8 Soft Skill dan Hard Skill yang Penting Dikuasai di Tahun 2022 | IndiHome
31 MAR 2022        BLOG

8 Soft Skill dan Hard Skill yang Penting Dikuasai di Tahun 2022

World Economic Forum menyebutkan bahwa 50% kebutuhan skill di tempat kerja akan berubah sampai tahun 2025 mendatang. Hal ini disebabkan karena perkembangan teknologi yang semakin maju hingga mempengaruhi dunia kerja. Tidak heran bila orang yang memiliki skill berhubungan dengan teknologi memang sering diburu perusahaan, apalagi perusahaan yang berfokus pada teknologi masa kini. Namun, kunci untuk mendapatkan pekerjaan impian dengan mudah yaitu Anda harus memiliki soft skill dan hard skill tertentu.

Menurut Investopedia, soft skill dan hard skill merupakan kemampuan yang dapat dipelajari dan ditingkatkan melalui berbagai macam latihan maupun pendidikan. Skill tersebut akan berhubungan langsung dengan pekerjaan yang dijalani karena kebutuhan skill pada setiap jenis bidang akan berbeda-beda. Lantas, apa saja skill yang dibutuhkan di tahun 2022 ini?


Soft Skill
dan Hard Skill yang Perlu Anda Kuasai

Untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda idamkan di tahun 2022 ini, setidaknya ada beberapa soft skill dan hard skill yang perlu dikuasai. Di antaranya: 

  • Literasi Teknis
    Di tahun serba teknologi seperti sekarang, pekerjaan akan lebih bergantung pada komputer, juga teknologi lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap orang untuk memiliki literasi mengenai teknologi. Tidak harus memahami semua hal mengenai IT, paling tidak Anda dapat memahami tools yang digunakan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari.  
  • Analisis Data
    Orang-orang menganggap analisis data hanya diperlukan untuk mereka yang bekerja di bidang industri IT. Padahal jenis hard skill satu ini sangat diperlukan oleh karyawan bidang industri mana pun. Tujuannya agar mereka mampu memahami data, juga cara menganalisis data itu sendiri. Pada dasarnya data memang sudah menjadi bagian penting dari setiap perusahaan Data-data tersebut biasanya akan digunakan untuk mengambil keputusan penting yang akan mempengaruhi jalannya suatu perusahaan.
  • Cloud Computing
    Teknologi masa kini yang semakin berkembang pesat seiring bertambahnya tahun membuat banyak perusahaan mulai menggunakan cloud computing dibandingkan dengan layanan infrastruktur server. Itu sebabnya hard skill satu ini menjadi hal yang wajib dikuasai karena banyak perusahaan yang membutuhkan calon karyawan dengan pemahaman cloud computing. 
  • Produksi Video
    Menurut HR Forecast, video akan menyumbang sebanyak 82% traffic internet secara global di tahun 2022. Bahkan, data tersebut melonjak naik sebanyak 7% dibandingkan tahun 2018 lalu. Saat ini video menjadi salah satu jenis konten yang paling banyak disukai oleh para audiens. Perusahaan pun akan terus memproduksi berbagai konten video sebagai bagian dari strategi marketing/pemasaran untuk memikat audiens. Itulah kenapa  karyawan yang  memiliki hard skill ini sangat dicari banyak perusahaan.
  • Inovasi dan Berpikir Analitis
    Salah satu soft skill yang sangat dicari banyak perusahaan bahkan akan terus dibutuhkan hingga beberapa tahun mendatang. Orang-orang yang mampu berpikir analitis akan lebih mudah untuk menganalisis suatu masalah. Bahkan Amazing People mengatakan kemampuan satu ini sangat membantu Anda untuk memahami satu masalah dan memunculkan ide baru untuk mengatasi problematika tersebut.
  • Adaptasi
    Seseorang yang memiliki kemampuan adaptasi yang baik akan lebih mudah bertahan di lingkungan kerja kompetitif. Tidak hanya itu, dengan soft skill satu ini, Anda tidak akan mudah menyerah karena keadaan. Selain itu, kemampuan beradaptasi dapat mendorong Anda untuk mempelajari hal-hal baru sehingga produktivitas di tempat kerja tidak akan terganggu.
  • Kreativitas
    Seseorang yang memiliki soft skill satu ini akan banyak dicari oleh perusahaan. Namun, perlu diingat bahwa kreativitas tidak hanya sekedar mampu untuk membuat suatu karya. Mereka harus mampu berpikir kreatif dan melihat suatu hal secara berbeda untuk menghasilkan banyak ide baru yang orisinal.
  • Emotional Intelligence
    Kecerdasan emosional adalah suatu kemampuan untuk mengatur juga memahami emosi dalam diri sendiri maupun orang lain. Saat Anda memiliki soft skill ini, tentu akan lebih mudah menunjukan empati kepada orang lain seperti bagaimana harus berkata, kapan harus mengatakannya, juga bagaimana menghargai pendapat orang lain. Bahkan, seseorang yang memiliki kecerdasan emosional akan lebih mudah bekerjasama dengan orang lain. Jika orang tersebut merupakan seorang leader, maka dia akan menjadi pemimpin yang baik karena mampu memahami apa yang dirasakan oleh rekan-rekannya.

Dukung Aktivitas Bekerja dan Berkarya dengan Berlangganan Paket Jurnalis dari IndiHome

Soft skill dan hard skill di atas dapat menjadi bekal untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan. Selain itu, ada hal lain yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki dunia kerja, terlebih bagi fresh graduate. Untungnya mencari beragam informasi seputar dunia kerja semakin mudah dengan kehadiran inovasi teknologi seperti internet. Dari mulai mencari lowongan pekerjaan, tips menghadapi dunia kerja, hingga kemampuan yang perlu dimiliki setiap pencari kerja, semuanya bisa Anda dapatkan dengan bantuan jaringan internet.

Agar pencarian informasi tersebut tidak terganggu, pastikan Anda internetan di jaringan yang stabil dan super cepat seperti IndiHome. Selain itu, guna mendukung berbagai aktivitas bekerja dan berkarya khususnya bila sedang WFH atau work from home, IndiHome menghadirkan paket khusus bagi para jurnalis. Dengan pilihan kecepatan up to 30 Mbps dan biaya berlangganan mulai dari Rp200.000-an per bulan, Anda bisa internetan di jaringan super cepat IndiHome. Dapatkan juga benefit lain berupa bonus 50 menit telepon di jaringan lokal/interlokal, tontonan inspiratif di puluhan channel TV interaktif, serta bebas akses berbagai konten pendidikan melalui IndiHome Study.

Jadi, agar aktivitas pekerjaan Anda tidak terganggu oleh jaringan Internet lelet dan tidak stabil, segera berlangganan Paket Jurnalis dari IndiHome ya!