8 Pengganti Gula Alami untuk Makanan dan Minuman Agar Tetap Sehat | IndiHome
9 AUG 2021        BLOG

8 Pengganti Gula Alami untuk Makanan dan Minuman Agar Tetap Sehat

Hampir semua minuman dan makanan yang masuk ke tubuh kita mengandung gula. Bahkan, nasi yang dikonsumsi setiap hari juga memiliki kandungan gula, lho. Namun, asupan gula berlebih bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh. Sebagai alternatifnya, Anda bisa beralih ke bahan pengganti gula alami.

Produk gula olahan tidak mengandung nutrisi esensial seperti vitamin, mineral, protein, dan lemak. Di samping itu, jika dikonsumsi secara berkala bisa meningkatkan resiko terserang obesitas, diabetes, hingga kanker. Hal tersebut dikarenakan gula olahan mempunyai kandungan kalori yang tinggi.

8 Rekomendasi Bahan Pengganti Gula Alami yang Lebih Sehat

Berikut ini adalah 8 bahan pengganti gula alami yang bisa Anda gunakan ke dalam makanan dan minuman:

  1. Madu
    Anda mungkin sudah familiar dengan madu, pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah. Madu mengandung vitamin B dan vitamin C yang bagus untuk imunitas. Selain itu, ada pula kandungan potassium 132 mg yang bisa membantu mengurangi rasa sakit di tenggorokan.

    Sebuah riset menyebutkan jika mengkonsumsi madu secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat serta trigliserida pada penderita penyakit diabetes. Pemanis alami ini kaya akan antioksidan dan tidak memicu efek negatif meskipun dikonsumsi dalam jangka panjang.

  2. Stevia
    Mungkin Anda masih belum begitu familiar dengan daun stevia. Tanaman dengan nama ilmiah Stevia Rebaudiana ini memiliki rasa manis, namun aman untuk dikonsumsi secara berkala karena tidak mengandung gula. Jadi, dijamin tidak akan membuat berat badan Anda naik.

    Stevia juga memiliki ragam manfaat kesehatan. Menurut salah satu riset, stevia mengandung Stevioside yang dapat membantu menurunkan tekanan darah sekitar 14%.  Kabar baiknya, saat ini sudah tersedia produk kemasan ekstrak stevia. Jadi, lebih mudah untuk dikonsumsi.

  3. Sirup Jagung

    Bahan alami satu ini mengandung fruktosa tinggi dan sudah sering dipakai sebagai pemanis buatan dalam minuman kemasan ataupun makanan olahan. Meskipun kaya akan glukosa, zat tersebut bisa berubah menjadi bentuk fruktosa karena bantuan dari enzim.

    Meskipun dapat dijadikan sebagai pengganti gula, namun tidak dianjurkan mengkonsumsi sirup jagung secara berlebihan. Sebab riset menunjukkan, bahwa sirup jagung mengandung tinggi fruktosa yang dapat memicu masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, dan jantung.

  4. Gula Aren
    Sebenarnya gula aren atau kelapa mengandung kalori dan karbohidrat dalam jumlah sama seperti gula pasir. Dalam satu sendok teh gula aren terkandung 16 kalori. Hanya saja, tingkat sukrosanya lebih rendah, yakni 70-79%, sedangkan sukrosa gula putih 99-100%.

    Gula dari ekstrak kelapa ini juga mengandung nutrisi, seperti antioksidan, kalsium, kalium, dan zat besi. Selain itu, inulin atau serat untuk memperlambat penyerapan zat glukosa yang terkandung dalam gula aren juga lebih lambat diserap tubuh, sehingga membuat kadar gula darah lebih stabil.
     

  5. Sirup Maple
    Terbuat dari ekstrak getah pohon maple, dalam satu sendok makan sirup maple murni terkandung 13,5 gr karbohidrat kaya sukrosa dan 52 kalori. Sukrosa dalam sirup ini memang lebih rendah dari madu. Selain sukrosa, sirup maple juga mengandung zat besi, magnesium, dan zinc.

    Beberapa sumber menyebutkan bahwa sirup maple juga berfungsi sebagai anti kanker. Namun, hal ini belum terbukti secara ilmiah. Di samping itu, karena memiliki molekul gula, maka mengkonsumsi sirup maple dalam jumlah yang berlebihan juga tidak dianjurkan.

  6. Molasses
    Sirup kental dengan ciri khas warna kecoklatan ini terbuat dari bahan baku gula bit atau gula tebu. Berbeda dengan produk gula tebu biasa, molases telah melalui proses penyaringan dan pengolahan. Molasses juga mengandung beberapa vitamin, mineral, dan juga antioksidan.

    Apabila dikonsumsi dalam takaran sajian yang tepat, maka molasses akan mendatangkan manfaat baik. Salah satunya adalah menjaga kesehatan tulang, sebab di dalam molasses juga terkandung zat besi dan kalsium.
     

  7. Xylitol
    Gula alkohol ini memiliki rasa manis seperti gula pasir pada umumnya. Namun, pemanis tersebut didapatkan dari ekstrak kayu birch atau jagung dengan kadar kalori 40% lebih rendah dari gula. Di samping itu, xylitol juga mengandung fruktosa dalam jumlah lebih sedikit.

    Oleh sebab itu, xylitol cocok dijadikan alternatif pengganti gula dan sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes. Hal tersebut dikarenakan xylitol tidak berpotensi meningkatkan kadar insulin atau gula darah. Sebaliknya, pemanis ini bisa membuat tulang dan gigi lebih sehat.

  8. Sirup Yacon
    Ekstrak tanaman yacon yang berasal dari daratan Amerika Selatan ini mempunyai rasa manis dan berwarna gelap dengan konsistensi kekentalan seperti molase. Dalam sirup Yacon terkandung 40-50% Fructooligosaccharides yang bisa memberi makan bagi bakteri baik di usus dan tentunya sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

    Sirup Yacon mengandung 1,3 kalori per gram atau sepertiga kalori gula biasa dan bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Riset menunjukkan bahwa sirup yacon bisa mengurangi berat badan, indeks glikemik, hingga memperkecil resiko terkena kanker usus besar.

 

Cari Tahu Apa Saja Pengganti Gula Alami yang Baik untuk Kesehatan dengan Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome

Siapa sangka jika gula pasir yang sering kita konsumsi ternyata berpotensi mempengaruhi kesehatan, termasuk kadar hormon yang berperan mengatur rasa lapar dan kenyang. Meskipun membutuhkan asupan gula, Anda harus bijak dalam menghitung takaran gula yang masuk ke dalam tubuh.

Mengonsumsi gula memang sudah seperti suatu hal yang wajar dilakukan sehari-hari, baik minum maupun makan. Namun, kandungan di dalamnya harus sangat diperhatikan, karena gula cepat diserap tubuh sehingga berpotensi menaikkan kadar glukosa di dalam darah.

Untuk menghindari dampak negatif pada kesehatan akibat berlebihan mengkonsumsi produk yang mengandung gula olahan, Anda bisa mengantisipasinya dengan menggunakan bahan pemanis alami lain yang memiliki indeks glikemik rendah pada makanan dan minuman Anda. Tujuannya adalah guna menghindari resiko akibat asupan glukosa berlebihan.

Ingin mengganti produk gula olahan dengan bahan alami tapi bingung karena tidak punya referensi? Jangan khawatir, Anda bisa mencarinya secara mudah dan praktis di internet. Agar kegiatan browsing bisa berjalan lancar, Anda bisa berlangganan Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome.

 

Apa Itu Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome?

Dengan berlangganan Paket 2P (Internet + Phone), Anda bisa menikmati koneksi internet di jaringan stabil dengan kecepatan hingga 100 Mbps. Selain itu, Anda juga bisa bebas nelpon lokal/interlokal hingga 300 menit.

Jadi, selain bisa browsing berbagai informasi mengenai pemanis alami terbaik, Anda juga bisa sharing seputar makanan dan minuman sehat dengan keluarga atau sahabat melalui telepon. Menariknya lagi, Anda juga bisa bebas pilih bonus dengan berlangganan Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome. Anda bisa pilih salah satu dari dua kategori bonus berikut ini:

  • Study (IndiHome Study, Wifi.id Seamless, Cloud Storage 16 GB)
  • Entertainment (Add-On Gamer, Wifi.id Seamless, Langit Musik)

Aktivitas browsing untuk mencari bahan pengganti gula alami yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan jadi lebih cepat dengan Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome. Terlebih lagi, ada bonus menarik yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.