aktivitas seru dan bermanfaat bagi kaum perempuan lainnya. Apa saja aktivitas tersebut? 

  • Buat Karya
    Bila Anda menguasai bidang tertentu, cobalah menciptakan karya Anda sendiri. Bisa dengan menulis cerita atau novel, membuat lukisan, atau mulailah merencanakan ide bisnis pribadi yang ingin dijalankan. Ingat ya, tidak ada kata terlambat untuk menciptakan suatu karya. Poin terpenting adalah Anda mau memulainya untuk memberikan kontribusi di bidang yang Anda gemari.
  • Bantu Perempuan di Sekitar
    Tidak ada salahnya mengulurkan tangan untuk membantu perempuan di lingkungan sekitar Anda. Carilah organisasi atau yayasan yang berfokus pada kesejahteraan wanita. Anda bisa berkontribusi dengan memberikan sumbangan atau meluangkan waktu untuk mengajarkan keterampilan tertentu pada sesama.
  • Menyelenggarakan Garage Sale
    Banyak barang di rumah yang masih layak digunakan tapi tidak terpakai lagi? Membuka garage sale bisa jadi sarana untuk menjual barang tersebut sekaligus mengkampanyekan tentang International Women’s Day. Jangan lupa mengajak teman-teman wanita Anda untuk berpartisipasi dalam garage sale tersebut.
  • Beri Kejutan
    International Women’s Day juga bisa menjadi momen yang tepat untuk memberikan kejutan pada sosok perempuan hebat di hidup Anda. Kejutan tersebut bisa berupa pesta kecil-kecilan atau memberikan kado terbaik bagi mereka.
  • Manjakan Diri
    Setelah menjalani aktivitas yang melelahkan, tidak ada salahnya meluangkan satu hari khusus buat memanjakan diri. Bagi kaum perempuan, International Women’s Day merupakan waktu yang tepat untuk melakukan hal-hal yang diidamkan. Anda bisa melakukan perawatan tubuh, spa, mengunjungi tempat wisata eksotis, belajar memasak, atau mencoba hal-hal baru yang menarik perhatian Anda.   
  • Buat Rencana Masa Depan
    Bosan dengan rutinitas sehari-hari? Tidak ada salahnya melakukan perubahan dengan merencanakan masa depan Anda. Cari tahu apa pencapaian yang diharapkan nanti dan bagaimana cara melakukannya. Anda juga bisa meminta bantuan orang terdekat, koneksi, atau kolega guna mewujudkan rencana masa depan Anda.
  • Piknik Bersama
    Perayaan International Women’s Day akan semakin menyenangkan dengan piknik bersama keluarga atau teman-teman perempuan Anda. Buat kegiatan piknik yang seru dengan mengenang masa-masa indah bersama, membicarakan rencana ke depan, dan lain-lain. Jadikan momen tersebut untuk lebih mendekatkan diri satu sama lain.
  • Berikan Ucapan Terima Kasih Kepada Sesama Perempuan
    Mulai dari ibu, guru, teman dekat, asisten rumah tangga, hingga kolega perempuan, mereka semua layak mendapatkan ucapan terima kasih atas bantuan dan makna hidup yang mereka berikan. Ucapan terima kasih tersebut bisa dituangkan dalam kartu ucapan, hadiah, atau mentraktir makan di restoran kesukaan mereka.  
  • Pelajari Sejarah International Women’s Day
    Mengetahui makna perayaan International Women’s Day akan membuat Anda memahami betapa pentingnya hari itu bagi kesejahteraan kaum perempuan. Dari sejarah tersebut, Anda bisa mengetahui bagaimana para perempuan di dunia memperjuangkan hak mereka dan mendapatkan perlakuan setara dengan kaum pria dalam berbagai aspek kehidupan.


Ketahui Bagaimana Kaum Perempuan Dunia Merayakan International Women’s Day dengan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

International Women’s Day yang dirayakan setiap tanggal 8 Maret memiliki makna tersendiri bagi kaum perempuan. Di hari tersebut, para perempuan menyuarakan aspirasi demi memperjuangkan hak mereka dan mencapai kesetaraan gender. Meski masih banyak perempuan yang mengalami kekerasan domestik dan perlakuan diskriminatif, berbagai perubahan dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir hal-hal negatif yang dapat menimpa mereka. Anda pun bisa berkontribusi agar berbagai harapan dan aspirasi kaum perempuan terwujud dengan menggali informasi sebanyak mungkin terkait International Women’s Day dan bagaimana negara-negara lain merayakan hari istimewa kaum perempuan tersebut.

Untungnya, di era digital seperti sekarang ini, mendapatkan akses informasi tentang berbagai hal yang sedang terjadi di berbagai penjuru dunia tidaklah sulit. Anda dapat memenuhi berbagai aktivitas digital Anda tanpa hambatan dengan berlangganan salah satu paket internet andalan IndiHome seperti Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar). Dengan biaya berlangganan yang terjangkau, yaitu Rp300ribu-an saja per bulan, Anda bisa internetan dengan kecepatan hingga 100 Mbps. Selain itu, Paket 3P (Internet + TV + Phone) juga memiliki benefit lain, di antaranya:

  • Bonus bebas nelpon hingga 100 menit di jaringan lokal/interlokal.
  • Bebas akses 100 channel TV unggulan.
  • Bonus tambahan 57 channel TV selama 3 bulan.
  • Bebas akses Disney+ Hotstar.
  • Untuk kecepatan internet 50 Mbps dan 100 Mbps mendapatkan bebas akses MOLA, WeTV iflix, CATCHPLAY+, dan Vidio.
  • Mendapatkan cashback LinkAja sebesar Rp100.000.
  • Diskon biaya pasang baru sebesar 50% selama bulan Maret 2022.

Dengan koneksi internet cepat dan stabil, bukan hanya informasi saja yang bisa Anda dapatkan, tapi juga sarana komunikasi yang dapat menghubungkan Anda dengan para wanita hebat di seluruh dunia. Anda pun bisa menemukan berbagai inspirasi untuk berkontribusi dalam memajukan pergerakan kaum perempuan.